Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Cara Menghilangkan Halaman Di Cover Dokumen

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
format nomor halaman
Daftar Topik

Cara menghilangkan halaman di cover. Microsoft word mungkin merupakan software pada computer yang paling kamu kenal. Pasti kamu pernah menggunakan software ini untuk membuat sebuah dokumen, baik itu dengan Ms. Word, Ms. Excel, atau Ms. Power Point. Untuk dokumen yang sederhana tentu kamu biasanya akan menggunakan Ms. Word. Dalam pembuatan dokumen yang cukup panjang, kamu biasanya akan memasukkan nomor halaman untuk mengetahui jumlah halaman yang telah kamu buat dalam dokumen tesebut.

Nomor halaman merupakan salah satu hal penting yang harus kamu masukkan di dalam sebuah dokumen, terutama dokumen panjang. Page number ini akan membantu si pembaca untuk bisa menemukan halaman yang ingin dibaca dengan mudah. Disamping itu, nomer halaman juga menjadi referensi daftar isi yang bisa membantu kamu mengenali isi sebuah dokumen. Bagaimana caranya? Mudah! Karena aplikasi Ms. Word sudah menyediakan fiturnya.

Dengan fitur yang sudah tersedia tersebut, kamu bisa memasukkan nomor halaman dan menentukan format nomor halaman yang digunakan (romawi, abc…, 123…dll), menentukan letak penomoran, di bagian atas (kiri, tengah, kanan) atau pada bagian bawah (kiri, tengah, kanan). Saat kamu membuat nomor halaman pada Ms. Word, maka secara otomatis semua halaman yang ada akan menampilkan nomor halaman dengan format dan letak yang seragam. Hal tersebut dikarenakan memang secara umum dan secara format, dokumen word memang demikian. Sehingga proses penomoran pada dokumen word akan mudah dan praktis dilakukan. 

dokumen word

 Akan tetapi, jika kamu menginginkan nomor halaman dalam satu dokumen dibuat berbeda, baik itu formatnya atau tata letaknya, atau kamu ingin menghilangkan nomor halaman pada halaman tertentu, semua bisa kamu lakukan dengan mudah pada aplikasi Microsoft Word ini. Kamu bisa menghilangkan nomor halaman pada cover atau halaman terakhir dokumen yang kamu buat. Namun untuk melakukan hal tersebut bukanlah hal yang mudah, kamu perlu mengikuti langkah-langkah khusus untuk bisa melakukannya. Kamu yang belum tahu bagaimana caranya untuk menghilangkan nomor halaman, maka artikel ini akan membantu kamu.

Cara Menghapus Nomor Halaman pada Halaman Tertentu pada MS. Word

Kamu yang ingin menghilangkan nomor halaman pada halaman tertentu di dokumen yang kamu buat, misalnya pada cover makalah, atau halaman terakhir, atau halaman-halaman lain yang kamu inginkan, caranya cukup mudah, antara lain sebagai berikut:

Menghilangkan Nomor Halaman pada Cover

Untuk bisa menghilangkan nomor halaman pada halaman cover, maka kamu harus melakukan beberapa langkah seperti di bawah ini, antara lain:

  • Kamu harus memastikan dahulu bahwa kamu belum menambahkan nomor halaman pada halaman cover dan semua halaman dokumen.

insert cover page

  • Selanjutnya, kamu arahkan kursor pada halaman pertama, dan pilih menu Insert > Cover Page. Dan kamu bisa pilih desain cover yang kamu inginkan, atau kamu bisa modifikasi jika diperlukan. Dengan begitu, maka dokumen kamu akan secara otomatis ditambahkan halaman cover yang diletakkan pada halaman dokumen paling depan. Atau kamu bisa lewati langkah ini jika sudah memiliki halaman cover sebelumnya.

page-breaks

  • Kemudian, kamu klik halaman dua setelah halaman cover, dan arahkan kursor ke atas paling kiri tulisan. Lalu, pilihlah menu page layout > Breaks > Continoues, untuk membuat section break.

Link to Previous

  • Selanjutnya, klik dua kali pada bagian footer atau header halaman 2, dan hilangkan seleksi pada Link to Previous pada menu design

Page number format

  • Lalu, kamu bisa pilih menu Insert > page number, kemudian pilih tata letak penomoran yang kamu inginkan. Dengan demikian, nomor pun akan muncul pada halaman-halaman selain cover sesuai dengan pengaturan yang kamu buat.

Setelah kamu selesai memasukkan nomor halaman, kamu bisa keluar dari mode edit header footer. Kamu bisa klik dua kali di tengah halaman, atau tekan tombol close header &footer pada menu design.

Begitulah cara menghilangkan halaman di cover yang bisa kamu lakukan. Kamu juga bisa menghilangkan nomor halaman pada halaman dokumen lainnya, tergantung keinginan dan kebutuhan kamu. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba!

Baca juga:

Cara Menghitung Persentase Kenaikan Penurunan di Excel

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP