3 Cara Menghapus Alamat di Google Maps

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
cara-tambahkan-tempat-di-aplikasi-google-maps
Daftar Topik

Cara menghapus alamat di google mapsSiapa yang tak kenal dengan Google? Search engine yang satu ini memang seolah sudah menyatu dengan kehidupan manusia di era modern ini. Salah satu produk Google yang banyak digunakan dan populer di berbagai belahan dunia adalah Google Maps. Ini adalah sebuah aplikasi peta digital yang berfungsi memandu penggunanya untuk mencapai lokasi yang hendak dituju dengan berbagai pilihan moda transportasi baik berjalan, menggunakan sepeda motor, hingga mobil.

Seiring perkembangan zaman, Google Maps tentunya juga menambahkan aneka ragam fitur-fitur baru guna lebih optimal dalam membantu penggunanya. Layanan Google Maps ini dapat dinikmati tanpa harus membayar biaya apapun alias gratis. Bahkan kamu juga dapat mengaksesnya walau tanpa menggunakan paket internet bila menyalakan mode offline. Dengan berbagai upgrade fitur, maka aplikasi Google Maps ini menjadi andalan bagi banyak orang. Menemukan jalan, rumah makan, gedung pemerintahan, hingga beragam tempat wisata baik alam maupun buatan pun jadi lebih mudah dan praktis hanya dengan memanfaatkan Google Maps. Tak perlu lagi khawatir bila melancong ke tempat-tempat yang tak pernah dikunjungi sebelumnya, karena hanya dengan berbekal informasi yang disediakan oleh Google Maps secara gratis, kita tak lagi mengalami kejadian tersasar ataupun salah arah ketika berada di tempat asing yang baru saja didatangi. 

Secara umum, data yang disediakan oleh Google Maps merupakan hasil dari pemetaan yang dilakukan oleh pihak Google Maps. Pemetaannya dilakukan dengan menggunakan sumber daya manusia dan juga bantuan teknologi canggih. Tetapi, aplikasi ini tak menutup kemungkinan untuk menambahkan lokasi baru secara manual oleh penggunanya, baik melalui aplikasi mobile ataupun website yang dimiliki oleh Google Maps.

Cara menghapus alamat di google maps

Tentu saja tidak semua usulan lokasi oleh pengguna langsung disetujui oleh pihak Google, melainkan akan ditinjau terlebih dahulu mengenai kesesuaian dan juga ketepatannya. Sebab, tentunya bila asal menyetujui usulan alamat dari sembarang pengguna maka bisa jadi Google justru menyediakan informasi yang salah dan bahkan bisa saja membahayakan penggunanya, oleh sebab itu sangat penting untuk me-review usulan alamat oleh pengguna ini secara seksama. Barulah setelah proses peninjauan ini selesai dan usulan dinilai sesuai juga tepat, maka Google Maps akan menambahkan lokasi-lokasi baru. Bagaimana bila terjadi perubahan, apakah bisa menghapus lokasi di Google Maps? Tentu saja bisa, kamu hanya perlu mencoba 3 cara untuk menghapus alamat di Google Maps berikut ini. 

1. Menghapus satu alamat di Google Maps

cara menghapus alamat di google maps 1. menghapus satu alamat di google maps

Untuk menghapus satu alamat di Google Maps, kamu perlu untuk login melalui Google Bisnisku. Caranya, buka browser dan ketik Google Bisnisku pada laman pencarian. Bila sudah berada pada laman Google Bisnisku dan login menggunakan email serta password, cari menu Info di bagian kiri lalu klik. Selanjutnya, kamu perlu mengklik bagian Close or Remove This Listing. Jika sudah, maka pilih Remove Listing lalu klik Remove. Mudah sekali, bukan?

2. Menghapus banyak alamat di Google Maps

cara menghapus alamat di google maps 2. menghapus banyak alamat di google maps

Melakukan cara di poin sebelumnya tentu akan melelahkan jika alamat yang akan kamu hapus berjumlah banyak. Tenang, tak perlu khawatir harus melakukannya secara manual sebab Google menyediakan fitur untuk menghapus banyak alamat di Google Maps secara otomatis. Caranya, sama seperti poin sebelumnya, login ke akun Google Bisnis milikmu. Kemudian klik Daftar Lokasi, dan pilih beberapa alamat yang ingin kamu hapus. Lalu kamu dapat mengklik Actions > Remove Locations > Remove. Apabila cara ini tidak dapat dilakukan, maka sayangnya kamu harus kembali pada cara di poin pertama.

3. Menghapus alamat secara permanen

Dengan menggunakan kedua metode diatas, maka kamu akan menemukan bahwa ketika alamat yang telah dihapus dicari di laman pencarian milik Google, maka alamatnya akan tetap muncul, namun Google memberi notifikasi bahwa lokasi tersebut telah dihapus dan tidak dapat dikelola kembali. Nah, bagaimana jika kita ingin lokasi tersebut sama sekali tidak muncul bahkan di halaman pencarian? Tentu saja bisa. Untuk melakukannya, kamu harus terlebih dahulu login di akun Google Bisnisku. Kemudian carilah bagian Manage Locations di deretan menu sebelah kiri bawah. Di halaman baru yang muncul, pilihlah lokasi yang akan kamu hapus, lalu klik tombol Actions di bagian kanan. Selanjutnya, klik Remove Location pada menu drop down yang ditampilkan. Nah, cara ini akan membuat alamat yang kamu buat jadi terhapus secara sempurna hingga tak dapat lagi ditemukan dimanapun. 

 

Bagaimana, cukup mudah bukan? Selain mengakses Google Bisnisku dari website, kamu juga bisa membukanya melalui perangkat lain seperti menggunakan aplikasi baik di Android ataupun di iPhone, lho. Caranya juga tak jauh berbeda dengan cara di website. Jika kamu ingin menghapus lokasi yang salah ataupun tempatnya telah tutup namun alamat tersebut bukan alamat yang kamu kelola, maka hal ini juga memungkinkan untuk dilakukan, lho. Untuk melakukannya, bukalah website Google Maps dan temukan lokasi yang ingin kamu hapus alamatnya. Lalu klik Suggest An Edit.

Tandai lokasi tersebut sebagai “place is permanently closed / has never existed”. Sertakan pula alasan yang mendukung dan tepat, lalu klik submit. Selanjutnya, Google biasanya akan meninjau saran yang kamu kirimkan, dan kamu mungkin akan menerima email mengenai status permintaanmu dan juga mengajukan sejumlah pertanyaan dari tim peninjau bila ada. Jika disetujui, maka lokasi yang kamu minta untuk dihapus ini pun disetujui untuk dihapus oleh pihak Google. 

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP