8 Cara Menghilangkan Luntur pada Baju Berwarna

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
lemon
Daftar Topik

Cara menghilangkan luntur pada baju berwarna. Apa yang kamu rasakan saat baju kesayanganmu terkena luntur? Tentu sangat sedih dong. Yap, hampir semua orang setuju kalau luntur sering menjadi momok saat mencuci baju. Apalagi ketika kamu sudah berusaha untuk memisahkan dengan baju lain dan masih kecolongan, rasanya seperti ga mau melihat baju itu lagi. Terkadang solusi yang kita pilih adalah tidak memakai baju tersebut untuk seterusnya atau bahkan membuangnya. Hem, sebenarnya sayang banget ya kalau ga terpakai lagi. Agar bajumu tidak terbuang begitu saja, yuk cari tahu cara efektif yang bisa menyelesaikan masalah kelunturan pada pakaian mu. Nah, sekarang kamu tidak perlu khawatir, berikut ada beberapa rekomendasi cara mudah untuk menghilangkan luntur pada baju berwarna. Dijamin bahannya mudah untuk kamu temukan. Bagi yang sudah tidak sabar, yuk check this out!

Cara menghilangkan luntur pada baju berwarna

1. Menggunakan air panas dan detergen

Untuk menghilangkan noda luntur pada baju putih memang lebih mudah daripada baju berwarna. Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan luntur pada baju yang berwarna adalah dengan menggunakan detergen dan air panas. Caranya sangat mudah loh, kamu cukup menyiapkan air panas dan masukkan detergen hingga larut. Setelah itu, rendam baju yang terkena luntur selama kurang lebih 1 jam. Lalu, bilas dengan air dingin hingga bersih dan keringkan. Catatan yang perlu kamu perhatikan untuk memakai trik ini adalah khusus noda luntur yang belum sampai sehari ya agar hasilnya maksimal.

2. Mengoleskan aseton

Pembersih kutek atau yang biasa dikenal dengan nail polish remover bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda luntur, terutama pada pakaian putih loh. Caranya sangat mudah, kamu cukup mengoleskan beberapa tetes aseton pada baju yang terkena noda, diamkan selama kurang lebih 30 menit. Lalu, bilas sampai bersih dengan menggunakan air biasa.

3. Menggunakan baking soda

cara menghilangkan luntur pada baju berwarna dengan baking soda

Tidak bisa dipungkiri lagi, bahan dapur satu ini memiliki sejuta manfaat. Kamu bisa menggunakannya untuk menghilangkan luntur pada baju berwarna loh. Caranya tentu sangat mudah dan cepat. Bahan yang perlu kamu persiapkan adalah air hangat, deterjen, dan baking soda. Caranya cukup campurkan deterjen dan baking soda dalam air hangat, lalu rendam baju yang terkena luntur sekitar 15 menit. Kucek sebentar dan bilas dengan air bersih.

4. Larutan buah lemon dan belimbing wuluh

lemon

Buah dengan kandungan asam yang tinggi juga cukup efektif untuk menghilangkan noda luntur pada pakaian loh. Buah yang dapat kamu gunakan adala lemon atau yang biasa dikenal dengan citrun dan belimbing wuluh. Caranya cukup gosokkan belimbing pada noda luntur, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu, cuci dengan menggunakan detergen dan bilas hingga bersih. Penggunaan lemon juga terbilang sangat mudah. Kamu cukup campurkan larutan lemon pada air rendaman baju dan diamkan selama beberapa saat. Sangat mudah bukan?

5. Menggunakan larutan vetsin dan detergen

Selain baking soda, bahan dapur vetsin juga bermanfaat untuk menghilangkan noda luntur pada pakaian berwarna loh. Kamu perlu mempersiapkan detergen, air hangat, dan vetsin. Perbandingan vetsin dan detergen adalah 3:2. Setelah itu, campurkan kedua bahan tersebut ke dalam air hangat. Lalu, masukkan pakaian yang terkena noda luntur selama 30 menit. Jangan lupa untuk mencucinya lagi dengan detergen dan bilas hingga bersih menggunakan air biasa.

6. Produk penghapus noda

Saat ini, sudah banyak produk khusus penghapus noda yang dijual di pasaran loh. Berbagai macam varian mulai dari harga dan nama brand bisa kamu pilih sesuai dengan selera. Penggunaannya tinggal mengikuti instruksi yang tertera pada kemasan. Biasanya, kamu cukup mengoleskan cairan penghilang noda pada pakaian yang terkena luntur. Lalu menguceknya secara perlahan dan bilas dengan air bersih. 

7. Gunakan hairspray

Penggunaan hairspray juga cukup ampuh untuk menghilangkan luntur pada baju berwarna loh. Hairspray yang digunakan harus mengandung alkohol ya agar efektif saat membersihkan noda luntur. Pertama, siapkan dan pisahkan baju yang terkena luntur, lalu semprotkan beberapa tetes hairspray yang mengandung alkohol pada bagian yang kelunturan. Setelah itu, kucek secara perlahan dan bilas hingga bersih. Apabila noda belum hilang, semprotkan kembali hairspray pada noda dan cuci pakaian seperti biasanya. Cara lain yang juga bisa dilakukan adalah dengan mencampurkan larutan hairspray dan detergen dalam satu wadah untuk membersihkan pakaian yang terkena luntur.

8. Menggunakan cuka/vinegar

cara menghilangkan luntur pada baju berwarna dengan cuka

Sama halnya dengan baking soda, cuka atau yang biasa dikenal dengan vinegar juga punya segudang manfaat. Penggunaan cuka alami mampu menghilangkan berbagai macam noda. Mulai dari noda luntur hingga jamur yang membuat baju jadi kuning. Caranya cukup dengan menggosokkan cuka pada noda yang ada di dalam pakaian. Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan beberapa tetes cairan cuka ke dalam seember air dan rendam selama kurang lebih 1 jam. Lalu, kucek secara perlahan dan bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

 

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan luntur pada baju berwarna yang bisa kamu lakukan di rumah dengan mudah dan cepat. Sekarang kamu tidak perlu khawatir saat baju kesayanganmu terkena noda luntur. Cukup mengaplikasikan beberapa trik di atas yang dirasa sesuai dengan pilihanmu. Tentu bahan yang digunakan pun bisa kamu cari di dapur ya. Jadi, kamu tidak perlu bersedih dan membuang bajumu lagi nih. Masalah kelunturan pakaianmu akan teratasi dengan cara yang simpel dan juga efektif tentunya. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

7 Cara Menghilangkan Bau Pesing di Kasur

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA