Cara Menghitung Akar di Excel dengan Mudah

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
RUMUS KUADRAT, AKAR KUADRAT, PANGKAT DAN AKAR PANGKAT PADA EXCEL | BELAJAR ONLINE
Daftar Topik

Cara Menghitung Akar di Excel dengan Mudah – Banyak yang telah membuktikan kemudahan perhitungan dengan menggunakan Excel. Mulai dari guru yang melakukan input nilai siswa dan melakukan perhitungan. Bahkan mencari akar bukan hanya menggunakan kalkulator saja. Tetapi saat ini Anda telah bisa menghitung akan di excel dengan lebih mudah. Tanpa perlu menginput satu persatu. Excel memiliki banyak sekali keunggulan yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia.

RUMUS KUADRAT, AKAR KUADRAT, PANGKAT DAN AKAR PANGKAT PADA EXCEL | BELAJAR ONLINE

Manusia cenderung menyukai hal yang serba cepat dan tidak menyita waktu lama. Oleh karena itu, banyak sekali manusia yang membutuhkan bantuan peran teknologi untuk dapat menjadikan pekerjaan lebih mudah. Seperti hal nya excel yang memiliki kemampuan dalam melakukan perhitungan dengan mudah bukan hanya penjumlahan dan pengurangan tetapi juga dalam bentuk akar. Berikut ini merupakan cara menghitung akar di excel.

1. Manfaat dari Microsoft Excel

Excel sebenarnya memiliki banyak kegunaan. Bukan hanya sebagai untuk menginput nilai atau pun mencari bentuk akar saja. Tetapi excel bisa melakukan analisis terhadap suatu penelitian untuk menentukan kevalidan suatu data. Excel bisa digunakan mulai dari berbagai bidang. Bidang akuntansi, bidang matematis serta pengolahan data.

Penggunaan excel dalam bidang akuntansi merupakan suatu proses untuk mempermudah pekerjaan kantor. Seperti perhitungan terkait dengan kondisi karyawan, kemudian memberikan penentuan untuk rugi dan juga untung, kemudian melihat bagaimana estimasi dana dalam suatu perusahaan.

Apabila dalam bidang matemastis, dapat menentukan kalkulasi bilangan mulai dari penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, bentuk pangkat hingga bentuk akar. Kemudian apabila digunakan dalam proses pengolahan data, sudah pasti akan berhubungan dengan statistik. Selain itu, excel juga berperan dalam pembuatan grafik. Grafik berguna untuk melihat perkembangan yang terjadi pada suatu daerah tertentu dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Rumus Excel yang Tidak Berfungsi

2. Pencarian Bentuk Akar Melalui Rumus SQRT

Bagi orang yang telah lama menggunakan excel untuk memenuhi dan mempermudah pekerjaan, tentunya sudah tidak heran dengan rumus SQRT yang sangat popular di excel. Penggunaan SQRT tentunya akan mempermudah Anda dalam menghitung akar. Dari pada harus menghitung akar satu per satu. Lebih baik langsung menghitung banyak akar dalam sekali klik. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan rumus SQRT yang bisa diterapkan di excel.

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang bisa digunakan dalam mencari bentuk akar dengan SQRT. Sebelumnya harus dipahami bahwa SQRT merupakan rumus untuk akar kuadrat saja atau untuk penggunaan akar pangkat dua.

  1. Anda bisa membuka excel terlebih dahulu kemudian cari bilangan yang ingin dicari bentuk akarnya. Bisa memulai dengan mengetikkan pada salah satu kotak dengan format SQRT(bilangan)
  2. Maksud dari penulisan SQRT di awal adalah untuk memberikan perintah pada excel. Bahwa nantinya akan digunakan akar dalam menentukan solusi suatu bilangan. Kemudian setelah perintah dimasukkan terlebih dahulu, kemudian bisa langsung di isikan jumlah bilangan yang ingin di tarik akarnya.
  3. Selanjutnya Anda dapat menekan enter untuk mencari solusi dari akar tersebut. Akan muncul nilai dari akar secara langsung. Dengan demikian Anda tidak perlu sibuk menghitung akar secara manual yang bisa menyita banyak waktu.

3. Pencarian Bentuk Akar dengan Menggunakan ABS

Pada proses penentuan solusi dari akar bukan hanya SQRT saja yang mampu menyelesaikannya. Tetapi terdapat pula rumus ABS. ABS merupakan rumus dalam excel yang juga bisa digunakan untuk mencari nilai akar. Tentunya penggunaan rumus ini berbeda dengan rumus SQRT.

Apabila rumus SQRT digunakan untuk bilangan yang hanya berfokus pada akar dua atau akar pangkat dua, maka ABS ini bisa digunakan untuk bilangan yang lebih dari akar dua. Begini cara menggunakan rumus ABS sebagai cara untuk menghitung akar di excel.

  1. Anda bisa memulai mencari bilangan yang memiliki akar pangkat 3 atau akar pangkat 4 dan sebagainya.
  2. Kemudian isikan bilangan tersebut dalam kotak excel dengan format ABS(A)^(1/B). dari rumus tersebut terdapat perincian A merupakan bilangan pokok yang ingin dicari nilai akarnya. Kemudian 1/B itu artinya bilangan akarnya. Apabila 1/3 maka memiliki akar pangkat tiga, jika ¼ memiliki akar pangkat 4 dan seterusnya.

Penggunaan kedua rumus tersebut dalam excel memang sudah umum. Banyak yang menggunakan untuk kesatuan akar sekaligus. Jadi, Anda tidak perlu lagi merasa bingung jika harus menghitung akar dengan pangkat yang besar dan jumlah yang banyak. Apabila hal tersebut dilakukan maka akan menghabiskan banyak waktu.

Penggunaan rumus SQRT dan ABS sebagai salah satu cara untuk menghitung akar di excel merupakan bentuk dari pemanfaatan teknologi yang tersedia. Teknologi yang telah dikembangkan memang harus digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Manusia juga harus memiliki pertimbangan bahwa saat ini memang telah saatnya untuk beralih pada dunia teknologi sebagai bantuan terhadap pekerjaan manusia.

Cara Menampilkan Sheet di Excel yang Tiba-tiba Hilang

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA