Cara Menghitung Kebutuhan Lampu Sesuai Kebutuhan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
malem 4
Daftar Topik

Cara menghitung kebutuhan lampu. Salah satu faktor yang cukup memiliki pengaruh besar terhadap keindahan sebuah ruangan adalah pencahayaan. Bagi gedung perkantoran hingga hotel, pencahayaan merupakan salah satu hal terpenting dan perlu diberikan perhatian khusus untuk membangun ambient yang hangat dan nyaman bagi para penghuni atau pengunjungnya. Lalu, bagaimana dengan rumah? Bagi kebanyakan orang, pencahayaan di rumah merupakan salah satu elemen yang kerap diabaikan bahkan dilupakan. Padahal menurut IDEA, secara fungsional, pencahayaan memiliki 3 fungsi, yaitu general lighting, task lighting, dan decorative lighting

General lighting juga disebut penerangan merata merupakan fungsi pencahayaan yang harus ada untuk memberikan pencahayaan yang mampu menerangi rumah. Menurut fungsi general lighting, pencahayaan seharusnya dapat membantu memperjelas penglihatan dan melakukan aktivitas. Sedangkan task lighting memiliki fungsi untuk mendukung sebuah tugas tertentu, seperti pencahayaan pada dapur dan meja belajar. Ketiga adalah fungsi decorative lighting, tentu fungsi ini menunjukkan bahwa pencahayaan dapat memberikan nilai tambah estetika. Secara umum, ketiga fungsi cahaya itu memiliki tujuan untuk mempertahankan fungsi, aksen, serta ambient yang ada di dalam rumah. 

Mengatur dan Memaksimalkan Pencahayaan di Rumah

Pada dasarnya dalam mengatur dan memaksimalkan pencahayaan di rumah kita dapat menggunakan dua sumber pencahayaan, yaitu pencahayaan buatan yang bisa didapatkan dari lampu dan kedua adalah pencahayaan alami yang bisa didapat dari cahaya matahari tentunya. Agar kedua sumber cahaya tersebut dapat kita maksimalkan untuk menerangi rumah, terdapat tiga kunci utama untuk mengaturnya, antara lain intensitas cahaya, warna cahaya, dan komposisi. 

bohlam 3

  • Intensitas Cahaya

Maksud dari intensitas cahaya adalah keadaan tingkatan atau ukuran dari pencahayaan. Dalam menentukan intensitas cahaya, kita perlu memperhatikan jenis dan ukuran dari sebuah ruangan. Hal ini dikarenakan pencahayaan juga perlu disesuaikan dengan fungsi dari ruangan tersebut, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, apakah berfungsi untuk general lighting, decorative lighting, atau task lighting

  • Warna Cahaya

Maksud dari warna cahaya adalah pemilihan warna pencahayaan, terutama pada pemilihan lampu. Sebagai contoh, mayoritas kamar hotel memanfaatkan lampu berwarna kuning. Hal ini dikarenakan kamar merupakan tempat untuk beristirahat dan lampu berwarna kuning membawa kesan hangat dan tenang untuk mata. Sehingga diharapkan ketika pengunjung sampai di kamar dapat langsung beristirahat dengan nyaman. 

  • Komposisi

Maksud dari komposisi disini adalah bagaimana cara kita memadupadankan general lighting, decorative lighting, dan task lighting dalam suatu ruangan. Selain butuh kreativitas, seni mengatur pencahayaan dan kepekaan juga sangat dibutuhkan dalam hal komposisi pencahayaan ini. Nah untuk kamu yang mengalami kesulitan dengan hal tersebut namun tetap ingin menata pencahayaan sendiri, kamu dapat memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan Pinterest untuk mencari referensi penataan cahaya untuk suatu ruangan. 

Cara Menghitung Kebutuhan Lampu untuk suatu Ruangan

lorong 5

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu kunci utama dari mengatur dan memaksimalkan pencahayaan di rumah adalah menentukan intensitas cahaya. Mayoritas dari kita pasti memiliki pertanyaan “seberapa besar intensitas pencahayaan yang dibutuhkan untuk suatu ruangan?”. Sebelum mengetahui cara menentukan intensitas pencahayaan, kita perlu mengetahui satuan cahaya yang umum digunakan, yaitu Lumen dan Lux. Lumen merupakan satuan cahaya yang menunjukkan besaran cahaya yang dihasilkan dari sumber cahaya. Terakhir, Lux merupakan satuan cahaya yang menyatakan besaran cahaya yang diperlukan bagi suatu ruangan. 

Untuk menentukan intensitas pencahayaan atau menghitung kebutuhan lampu bagi suatu ruangan, kita perlu memperhatikan jenis ruangan. Berikut adalah beberapa ukuran Lux untuk jenis-jenis ruangan di rumah. 

Jenis Ruangan

di Rumah

Ukuran Pencahayaan

(dalam Lux)

Teras 60
Ruang Tamu 120-150
Ruang Kerja 120-250
Ruang Makan 120-250
Kamar Tidur 120-250
Kamar Mandi 250
Dapur 250
Garasi 60

Cara Menghitung Kebutuhan Lampu - 2

Pertanyaan selanjutnya yang akan muncul adalah berapa besar Watt yang diperlukan untuk sebuah lampu yang akan digunakan? Nah, setelah mengetahui ukuran pencahayaan, kita dapat menghitung berapa banyak dan berapa besar Watt jumlah lampu yang akan kita gunakan untuk sebuah ruangan. Cara menghitung kebutuhan lampu untuk suatu ruangan memerlukan sebuah rumus sebagai berikut. 

N=E x L x WØ x LLF x Cu x n

Keterangan rumus di atas:

N = Jumlah Lampu

E = Kuat penerangan (Lux) (Untuk rumah atau apartemen memiliki standar 100-250 Lux)

L = Panjang ruangan dalam satuan meter

W = Lebar suatu ruangan dalam satuan meter

Ø = Total nilai pencahayaan lampu dalam satuan Lumen

LLF (Light Loss Factor) = Faktor kehilangan atau kerugian cahaya, rata-rata bernilai 0,7 – 0,8

Cu = Coeffesien of Utilization

N = Jumlah lampu untuk di satu titik

Untuk memudahkan pemahaman cara menghitung kebutuhan lampu untuk suatu ruangan berikut adalah contoh ilustrasinya. 

Cara Menghitung Kebutuhan Lampu - 1

Case: Sebuah kamar tidur berukuran 5 x 4 meter di dalam rumah tinggal akan dipasang sebuah lampu TL berukuran 40 watt. Berapa banyak lampu TL 40 Watt yang dibutuhkan untuk kamar tersebut?

Diketahui:

E = 200 Lux

Cu = 50%

LLF = 0,7 

N = 1

Jawaban:

N=200 Lux x 5m x 4m3000 Lumen x 0,7 x 0,5 x 1

N=40005000

  N=3,8 ~ 4

Jadi, jumlah lampu TL 40 Watt yang dibutuhkan untuk kamar tersebut adalah sebanyak 40 Watt dengan jumlah watt yang dibutuhkan adalah 4 buah x 40 watt = 160 watt. 

Mudahkan cara menghitung kebutuhan lampu? Semoga bisa membantu kamu mempercantik ruangan ya!

Baca juga:

6 Steker Listrik yang Bagus dan Awet

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP