Cara Menghilangkan Panu Hanya Dengan Bahan-Bahan Alami

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Panu merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang munculnya disebabkan karena jamur. Munculnya panu ditandakan dengan adanya bercak-bercak putih yang terasa gatal. Walaupun sesungguhnya berkasnya tidak selalu putih, bisa juga merah, coklat ataupun hitam. Panu sendiri berbeda dengan jerawat.

Ketika Anda dalam kondisi berkeringat, panunya akan terasa gatal. Nah, untuk mengatasinya sebenarnya Anda bisa menggunakan cara yang alami. Berikut akan diulas mengenai cara menghilangkan panu secara alami yang bisa dijadikan pengetahuan.

Cara Menghilangkan Panu Secara Alami

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan panu secara alami. Berikut rincian detailnya…

Menggunakan Minyak Kelapa

10 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan Kulit Wajah » elevenia Blog

Cara menghilangkan penyakit panu dengan cara alami yang pertama adalah dengan memakai minyak kelapa. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa ternyata minyak kelapa bisa membantu tubuh Anda meningkatkan resistensi terhadap berbagai gangguan seperti jamur, bakteri dan juga virus. Minyak kelapa juga mengandung asam lemak yang dapat menghentikan pertumbuhan jamur pada penyakit panu. Caranya sangat mudah, Anda cukup mengoleskan minyak kelapa yang masih murni pada kulit yang terserang panu. Kemudian mendiamkannya sampai kering.

Menggunakan Tea Tree Oil

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Membandel » elevenia Blog

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan tea tree oil untuk menghilangkan penyakit panu. Penting untuk diketahui bahwa pohon teh memiliki kandungan antiseptik yang cukup tinggi sehingga bisa dipakai untuk menyembuhkan luka, termasuk penyakit panu. Di dalam berbagai penelitian yang ada, tea tree oil memang sudah terbukti mampu membunuh virus, kuman, ataupun  bakteri. Untuk menyembuhkan panu menggunakan bahan ini Anda bisa mencampurkannya dengan minyak lavender dan minyak kelapa. Selain itu, juga ditambahkan minyak oregano untuk menghilangkan panu pada bagian wajah.

Menggunakan Cuka Apel

5 Merk Cuka Apel untuk Wajah yang Aman » elevenia Blog

Panu yang menempel pada kulit Anda sebenarnya juga bisa dihilangkan dari cuka apel. Di dalam cuka apel sendiri terkandung suatu zat yang manfaatnya sebagai antimikroba. Kandungan senyawa satu ini bisa membantu kulit Anda di dalam mengontrol tumbuhnya jamur. Cara mengaplikasikannya adalah dengan mencampurkan sejumlah satu sendok makan cuka apel dengan satu sendok makan air hangat. Setelah itu, siapkan kapas untuk dipakai menempelkan pada bagian yang terserang panu. Sesudah itu, bilaslah kulit yang terkena panu tersebut dengan menggunakan air hangat.

Menggunakan Yoghurt

5 Merk Yogurt Soap untuk Perawatan Kulit » elevenia Blog

Yoghurt memang dipercaya sejak lama sebagai bahan yang kaya akan manfaat untuk tubuh. Di dalam zat ini sudah terdapat kalsium, vitamin B6, vitamin B12 yang kaya manfaatnya untuk kesehatan. Cara menggunakan yogurt untuk menghilangkan panu adalah dengan mengoleskannya pada bagian panu secara rutin dan teratur. Sesudah itu, kandungan di dalamnya akan dapat menghambat pertumbuhan jamur pada panu. Sesudah dioleskan usahakan untuk mendiamkannya dahulu selama kurang lebih 30 menit. Sesudah itu, bersihkan menggunakan air yang hangat. Selain dioleskan, Anda juga bisa menggunakan bahan ini untuk diminum setidaknya dua gelas sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Menggunakan Blimbing Wuluh

9 Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan dan Kecantikan » elevenia Blog

Cara menghilangkan panu yang selanjutnya adalah menggunakan blimbing wuluh. Khasiat blimbing wuluh memang terkenal luar biasa untuk tubuh. Bahan ini mengandung tanin, glukosid, peroksida, asam format, sulfur, kalsium, oksalat, dan masih banyak lagi lainnya. selain itu, ia juga memiliki sifat anti jamur yang sangat cocok untuk menghilangkan panu Anda. Asalkan penggunaanya secara rutin dan teratur, panu akan dapat sembuh dengan cepat.

Anda juga bisa menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan panu yang membandel pada kulit. Senyawa yang terdapat pada jeruk nipis ini memang mampu menangkal berbagai radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung asam sitrat yang ampuh sebagai anti-jamur dan juga anti-bakteri. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung vitamin C yang ampuh untuk mengatasi panu.

Menggunakan Bawang Putih

Antibiotik Ikan Cupang dari Bahan Alami » elevenia Blog

Selain beberapa yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa menggunakan bawang putih untuk mengatasi panu. Hal itu lantaran bawang putih mengandung allicin yang merupakan zat anti bakteri besar sehingga bisa atasi panu dengan lebih cepat. Selain itu, bawang putih termasuk kaya akan antioksidan yang bisa menjadikannya sebagai antivirus dan juga antibakteri handal. Cara aplikasinya juga sangat sederhana, cukup dengan mengoleskan bawang putih pada bagian panu secara rutin dan teratur.

Itu tadi ulasan mengenai cara menghilangkan panu yang bisa dilakukan dengan cara alami. Dengan menggunakan berbagai langkah di atas, Anda akan sembuh dari panu dengan cepat dan mudah asalkan dilakukan secara rutin dan teratur.

wiyana
wiyana

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA