3 Cara Mengganti Profil Zoom dengan Mudah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
cara mengganti profil zoom 1. Ganti foto profil Zoom di HP
Daftar Topik

Cara mengganti profil zoomSejak pandemi Covid-19 melanda, ada banyak hal yang turut berubah seiring dengan semakin terbatasnya interaksi antar manusia secara langsung. Sejumlah kegiatan yang biasanya dilakukan secara tatap muka sebelum adanya pandemi, mau tidak mau harus dihentikan dan dialihkan dalam bentuk komunikasi lain dengan menggunakan media sebagai salurannya. Salah satu hal yang sangat terdampak dengan adanya pandemi ini tentunya adalah proses belajar mengajar. Ditutupnya sekolah-sekolah membuat para siswa terhambat proses belajarnya. Namun, proses belajar ini tentu tak boleh berhenti total, oleh sebab itu pada akhirnya proses belajar ini tetap dilangsungkan secara daring dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. 

Dalam proses belajar mengajar daring, salah satu aplikasi yang cukup banyak digunakan tentu saja adalah Zoom. Aplikasi yang satu ini pada dasarnya adalah aplikasi yang memungkinkan para penggunanya untuk melakukan conference melalui audio dan video secara serentak dalam sebuah ruang digital atau meeting room yang telah dibuat. Biasanya, Zoom ini dimanfaatkan oleh para pengajar untuk memberikan materi dan menjelaskan secara lisan kepada para siswanya, juga untuk rapat koordinasi antar pengajar dan juga stakeholder sekolah. Tak hanya proses belajar mengajar di sekolah saja lho yang memanfaatkan adanya Zoom ini. Beberapa tutor, coach, dan praktisi di berbagai bidang juga memanfaatkannya untuk mengadakan seminar-seminar daring atau yang lebih populer disebut sebagai webinar. Bahkan, sejumlah kantor-kantor besar baik instansi pemerintah ataupun swasta juga menggunakan Zoom untuk mengadakan rapat-rapat penting. 

Cara Mengganti Profil Zoom

Sebagai pengguna Zoom, identitas yang jelas tentu diperlukan saat bergabung dalam sebuah meeting. Selain nama yang jelas, foto profil juga berperan untuk mempermudah orang lain di ruang rapat digital tersebut untuk mengenalimu. Nah, bagaimana jika foto profil Zoom milikmu saat ini kurang sesuai dan kamu ingin merubahnya? Yuk simak 3 cara mengganti foto profil Zoom berikut ini, dijamin gampang banget, lho. 

1. Ganti foto profil Zoom di HP

cara mengganti profil zoom 1. Ganti foto profil Zoom di HP

Cara paling mudah dan praktis dalam mengganti foto profil Zoom tentu saja dengan menggunakan perangkat yang paling sering kita gunakan dalam keseharian kita dan mudah untuk dibawa kemana saja. Ya, kita bisa mengganti foto profil Zoom melalui handphone yang ada dalam genggaman. Caranya mudah saja, pertama tentu kamu harus menghidupkan HP milikmu. Pastikan bahwa aplikasi Zoom sudah terinstall dan telah terupdate ke versi terbaru. Jika belum, download terlebih dahulu aplikasi Zoom di Playstore.

Kamu juga harus mendaftar dan memiliki akun Zoom aktif. Bila sudah, maka bukalah aplikasi Zoom. Login ke akun Zoom milikmu dengan menekan tombol Sign In. Selanjutnya, pada halaman awal aplikasi Zoom, pilihlah menu Settings yang berada di pojok kanan bagian bawah. Di bagian Settings ini, klik profil Zoom, kemudian akan muncul bagian My Profile. Untuk mengganti foto profil, pilih menu Profile Photo, kemudian pilih Change Profil Photo. Kamu bisa memilih pilihan Take Photo untuk mengganti foto profil tersebut dengan hasil jepretan kamera HPmu secara langsung, atau bisa juga memilih foto yang telah tersedia di galeri HP dengan memilih opsi Choose Photo. Mudah sekali, bukan?

Baca Juga: 3 Cara Screenshot Panjang di Whatsapp Pakai Aplikasi

2. Ganti foto profil Zoom di PC/Laptop

cara mengganti profil zoom 2. Ganti foto profil Zoom di PC

Selain bisa menggantinya melalui HP, kamu juga bisa mengubahnya melalui PC atau laptop. Caranya relatif tak jauh berbeda. Langkah pertama tentu saja menghidupkan PC atau laptop, kemudian jalankan aplikasi Zoom Desktop. Sama seperti cara di poin sebelumnya, kamu harus sudah mengunduh dan menginstall aplikasi Zoom untuk desktop serta memiliki akun Zoom aktif. Selanjutnya, setelah aplikasi berjalan, maka login-lah dengan menggunakan ID akun Zoom yang kamu miliki. Lalu, pilih ikon Settings. Pada bagian Settings, pilih menu Profile dan pilih ikon Profile Photo Zoom milikmu. Setelahnya, kamu hanya perlu mengklik opsi Change Picture untuk mengganti profil Zoom dan pilihlah foto yang ingin kamu jadikan foto profil dari folder penyimpan. Jika sudah memilihnya, maka tinggal klik tombol Save dan voila! Foto profil Zoom milikmu pun sudah berganti dengan yang baru. 

3. Ganti foto profil Zoom lewat Web

Beberapa pengguna memiliki kesulitan untuk menginstall Zoom karena masalah perangkat, ruang penyimpanan tak memadai, dan beragam masalah teknis lainnya. Bila kamu termasuk salah satunya, maka tak usah khawatir karena proses mengganti foto profil ini juga bisa dilakukan tanpa harus menginstall aplikasi, cukup hanya dengan mengakses Zoom via web. Caranya adalah kunjungi situs zoom.us melalui browser. Jika laman telah terbuka, maka klik tombol Sign In. Login ke akun Zoom dengan menggunakan email dan password, lalu klik halaman Account. Pilih menu Profile, lalu klik pada ikon foto profil Zoom milikmu. Klik Change dan pilih foto yang akan kamu gunakan sebagai foto profil Zoom, lalu jangan lupa untuk klik Save. 

Jika tiga cara diatas adalah cara mengubah foto profil Zoom sebelum memulai meeting, maka bagaimana jika terlanjur join meeting dan ingin mengubah foto profil saat meeting sedang berlangsung? Jangan khawatir. Kamu hanya perlu memilih menu Participants. Akan muncul daftar peserta meeting tersebut, carilah nama akunmu lalu klik tombol More>. Pilih opsi Edit Profile Picture lalu klik Change Picture dan pilihlah gambar pengganti foto profil lamamu di folder penyimpan yang ada di PC/Laptop. Jika sudah memilih, maka jangan lupa untuk menekan tombol Save agar perubahan yang kamu buat tersimpan, ya. 

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP