Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Penampilan merupakan hal penting yang harus diperhatikan setiap orang, baik itu wanita maupun pria. Jika ada satu saja hal yang kurang dalam sebuah penampilan, tentu membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Banyak hal yang bisa membuat penampilan kurang menarik, mulai dari gaya rambut, gaya pakaian sampai tampilan atau ukuran tubuh.

Umumnya setiap orang menggunakan pakaian sesuai dengan ukuran tubuh mereka. Hingga terkadang, mereka yang memiliki bentuk tubuh agak besar kurang percaya diri dengan penampilannya karena memang di pasaran sendiri, ukuran pakaian rata-rata kecil sampai sedang, jarang sekali pakaian yang berukuran besar.

Tak hanya masalah ukuran tubuh, tampilan kulit pun tidak luput dari perhatian. Mereka yang memiliki kulit yang putih dan bersih tentu akan tampil lebih percaya diri dibanding mereka yang memiliki tampilan kulit gelap dan kusam. Sebenarnya banyak sekali masalah kulit yang membuat seseorang percaya diri, salah satunya adalah bekas luka.

Bekas luka ini biasanya sangat mengganggu apabila berada di bagian tubuh yang tidak tertutup oleh baju. Terlebih jika bekas luka tersebut memebekas dan menghitam sehingga tidak bisa ditutupi oleh body lotion dan sebagainya. Mungkin hal ini juga terjadi padamu, apakah ada cara untuk menghilangkannya?

Ternyata, bekas luka masih bisa dihilangkan dengan cara alami yang aman bagi kulit. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk melakukan perawatan ini pun sangat mudah ditemukan di sekitar kamu sehingga kamu tidak usah khawatir, apa saja bahan-bahannya? Simak ulasannya di bawah ini:

Mentimun

Mentimun punya kandungan vitamin C yang dapat memperbaiki dengan mudah sel-sel yang rusak karena luka. Mentimumpun mengandung zat potassium yang dapat menangkal radikal bebas yang memiliki dampak buruk bagi tubuh. Tak hanya itu, mentimum pun punya zat silica yang bisa memproduksi kolagen. Cara untuk memanfaatkan timun ini pun sangat mudah, kamu hanya perlu menjadikan timun sebagai masker yang dioleskan pada bagian bekas luka.

Lidah Buaya

Lidah buaya ini tak hanya digunakan untuk penenang kulit, tapi juga dapat menghilangkan bekas luka yang menghitam. Tampilan bekas luka yang menghitam tentu sangat tidak indah. Untuk itu kandungan lidah buaya yaitu zat asam yang disebut dengan asam amino dan lignin, hadir untuk merangsang kembali tumbuhnya sel-sel kulit baru. Caranya adalah dengan mengoleskan cairan lidah buaya pada luka yang sudah menghitam.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis ini memang sudah lama sekali dipercaya mampu mencerahkan kulit dan juga menghilangkan noda hitam bekas luka maupun bekas jerawat. Hal ini karena jeruk nipis mengandung vitamin yang mampu menghilangkan sel-sel kulit mati dari kulit. Dengan begitu, kulit pun akan meregenerasi dan tergantikan oleh kulit-kulit baru.cara penggunaannya pun sangat mudah, kamu tinggal mengoleskan air perasan jeruk nipis ke daerah yang memiliki bekas luka. Tunggu hingga kering, setelah itu bilas dengan air bersih.

Madu

Kandungan madu untuk kecantikan dan kesehatan kulit memang luar biasa. Banyak sekali orang yang sudah membuktikan manfaat madu ini untuk kecantikan kulit. Madu ini sangat baik untuk kulit, tak hanya kulit wajah saja, namun juga kulit bagian lain yang terdapat bekas luka. Cara menggunakannya, kamu bisa mencampurkan madu dengan minyak zaitun. Setelah keduanya tercampur kamu bisa langsung mengoleskan campuran tersebut ke bagian bekas luka yang menghitam.

Beras Kencur

Beras kencur sering kali kita dengar dan biasanya menjadi salah satu dari jamu yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Tidak heran jika beras kencur sudah terkenal akan khasiatnya sejak dulu. Namun tahukah kamu jika beras kencur juga dapat menghilangkan bekas luka secara alami? Caranya pun sangat mudah, kamu tinggal menumbuk beras dan kencur secara bersamaan kemudian tambahkan sedikit air. Setelah itu oleskan pada bekas luka di kulit.

Itulah sejumlah cara alami yang bisa kamu praktekan untuk menghilangkan bekas luka. Cara-cara di atas sangat mudah untuk dipraktekan dan memakan waktu yang sebentar. Hanya saja kamu harus melakukannya secara rutin dan konsisten karena penyembuhan dengan bahan alami memakan waktu yang cukup lama.

Namun kamu tenang saja, hasil yang akan kamu dapat nantinya dijamin permanen sehingga kamu tidak usah khawatir bekas lukamu akan muncul kembali. Selain itu, usahakan untuk menghindari beragam produk kimia untuk menghilangkan bekas luka, terutama untuk kulitmu yang gampang alergi. Sebab bisa jadi bukannya mendapat kesembuhan, yang kamu dapat justru memperparah bekas lukamu. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu. Selamat mencoba. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA