Cara Menggabungkan Subtitle Dengan Film Secara Permanen Tanpa Software

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
subtitle film
Daftar Topik

Menonton film merupakan salah satu hiburan yang ampuh dan digemari oleh banyak orang. Selain itu setiap orang juga bebas memilih berbagai macam film mulai dari genre horor, romantis, komedi, dan lain sebagainya. Terdapat banyak sekali film yang dapat ditonton mulai dari film dalam negeri hingga luar negeri.

Jika ingin menonton film luar negeri pasti akan terkendala dengan adanya perbedaan bahasa. Hal tersebut tentu dapat diatasi dengan adanya subtitle sehingga dapat mengetahui serta memahami jalannya cerita dalam film. Namun tidak semua penyedia film luar negeri menyertakan subtitle pada filmnya. Berdasarkan hal tersebut tentu kamu akan bingung untuk bisa menonton film dengan adanya subtitle.

Kamu tidak perlu bingung dan akan tetap dapat menonton film luar dengan adanya subtitle. Dalam hal ini terdapat cara yang sangat mudah untuk bisa menyertakan subtitle dalam sebuah film. Lebih lanjut cara menggabungkan subtitle dengan film secara permanen tanpa software maupun dengan software dapat dipahami melalui ulasan berikut ini.

Cara Menggabungkan Subtitle Dengan Film Tanpa Software

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk dapat menggabungkan subtitle dengan film secara permanen yaitu tanpa menggunakan software. Cara ini dapat dilakukan dengan sangat mudah dan paling umum dilakukan. Langkah pertama yang dilakukan dalam hal ini yaitu tentu kamu harus menyediakan film atau video beserta subtitlenya.

Apabila penyedia film tidak menyertakan subtitle maka kamu dapat mencarinya dengan mengetikkan kata kunci terkait subtitle dari film di mesin pencarian google. Setelah itu, pastikan juga bahwa subtitlenya memiliki ekstensi .ass atau .srt. Jika masih menggunakan ekstensi lainnya maka ubah terlebih dahulu ke ekstensi tersebut.

Jika sudah maka Letakkan film atau video beserta subtitle yang ingin digabungkan pada satu folder khusus. Setelah itu ubah kedua nama file tersebut baik pada video maupun subtitlenya dengan nama yang sama. Lakukan langkah tersebut dengan mengklik kanan file subtitle dan pilih rename.

Kemudian pastekan nama film yang telah di copy sebelumnya sehingga nama dari kedua file tersebut akan sama persis. Jika sudah kamu dapat langsung membuka film serta mengecek hasilnya. Kamu akan mendapatkan film tersebut sudah dilengkapi dengan subtitle dan dapat menikmati film tersebut.

Akan tetapi cara ini juga memiliki kekurangan yaitu apabila kamu menghapus subtitlenya. Maka secara otomatis subtitle pada film juga akan hilang. Oleh karena itu apabila kamu ingin subtitle tersebut terpasang secara permanen pada film. Maka pastikan untuk tetap menyatukan kedua upaya dengan nama yang sama serta tidak menghapusnya.

Cara Menggabungkan Subtitle Dengan Film Secara Permanen Menggunakan Software

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa cara menggabungkan subtitle dengan film juga dapat dilakukan menggunakan bantuan software. Dalam hal ini terdapat dua jenis software yang bisa digunakan. Jenis software yang pertama yaitu secara softsub atau belum permanen.

Berdasarkan hal tersebut subtitle akan dapat dipilih untuk diaktifkan atau dinonaktifkan pada penggunaannya. Jenis yang kedua yaitu hardsub atau secara permanen. Pada jenis software yang kedua tersebut subtitle yang digabungkan dengan film nantinya sudah tidak bisa dipisah.

Adapun aplikasi jenis yang kedua tersebut terdiri dari Megui, Any Video Converter, dan Format Factory. Pada cara yang akan dijelaskan kali ini akan dipilih software jenis hardsub dan menggunakan aplikasi Format Factory. Akan tetapi kekurangan dari cara ini adalah harus dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer yang memiliki spesifikasi tinggi.

Hal tersebut dilakukan agar proses penggabungan subtitle dengan filmnya dapat berjalan dengan cepat. Akan tetapi jika proses hardsub dilakukan pada video yang memiliki durasi berapa menit saja. Maka dapat menggunakan perangkat komputer yang memiliki spesifikasi standar.

Langkah pertama yang dilakukan dalam hal ini yaitu mendownload aplikasi Format Factory terlebih dahulu. Adapun versi yang dapat digunakan yaitu format factory 4.4.1.0. Setelah itu letakkan file video beserta subtitlenya pada satu folder khusus yang sama. Selain itu atur agar keduanya baik video maupun subtitlenya memiliki nama yang sama persis.

Kemudian Buka aplikasi Format Factory hingga muncul tampilan depan. Setelah itu cari dan pilih format video yang akan di hardsub nantinya. Dengan kata lain apabila format video yang digunakan MP4 maka kamu harus memilih format mp4 pada aplikasi ini. Setelah itu akan muncul jendela baru dan Klik tombol add file.

Kemudian kamu akan diarahkan untuk memilih video yang akan di hardsub. Jika sudah dipilih maka tekan tombol output setting. Setelah itu pada Additional subtitle kamu harus mengganti tipenya menjadi automatic. Selain itu atur font color nya menjadi off dan pilih default pada subtitle font sizenya.

Jika sudah langsung tekan oke kemudian klik ok lagi dan lanjutkan dengan memilih videonya. Klik start untuk dapat memulai prosesnya dan Tunggu selama beberapa saat hingga proses selesai. Jika sudah maka kamu dapat melihat videonya dengan cara mengklik kanan lalu pilih view source file. Dengan demikian kamu akan mendapatkan subtitle yang telah digabung dengan film secara permanen.

Itulah cara menggabungkan subtitle dengan film secara permanen tanpa software dan menggunakan software. Semoga bermanfaat.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP