Home Editor's Choice Gadget /Komputer Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

0
Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

Pasti kesulitan jika hp android kamu tiba-tiba mati. Namun, kamu menyadari bahwa tombol power kamu juga rusak. Sehingga, kamu tidak bisa menghidupkan kembali hp kamu melalui tombol power. Apabila menemukan kasus seperti itu, yang biasa dilakukan oleh sebagian orang adalah dengan membawa hp nya ke tukang servis hp.

Sebagian orang malah langsung mengganti hp mereka, karena mengira bahwa hp mereka sudah tidak mungkin bisa dihidupkan lagi karena tombel power yang berfungsi menghidupkan hp telah rusak.

Kasus kerusakan seperti itu, kamu tidak perlu melakukan servis. Karena sebenarnya tanpa menggunakan tombol power pun, kamu bisa menghisupkan kembali hp kamu. Hal tersebut memang tidak bisa memperbaiki tombol power di hp,mu tapi bisa menghidupkan hp kamu tanpa menggunakan tombol power.

Menggunakan Tombol Volume dan Tombol Home


Sebelum menggunakan cara tersebut, terlebih dahulu kamu harus yakin bahwa baterai hp kamu tidak habis. Apabila baterai hp kamu habis, kamu bisa melakukan pengecasan terlebih dahulu.

Selanjutnya kamu bisa menahan kedua tombol volume atas dan volume bawah kemudian hubungkan hp kamu ke pc dengan menggunakan USB. Selanjutnya kamu bisa menekan tombol volume bawah dan atas sambil menahan tombol home. Kamu bisa menahannya beberapa menit sampai muncul menu. Apabila sudah muncul menu, kamu bisa melepaskan tombol yang kamu tekan.

Apabila cara itu berhasil, maka akan ditampilkan beberapa perintah pads layar hp kamu, lalu kemudian kamu bisa menggunakan tombol volume untuk melakukan navigasi beberapa piulihan. Kamu bisa memilih restart atau melakukan turn on hp, untuk menghidupkan hp kamu.

Menggunakan Tombol Volume


ternyata hp kamu tidak terdapat tombol home pada bagian depan, kamu tetap bisa menghidupkan hp kamu dengan hanya menggunakan tombol vomue saja. Tapi pada kasus ini, kamu hanya bisa menggunakan tombol volume bagian bawah. Sebelum kamu coba, kamu harus memastikan bahwa hp kamu masih memiliki daya baterai yang cukup.

Kemudian kamu bisa menekan tombol volume bagian bawah dan kamu langsung menghubungan hp kamu ke pc dengan bantuan kabel USB. Setelah hp tersambung pada PC, kemudian kamu bisa menekan tombol volume bawah dengan lama hingga terdapat menu yang keluar di layar hp kamu. Selanjutnya kamu bisa memilih opsi start untuk memyalakan h kamu.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga


Kamu bisa mendownload aplikasi piihak ketiga yang bisa kamu gunakan sebagi pengganti tombol power.

1. Aplikasi power button to volume button

Aplikasi ini memiliki fitur untuk mengubah tombol volume menjadi berfungsi sebagai tombol power. Namun, perubahan fungs dari tombol volume menjadi tombol power terjadi hanya pada saat hp kamu mati. Sehingga kamu bisa menghidupkannya dengan menggunakan tombol volume. Pada saat hp menyala, maka fungsi tombol volume akan kembali seperti semua yaitu untuk mengatur besar volume hp kamu.

2. Menggunakan proximity actions proximity sensor

Aplikasi ini sebenarnya memiliki banyak fitur salah satunya adalah fitur menyalakan hp atau mengaktifkan hp kamu. Sebelumnya, kamu bisa menginstal aplikasi ini melalui google play store, kemudian kamu bisa menjalankannya, selanjutnya kamu tinggal memilih hold actions when screen is off.

Kemudian akan terdapat perintah yang bisa kamu pilih, silahkan pilih perintah untuk mengaktifkan layar hp. Perintah itu nantinya akan membantu kamu dalam menghidupkan layar hp meskipun tombol power kamu tidak berfungsi atau tanpa melalui tombol power. Kemudian kamu bisa memasukkannya ke “slot 1”. Posisi atau tempat aplikasi ini akan berada pada bagian atas hp kamu.

Cara menggunakan aplikasi ini untuk mengaktifkan hp kamu, yaitu dengan kamu mencari posisi dari aplikasi ini pada layar hp kamu, kemudian tahan sampai terdapat getaran. Apabila terjadi getaran, kamu harus langsung melepaskan jarimu dari layar. Kemudian hp kamu akan aktif.

Memakai ADB


Apabila semua cara sudah kamu coba dan ternyata masih gagal. Kamu bisa mencoba dengan cara yang satu ini, memang agak sedikit ribet, tapi cara ini dijamin berhasil.

  1. Kamu bisa menginstall ADB dan alat fastboot pada komputer kamu.
  2. Menekan tombol volume baik volume atas atau volume bawah.
  3. Kamu bisa menghubungkan hp kamu ke pc. Kemudian hp kamu akan masuk ke dalam mode bootloader
  4. Setelah masuk ke dalam mode bootloader, kamu harus segera menjalankan perintah **fastboot continue** pada ADB dengan syarat hp kamu masih terhubung ke pc.
  5. Kemudian tunggu prosesnya hingga selesai.

Itulah sedikit ulasan mengenai cara yang bisa kamu gunakan untuk mengaktifkan kembali hp atau smartphone kamu tanpa harus menggunakan tombol power. Sehingga kamu tidak perlu melakukan servis atau mengganti hp hanya karena tombol power kamu rusak atau tidak berfungsi.

BACA JUGA! INILAH CARA RESTART ANDROID TANPA TOMBOL POWER

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here