Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Cara Menghapus Header Section pada Word

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Tutorial kedua no 11 (2)
Daftar Topik

Cara menghapus header section pada word. Istilah header pasti terdengar tidak asing bagi kamu yang sering menggunakan Microsoft Word (Ms Word). Pada umumnya, header digunakan untuk memberikan identitas sebuah halaman pada bagian atas halaman. Identitas dalam hal ini adalah sebagai catatan baik dalam bentuk tulisan maupun gambar. Menambahkan header memang sangat mudah. Caranya cukup klik menu insert, lalu pilih menu header. Maka, muncul beberapa format header yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan.

Sebelum mengetahui cara atau tutorial untuk menambahkan header pada halaman pertama saja, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu fungsi insert pada Microsoft Word. Tab insert sendiri digunakan saat kamu ingin menyisipkan objek ke dalam dokumen Microsoft Word. Objek ini dapat berupa gambar, shape, tabel, dan karakter spesial yaitu simbol. Tak hanya itu, dengan tab insert, kamu bisa menyisipkan link ke dalam file yang berada di luar dokumen. Bahkan kamu juga menyisipkan link yang kamu dapatkan langsung dari internet. 

Setelah mengetahui sekilas tentang tab insert, kembali lagi pada topik menambahkan header. Ketika kamu menambahkan header sesuai format yang dipilih, maka secara otomatis semua halaman pada Microsoft Word akan muncul header yang sama. Tentu hal ini sangat membantu kamu dalam menambahkan header karena tidak perlu memasukkannya secara satu-persatu pada setiap halaman. Cara ini memang sangat cocok bagi kamu yang ingin menggunakan header untuk setiap halaman. Namun, cara ini tentu tidak cocok jika kamu ingin menambahkan header hanya pada halaman pertama saja. 

Cara menambahkan header ini cukup mudah, namun untuk kamu seorang pemula dalam menggunakan Microsoft Word, mungkin akan sedikit kebingungan. Tapi tenang saja, kamu tidak perlu khawatir. Microsoft Word telah menyediakan fitur untuk membuat header pada halaman pertama saja. Namun, fitur ini sedikit tersembunyi sehingga banyak pengguna Microsoft Word yang tidak tahu caranya. Disini kamu akan menemukan cara mudah untuk membuat header pada halaman pertama saja. Cara mudah ini berlaku untuk Microsoft Word 2007 hingga 2016 karena tampilannya yang tidak jauh berbeda. Oleh karena itu, bagi kamu pengguna Microsoft Word 2007, 2010, 2013, dan 2016 tetap bisa mengikuti tutorial di bawah ini dengan mudah dan lancar. Kamu hanya perlu menyiapkan laptop dengan kondisi baterai yang telah penuh beserta koneksi internet jika kamu tidak menyimpan tutorial ini. Tujuannya agar kamu bisa mempraktikkan tutorial ini secara langsung tanpa tersendat saat membaca tahapannya.  

Cara Mudah Agar Header Muncul di Halaman Pertama Saja

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa menambahkan header pada halaman pertama saja sangat mudah, hanya saja fiturnya yang tersembunyi. Simak cara mudah ini baik-baik ya. Berikut adalah cara mudah dan efektif yang dapat kamu terapkan saat ingin menambahkan header pada halaman pertama saja.

  1. Bukalah dokumen pada Microsoft Office.
  2. Masukkan header pada halaman pertama
  3. Atau klik menu Insert, kemudian Header. Pilihlah desain header yang kamu inginkan (jika header bukan dalam bentuk gambar).
  4. Klik halaman kedua pada dokumen.
  5. Pilih menu Page Layout.
  6. Klik pilihan Break.
  7. Kemudian pilih Continous.
    cara mengatur ukuran kertas di word Tutorial pertama no 7
  8. Klik dua kali (double click) pada bagian atas halaman yaitu area header.
    cara mengatur ukuran kertas di word Tutorial pertama no 8
  9. Tampilan dokumen akan memunculkan editor header, kemudian kursor menjadi aktif pada area header.
  10. Secara otomatis, kamu akan masuk menu Design pada Header & Footer yang terdapat di ujung kanan atas.
  11. Pada menu Design dalam Header & Footer, klik Link to Previous. Tahapan ini bertujuan agar semua halaman tidak ikut berubah saat kamu sedang mengedit halaman pertama, dalam hal ini menambahkan header di halaman pertama.
    cara mengatur ukuran kertas di word Tutorial pertama no 11
  12. Hapus header pada halaman kedua, maka tidak akan muncul header di halaman kedua.

Cara Mudah Menghapus Header Selain Halaman Pertama

Jika kamu tidak ingin menghapus satu-persatu, maka kamu dapat menghilangkan header pada halaman-halaman selanjutnya. Menghilangkan header dengan cara menghapusnya satu-persatu tentu akan sangat melelahkan, terlebih jika kamu menulis banyak halaman. Kamu wajib ikuti cara mudah berikut ini agar semua halaman setelah halaman pertama tidak memiliki header. Berikut adalah caranya.

  1. Klik halaman kedua.
  2. Pilih menu Page Layout.
  3. Klik menu Break.
  4. Kemudian pilih Continous.
  5. Klik dua kali (double click) pada header yang ingin kamu hilangkan.
  6. Kamu akan otomatis masuk ke menu Header & Footer.
  7. Kemudian pilih Design.
  8. Hilangkan seleksi pada menu Link to Previous dengan cara klik bagian tersebut.
    cara mengatur ukuran kertas di word Tutorial kedua no 8
  9. Pilih menu Insert.
  10. Kemudian klik Header.
  11. Pilihlah Remove Header untuk menghapus bagian header di halaman lain selain halaman pertama.
    cara mengatur ukuran kertas di word Tutorial kedua no 11
  12. Header selain halaman pertama akan terhapus secara otomatis.

Tutorial di atas adalah cara mudah dan praktis untuk membuat header pada halaman pertama saja. Namun, kamu juga bisa menggunakan tutorial tersebut jika ingin membuat header dalam setiap halaman yang berbeda satu sama lain. Tak hanya itu, tutorial di atas juga bisa kamu terapkan saat ingin membuat footer dengan halaman pertama saja atau halaman yang berbeda. Jika header untuk bagian atas halaman, footer adalah identitas untuk bagian bawah halaman. Kamu cukup mengubah pilihan menu header ke pilihan menu footer.

Cukup mudah bukan cara menghapus header section pada word? Yuk, langsung praktikkan pada Microsoft Word kamu agar lebih mengerti caranya. Jangan lupa untuk share tutorial ini pada teman kamu yang juga membutuhkannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Baca juga:

Cara Mengatur Spasi di Microsoft Word

ARTIKEL LAINNYA