Cara Menghidupkan Komputer yang Benar

0
17720 Turn On Computer TipsMake
Source: TipsMake

Cara Menghidupkan Komputer yang Benar – Teknologi yang semakin pesat selalu memberikan dampak kepada kehidupan yang semakin berkembang. Salah satunya adalah penggunaan komputer sebagai alat untuk membantu segala jenis pekerjaan manusia. Namun, seperti umumnya teknologi, setiap komputer juga kerap mengalami masalah atau error. Karena yang demikian, merupakan sifat alami dalam teknologi. Salah satu cara yang perlu dipahami adalah cara menghidupkan komputer yang benar.

Apabila setiap teknologi tidak mengalami proses perawatan dengan baik, maka sudah pasti akan sering mengalami error. Apabila teknologi seperti komputer telah mengalami error, maka proses perbaikannya pun biasanya memerlukan waktu yang lama. Selain itu, juga akan mempengaruhi berbagai data yang tersedia dalam komputer. Berikut ini merupakan cara menghidupkan komputer yang benar dan bisa Anda lakukan mulai dari sekarang.

Menghidupkan Komputer dengan Sumber Daya


17720 Turn On Computer HowToGeek
Source: HowToGeek

Berbeda dengan laptop atau PC, untuk komputer maka apabila ingin menghidupkan, maka harus menyambungkan terlebih dahulu ke sumber daya sebagai arus listrik dan sebagai sumber energi bagi komputer. Berikut proses menyalakan komputer yang tepat dan benar.

  1. Sebelum memulai menyalakan, Anda dapat memastikan terlebih dahulu terkait dengan kabel sambungan yang terhubung. Apabila tidak terhubung, mau bagaimanapun Anda akan tidak akan menyalakan komputer.
  2. Pada saat menghidupkan, usahakan melalui tombol power yang langsung terdapat pada bagian pojok kiri umumnya. Namun, tiap komputer biasanya tidak sama dalam peletakan tombol komputer.
  3. Setelah tombol daya tertekan, maka Anda bisa langsung melepaskan tombol tersebut, jadi jangan Menahan tombol power terlalu lama. Karena malah akan menimbulkan kerusakan pada tombol tersebut.
  4. Selanjutnya komputer akan menyala dan bisa Anda gunakan.

Menghidupkan Komputer Secara Langsung


17720 Turn On Computer TipsMake
Source: TipsMake

Sebenarnya dalam menghidupkan komputer terdapat banyak alternatif yang bisa dilakukan. Namun, jika tidak dilakukan dengan benar da asal-asalan, malah akan membuat komputer mudah rusak. Pastinya Anda tidak ingin jika Karena masalah sepele seperti cara menghidupkan membuat komputer menjadi rusak dan error bahkan hingga tidak bisa digunakan. Berikut ini merupakan cara menghidupkan komputer secara langsung sebagai alternatif kedua.

  1. Pada saat hendak menghidupkan komputer yang perlu diperhatikan sama seperti sebelumnya. Memastikan bahwa komputer Anda memang telah terhubung dengan sumber daya. Bisa dilakukan pengecekan terlebih dahulu.
  2. Pengecekan bukan hanya pada kabel yang tertancap pada stop kontak. Tetapi juga kabel yang menancap di CPU beserta kabel lainnya. seperti kabel keyboard, LAN, power supply, sound, monitor dan masih banyak lagi. Semua harus tertancap sesuai dengan posisinya masing-masing.
  3. Kemudian juga cek terlebih dahulu daya listrik yang ada pada rumah Anda. Karena pada saat awal menggunakan komputer, maka daya yang dibutuhkan sangat besar. Jadi, apabila menggunakan daya yang rendah seperti 450 watt, agar tidak terjadi lonjakan daya yang mengakibatkan daya mati, maka Anda bisa mencabut terlebih dahulu perabot rumah yang membutuhkan daya besar.
  4. Selanjutnya Anda bisa langsung menghidupkan komputer. Cara menghidupkan yaitu menekan tombol power yang berada pada monitor komputer. Tombol tersebut akan berguna untuk menghidupkan layar komputer. Sehingga komputer bisa menyala dan menunjukkan gambar.
  5. Kemudian jangan lupa untuk menghidupkan pula CPU. Anda bisa melihat CPU dan menghidupkannya dengan menggunakan tombol power. Pada CPU Anda akan melihat tombol power yang berada tepat diatas tombol restart. Kemudian Anda bisa menekannya.
  6. Maka layar pada monitor akan menyala dan menampilkan windows sesuai dengan jenis windows yang ada pada komputer Anda. Apabila menggunakan windows 7, maka yang akan menunjukkan tampilan untuk windows 7.
  7. Hal yang perlu diperhatikan apabila ternyata mengalami kerusakan atau error. Seharusnya komputernya menyala setelah beberapa tahapan tersebut dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Namun jika setelah sesuai prosedur, tetap saja mengalami kerusakan dalam dan komputer tidak menyala.
  8. Kerusakan bukan terjadi pada perangkat lunak yang ada pada komputer tetapi lebih kepada perangkat keras. Bisa saja mengalami gangguan pada salah satu kabel. Bisa juga aliran daya pada komputer tidak baik.

Dengan demikian Anda harus mengerti cara menghidupkan komputer yang benar, komputer rentan sekali mengalami error. Apabila pada komputer yang paling sering membuat error adalah bagian perangkat keras. Bisa dimulai dari kabel yang menancap pada CPU juga bisa dikarenakan daya. Jika Anda tidak memahami proses menghidupkan dan langsung menghidupkan tidak melalui tahapan yang benar.

Karena jika Anda asal dalam menyalakan bisa saja komputer menjadi error. Jika error terjadi atau kerusakan terjadi, umumnya pembenahan komputer memerlukan waktu yang lama. Terlebih lagi jika terdapat perangkat keras yang harus mengalami pergantian. Beberapa perangkat keras dari komputer memiliki harga yang mahal. Jadi, sebaiknya Anda menjaga komputer untuk tetap awet dengan melakukan proses menyalakan komputer dengan benar.

BACA JUGA!

Cara Mengecilkan Layar Komputer dengan Keyboard

Update Terbaru elevenia:

Kenalan sama eMart: