Cara Menggoreng Tempe Renyah dan Gurih

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Cara-Menggoreng-Tempe-Renyah-dan-Gurih[1]
Daftar Topik

Tempe adalah salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Jadi tak heran jika masyarakat Indonesia selalu mengkonsumsi tempe menjadi olahan setiap hari. Bahkan pada hari tertentu ataupun ada sebuah event tempe menjadi menu makanan yang sering.

Akan tetapi banyak sekali para ibu rumah tangga yang tidak mengetahui bagaimana cara menggoreng tempe renyah sehingga tempe yang digoreng tidak memiliki rasa gurih sama sekali. Nah, untuk itulah dengan menyimak deskripsi dibawah ini sehingga kamu bisa menggoreng tempe renyah dan crispy.

Setiap hari makan tempe, apakah aman?

Kandungan nutrisi dari tempe cukup banyak di mana nutrisi tersebut memang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Bisa juga dikatakan jika kandungan nutrisi yang ada di dalam tempe mampu mengalahkan kandungan nutrisi yang ada di dalam daging. Tempe sendiri memang memiliki kandungan protein yang jauh lebih tinggi dibandingkan daging apalagi kandungan lemaknya jauh lebih rendah. bahkan tempe juga mengandung kalsium dan juga fosfor yang jumlahnya lebih tinggi dibandingkan dengan daging.

Terdapat beberapa kandungan yang ada di dalam tempe yang Bahkan tidak ada di dalam daging contohnya seperti serat, karbohidrat, biotin, piroksitin, asam pantotenat, riboflavin, dan juga niacin. bahkan tempe memiliki kandungan besi serta vitamin b12 yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan daging sehingga tempe ini juga sangat aman dikonsumsi setiap hari.

Mengonsumsi tempe rupanya memberikan banyak manfaat lho!

Perlu untuk kamu ketahui jika tempe merupakan salah satu sumber protein yang pastinya sangat cocok sekali bagi para vegetarian yang mana tempe ini menjadi pengganti dari daging. Bahkan setiap dari 100 gram tempe telah mengandung kurang lebih 20 gram protein yang mana jumlah tersebut sudah mampu memenuhi kebutuhan protein harian bagi orang dewasa yang mencapai. Dikarenakan tidak memiliki kandungan lemak seperti daging tentunya tempe ini sangat cocok untuk kamu konsumsi jika melakukan proses diet.

Dikarenakan tempe memiliki banyak kandungan nutrisi yang memenuhi kebutuhan, maka tempe salah satu makanan yang paling cocok menjadi antioksidan. Terlebih lagi setiap hati tubuh akan terpapar radikal bebas yang bisa membuat tubuh terkena berbagai macam penyakit. Bahkan radikal bebas juga bisa mengakibatkan kanker. Meskipun tempe digoreng pun kandungan nutrisinya tidak akan hilang.

Baca Juga: INI DIA RESEP TEMPE MENDOAN KRISPI TERLENGKAP

Trik menggoreng tempe yang gurih dan krispi

Untuk kamu yang penasaran bagaimana cara menggoreng tempe renyah, pastikan kamu menggunakan tepung sebagai bahan tambahan ketika menggorengnya. Agar tidak berlama-lama lebih baik kamu menyimak langkah dibawah ini:

  • Untuk langkah yang pertama kamu harus menyediakan 1 papan tempe, 3 sendok makan terigu, 1 sendok makan tepung maizena, 2 siung bawang putih, 1 sendok teh ketumbar bubuk, 1 sendok teh kaldu bubuk, air secukupnya, dan juga minyak untuk menggoreng.
  • untuk langkah yang selanjutnya kamu harus memotong tipis tempe atau bisa juga sesuai dengan selera.
  • Selanjutnya kamu harus mencampurkan semua bumbu yang telah disiapkan ke dalam tepung terigu maizena. Tuangkan sedikit air lalu aduk hingga adonan sedikit lebih kental.
  • Lalu celupkan tempe yang telah dipotong tadi ke adonan tepung tersebut lalu goreng hingga warnanya kuning keemasan. Jika sudah matang segeralah untuk mengangkat dan meniriskan tempe goreng tersebut.

Untuk resep dari menggoreng tempe yang renyah berikutnya kamu pun harus menyiapkan 1 papan tempe, 5 lembar daun jeruk, siapkan daun bawang, 5 sendok makan makan tepung terigu, 4 sendok makan tepung beras, 5 siung bawang putih 4 siung bawang merah 1 sendok teh ketumbar sedikit merica dan juga kunyit.

  • Untuk langkah yang pertama semua bumbu tersebut diblender dan di aduk bersama dengan terigu yang telah diberikan air. Jangan sampai lupa memasukkan garam pada adonan tepung terigu tersebut.
  • Jika sudah jangan lupa memasukkan daun jeruk dan juga daun bawang yang telah dipotong ke dalam adonan tepung terigu.
  • Langkah yang berikutnya ialah potonglah tempe sesuai dengan keinginan.
  • Kemudian celupkan tempe tersebut ke dalam adonan yang telah dibuat, lalu goreng ke dalam minyak panas.
  • Diamkan sampai tempe bewarna kuning dan matang, jika sudah maka angkat dan tiriskan.
  • Dan tempe renyah pun sudah suap untuk disajikan

Nah, itulah sekilas info yang dapat diberikan kepada kamu tentang cara menggoreng tempe renyah. Semoga dengan adanya ulasan diatas, bisa memberikan bantuan dan manfaat bagi para ibu yang ingin membuat tempe goreng renyah.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA