Cara Menghilangkan Virus Shortcut yang Paling Ampuh

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
cara-mencegah-virus-pada-komputer-atau-laptop-825x510[1]
Daftar Topik

Sebenarnya, cara untuk menghilangkan virus shortcut ini tidaklah terlalu sulit. Bahkan bisa dikatakan bahawa untuk menghilangkan virus yang menginfeksi flashdisk secara cepat ini tida dibutuhkan keahlian yang khusus. Bahkan, virus ini dapat dihilangkan dengan sangat mudah.

Virus shortcut bekerja dengan cara menyembunyikan file asli yang ada pada komputer maupun flashdisk. Prosenya dilakukan dengan cara mengubah file attribute menjadi super hidden. Kemudian virus ini akan membuat file duplikat tersebut dalam bentuk shortcut.

Beda halnya dengan virus yang lain, sebenarnya virus ini tidak merusak file kita. Hanya saja file tersebut disembunyikan dalam bentuk super hidden. Jadi, apabila komputer kita tidak disetting untuk menampilkan mode super hidden, maka seolah-olah file yang kita miliki seperti hilang. Untuk menampilkan kembali file yang terserang virus shortcut ini sangatlah mudah. Berikut merupakan cara yang dapat kamu gunakan untuk mengatasinya.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Cara menampilkan file yang disembunyikan oleh virus shortcut

  • bukalah windows explorer dengan cara menekan tombol windows bersamaan dengan huruf “E“.
  • setelah itu, lakukan pengaturan File and Folders yang ada di dalam Folder Options dengan cara menekan tombol alt bersamaan dengan huruf “T“. Setelah itu plih Folder Options.
  • Setelah window folder options terbuka, pilih tab view dan lakukan pengaturan, lalu klik OK.

Cara Tuntas Menghilangkan Virus Shortcut Secara Total

Menggunakan Antivirus

Fungsi antivirus adalah untuk menghapus file yang sudah terinfeksi olah virus yang lain. Selain itu, antivirus juga berfungsi sebagai penangkal jika ada virus lain dari flashdisk yang lain. Gunakanlah antivirus yang cukup baik dan jangan gunakan antivirus secara sembarangan.

Lakukan Scanning

Lakukan scanning secara menyeluruh pada perangkat komputer atau lapto kamu serta flashdisk yang kamu miliki. Tunggu beberapa saat, sampai proses scanning oleh antivirus selesai. Selanjutnya akan ada laporan tentang beberapa virus yang ditemukan. Setelah itu hapus semua virus yang ada.

Menghapus Bekas File Virus di Dalam Flashdisk

Setelah virus selesai dihapus, biasanya masih ada file shortcut yang ditinggalkan oleh virus. Akan tetapi kamu masih bisa membersihkannya, caranya yang dapat kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • buka flashdisk di windows explorer. Lalu lihatlah dimana letak drive flashdisk,
  • untuk mengahapus file yang ditinggalkan oleh virus shortcut, masuklah ke tempat dimana flashdisk kamu berada menggunakan Command Prompt atau yang biasa dikenal dengan CMD. Caranya masuk ke RUN atau tekan tombol windows bersamaan dengan huruf R, selanjutnya masukkan CMD pada kotak dan enter.
  • Setelah itu, masuk ke drive dimana flashdisk terpasang dengan cara mengetik F dan enter.
  • Setelah sebelah kursor yang berkedip berubah menjadi F:\>_ kamu bisa melakukan penghapusan. Tujuan utama kita adalah melakukan penghapusan file shortcut yang dihasilkan oleh virus. Lakukan penghapusan dengan cara mengetikkan del *.lnk s/ d/ kemudian tekan Enter, jika muncul error, cukup ketikan del *.lnk dan tekan Enter.
  • Dalam tahap ini seharusnya file shortcut yang dihasilkan oleh virus telah hilang. Selanjutnya, kita akan menampilkan file yang telah disembunyikan oleh virus shortcut ini dengan cara merubah attributnya menjadi mode standar.
  • Masih di dalam Command Promt (cmd). Ketikan lagi drive letter usb kita contoh F: kemudian tekan enter. Ketikan attrib -s -h -r /s /d tekan Enter sekali lagi. (jika muncul error coba hilangkan hanya /d saja atau /s saja).
  • Tunggu proses perubahan attribut ini sampai selesai. Setelah selesai selanjutnya file yang disembunyikan oleh virus shortcut ini sudah bisa tamnpil kembali dalam mode normal.
  • Kembalikan settingan file system ke mode hidden. Tadi di awal kita sudah mencoba untuk menampilkan file yang ber-attribut supper hidden yang digunakan untuk menyimpan file system agar tidak terlihat pada mode normal.

Setelah file system terlihat, dikhawatirkan akan terjadi masalah lagi jika file tersebut tidak sengaja terhapus. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu membuat file system ini hidden kembali. Karena, yang terpenting adalah file yang disembunyikan olah virus shortcut sudah bisa ditampilkan kembali. Kamu dapat melakukan hidden file pada file system dengan cara sebagai berikut:

  • Masuk ke dalam windows explorer dengan cara menekan tombol windows bersamaan dengan huruf “E”.
  • setelah itu, lakukan pengaturan File and Folders yang ada di dalam Folder Options dengan cara menekan tombol alt bersamaan dengan huruf “T“. Setelah itu plih Folder Options.
  • Setelah itu, pilih tab view dan lakukan pengaturan dengan mencentang kembali pilihan Hide extentions for known file types dan Hide protected operating system files.
  • Selanjutnya klik OK.

Demikian pembahasan mengenai cara menghilangkan virus shortcut yang paling ampuh. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP