Cara Menghapus Tulisan di Photoshop Tanpa Menghapus Background

0

Ulasan kali ini tentang cara menghapus tulisan di photoshop tanpa harus menghapus background. Photoshop sendiri merupakan aplikasi editing photo yang cukup banyak digunakan oleh penggemar fotografi. Aplikasi ini sendiri merupakan series dari Adobe.

Hingga saat ini, photoshop series sudah update hingga CS6. Di CS6 ini cara menghilangkan sebuah object termasuk tulisan sangat mudah bahkan tanpa harus menghilangkan atau merusak background. Bagaimana sih caranya? Berikut akan diulas secara singkat, jelas dan padat. Namun sebelum masuk lebih jauh yuk simak dulu ulasan tentang Adobe Photoshop.

Aplikasi Adobe Photoshop


Adobe photoshop atau yang lebih dikenal sebagai photoshop pada dasarnya adalah sebuah software atau perangkat pada komputer. Photoshop ini merupakan salah satu aplikasi editing photo atau gambar yang biasa digunakan di komputer berbasis windows.

Photoshop merupakan software editor citra keluaran produk Adobe System yang memang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar. Umumnya untuk memberikan efek-efek tertentu, perbaikan warna, mempertegas garis gambar , juga untuk menghilangkan objek tertentu.

Nah, photoshop sendiri memiliki series atau tipe yang selalu terupdate pertahunnya. Yang baru-baru ini saja photoshop telah terupdate hingga CS6. Khusus untuk menghilangkan suatu objek pada gambar saat menggunakan photoshop tanpa harus menghilangkan background dengan photoshop CS6 akan sangat mudah. Kendati demikian, tidak hanya CS6, series Adobe Photoshop lainnya juga bisa digunakan kok.

Cara Menghapus Tulisan di Photoshop tanpa Menghapus Background

Menghapus objek terutama tulisan tanpa harus menghapus background menggunakan photoshop sesungguhnya cukup mudah kok. Terdapat beberapa versi/cara untuk melakukan editing gambar tersebut. Coba simak ulasannya berikut:

Menggunakan Content Aware Photoshop


Cara pertama yang dapat kamu praktikkan adalah dengan penggunaan fitur ‘content aware’ pada photoshop. Content aware sendiri merupakan fitur yang fungsinya dapat menghilangkan atau menghapus suatu objek pada gambar/foto secara halus seolah hasilnya objek tersebut tidak pernah ada pada gambar sebelumnya.

Fitur ini secara berkala terupdate dan diperbarui di photoshop, sehingga pengaplikasiannya sangat mudah dan hasilnya menakjubkan. Adapun tahapan penggunaannya adalah sebagaimana berikut:

  1. Bukalah aplikasi adobe photoshop yang kamu miliki, CS6 sangat direkomendasikan. Pilih gambar/foto yang akan kamu edit dengan melakukan klik file, cari gambar lalu open.
  2. Kemudian pakailah fitur ‘tool seleksi’, pilih rectangle marquee tool. Baru setelahnya melakukan seleksi pada tulisan yang dimaksud pada gambar. Untuk hasil yang lebih baik kamu bisa menyeleksinya dengan masing-masing huruf. Namun, jika kamu tipe orang yang kurang telaten, kamu bisa menyeleksinya langsung keseluruhan tulisan.
  3. Tahap berikutnya adalah masuk ke menu edit-fill atau klik Shift-F5. Nantinya akan muncul kotak dialog Fill pada Content, baru kemudian pilih Content Aware. Untuk menu lainnya pada Fill biarkan sama sesuai standar, baru klik OK. Tunggu beberapa saat, karena dengan fitur ini editing akan langsung menghapus objek atau tulisan yang telah terseleksi tersebut.
  4. Hasilnya pun sungguh menakjubkan, tulisan dengan mudah hilang tanpa harus menghapus background terlebih dahulu. Sederhananya, prinsip kerja Content Aware sangat mudah. Fitur ini sebenarnya hanya memanfaatkan potongan gambar hampir mirip yang ada di sekitarnya. Untuk kemudian menempel atau menggantikan pada bagian yang terhapus.

Menggunakan Fitur Spot Healing Brush


Cara berikutnya untuk menghapus tulisan tanpa merusak background adalah dengan fitur ‘Spot Healing brush’ pada photoshop. Jika dengan  Content Aware menghapus sebuah objek atau tulisan secara otomatis, pada Spot Healing Brush cara editingnya lebih detail dan hasilnya pun maksimal.

Pada dasarnya, fitur ini serupa dengan tool brush. Bedanya fitur ini memiliki kelebihan, salah satunya adalah sudah dikolaborasikan dengan Content Aware. Saat pengaplikasiannya pada gambar, saat disapukan untuk menghapus objek tertentu secara otomatis akan langsung bekerja sama halnya Content Aware. Adapun tahapan-tahapannya adalah sebagai berikut:

  1. Tetap saja langkah pertama yang harus dilakukan adalah buka aplikasi Adobe Photoshop (gunakan CS6). Kemudian pilih file, pilih gambar yang akan kamu edit kemudian open.
  2. Langkah berikutnya lihat pada toolbox photoshop yang tersedia baru klik Spot Healing Brush Tool. Setelahnya pilih pengaturan yang tersedia di bawah menu, tandai/ceklis Content-Aware.
  3. Selanjutnya, seleksi objek atau tulisan yang ingin kamu edit kemudian klik kanan pada area gambar. Pastikan juga untuk mengatur ukuran brush, baru setelahnya sabukan brush pada area objek yang terpilih. Lakukan usapan kemudian lepaskan, ulangi hingga selesai.
  4. Selesai, hasil yang didapatkan pun tidak jauh berbeda dengan saat menggunakan fitur Content Aware. Kelebihannya penggunaan brush adalah hasilnya yang lebih detail dan ketajaman gambar yang hampir sempurna.

Sekian saja ulasan kali ini tentang cara menghapus tulisan di photoshop tanpa menghapus background yang ada.

BACA JUGA! 

Apa itu Adobe Photoshop? Buat yang Baru Mau Belajar Design, Simak Ulasan Berikut