Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus Tanpa Software

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
52-safe mode
Daftar Topik

Salah satu hal yang menjengkelkan bagi pengguna komputer adalah kesulitan dalam menghapus file atau folder tertentu. Meskipun beberapa kali telah dilakukan penghapusan, file tersebut tetap tidak ingin dihapus. Selain itu hal tersebut juga dapat menimbulkan rasa khawatir bahwa file terkait merupakan suatu bentuk virus yang ada di komputer.

Akan tetapi tidak perlu bingung dalam mengatasi masalah tersebut. Karena terdapat beberapa cara menghapus file yang tidak bisa dihapus tanpa software dengan sangat mudah. Lebih lanjut kamu dapat memahami cara-cara tersebut dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Penyebab File atau Folder Tidak Bisa Dihapus


Sebelum mengetahui cara untuk menghapus file yang tidak bisa dihapus maka perlu diketahui terlebih dahulu terkait penyebab dari masalah tersebut. Dalam hal ini terdapat banyak penyebab dari file dan folder yang tidak bisa dihapus. Penyebab yang mungkin terjadi yaitu File atau folder tersebut memiliki permission yang sangat kuat sehingga kamu tidak bisa menghapusnya.

Penyebab lainnya dapat dikarenakan file yang tersimpan di dalam folder tersebut sedang digunakan atau dibuka oleh sebuah program sehingga kamu harus menutup program terkait untuk dapat menghapusnya. Tidak hanya itu, penyebab dari tidak bisa dihapus nya suatu file dikarenakan perangkat komputer yang digunakan terdiri dari beberapa user account.

Selain itu juga bisa saja berada dalam satu jaringan LAN. Pada kasus tersebut mungkin saja file terkait sedang digunakan oleh orang lain pada komputer yang berbeda sehingga kamu tidak bisa menghapusnya. Selain disebabkan oleh ketiga hal tersebut masih terdapat alasan lainnya Kenapa suatu File atau folder tidak bisa dihapus.

Jika demikian maka kamu dapat menggunakan cara khusus untuk dapat menghapus file atau folder terkait. Bahkan jika memang sangat sulit untuk untuk dihapus setelah melakukan beberapa cara.

Maka solusi terakhir yang dapat dilakukan jika tetap ingin menghapusnya adalah dengan menginstall ulang perangkat komputer. Namun tentu akan sangat disayangkan jika instal komputer dilakukan hanya sekadar Sulit menghapus file atau folder saja. Oleh karena itu Alangkah baiknya untuk mencoba opsi lainnya dalam menghapus file atau folder terkait.

Cara Menghapus File yang Tidak Dapat Dihapus dengan Mengganti User Account Komputer


Cara pertama yang dapat dilakukan untuk bisa menghapus file atau folder yang tidak bisa dihapus yaitu dengan mengganti user account perangkat komputer. Cara ini dilakukan karena hanya user yang sedang berada pada user account administrator yang mampu menghapus segala file di dalamnya.

Dalam hal ini mungkin saja akun komputer yang digunakan pada saat itu bukan pada status administrator. Solusi dari masalah ini dapat dilakukan dengan mengecek serta mengubah switch user akun perangkat komputer.

Akan tetapi, jika dirasa bahwa perangkat komputer pernah membuat user account baru selain administrator. Maka penyebab tidak bisa dihapus nya file atau folder tersebut adalah bukan karena hal ini. Dengan demikian kamu harus mencoba cara lainnya untuk dapat menghapus file atau folder terkait.

Cara Menghapus Folder yang Tidak Bisa Dihapus dengan Merestart Perangkat Komputer


Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk menghapus file yang tidak bisa dihapus adalah dengan merestart perangkat komputer. Kamu dapat melakukan Cara ini Apabila cara-cara sebelumnya sudah dilakukan dan tetap tidak membuahkan hasil. Pastikan kamu dapat melakukan cara ini dengan benar. Seperti pada umumnya, lakukan dengan menekan tombol Start kemudian klik menu shutdown.

Selanjutnya pilih restart, setelah itu perangkat komputer kamu akan memulai proses restart dan tunggu selama berapa menit. Dalam hal ini perangkat komputer akan mati dan kemudian Menyala kembali. Pada  kondisi per-kondisi tersebut, komputer akan menutup semua program yang sudah aktif sebelumnya. Apabila sudah Menyala kembali maka kamu dapat mencoba untuk menghapus file atau folder terkait.

Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Bisa Dihapus dengan Masuk ke Safe Mode


Cara terakhir yang dapat dilakukan dalam hal ini tanpa menggunakan software yaitu dengan memasukkan perangkat komputer Kamu ke safe mode. Apabila merestart komputer masih tidak dapat membantu masalah ini maka kamu dapat mencoba masuk ke safe mode. Adapun cara yang dilakukan dalam hal ini adalah dengan merestart komputer dan tekan tombol F8 pada keyboard.

Lakukan langkah tersebut secara terus-menerus pada saat perangkat komputer dalam proses menyala. Dalam hal ini perangkat komputer akan masuk ke BIOS komputer. Setelah itu apabila komputer sudah menyala dan memberikan tampilan desktop, kamu dapat mencoba menghapus file atau folder yang sulit dihapus tersebut.

Perlu diketahui bahwa jika perangkat komputer berada dalam kondisi safe mode maka sistem Windows akan meminimalisir penggunaan dari service, RAM, internet, software, serta perangkat lain dalam sistemnya.

Oleh karena itu perangkat komputer yang sedang berada pada safe mode akan terlihat sangat sederhana. Melalui hal ini terkadang menghapus file atau folder yang awalnya terasa sulit akan dapat lebih mudah untuk dilakukan.

Itulah beberapa cara menghapus file yang tidak bisa dihapus tanpa software dengan sangat mudah. Apabila cara-cara diatas belum bisa mengatasi masalah ini, maka mau tidak mau kamu harus melakukannya dengan bantuan software tertentu. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA! CARA MEMBUAT FILE ZIP DI PERANGKAT ANDROID

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP