Cara Menggabungkan File Word Tanpa Merubah Format

0

Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi yang sangat berguna dan membantu terutama untuk membuat suatu dokumen penting. Akan tetapi suatu dokumen atau laporan biasanya disusun secara terpisah-pisah karena memiliki format yang berbeda. Pada umumnya laporan tersebut terdiri dari cover, kata pengantar, daftar isi, Bab 1 hingga bab 4, serta lampiran.

Setelah masing-masing bagian tersebut sudah dapat terselesaikan tentu semuanya harus digabungkan menjadi 1 bagian. Sebagian orang mungkin akan dihadapkan oleh masalah dalam Menggabungkan beberapa file word tersebut.

Padahal cara penggabungan tersebut dapat dilakukan dengan mudah jika menjalankannya dengan cermat. Agar dapat memahaminya lebih jelas berikut ini merupakan cara menggabungkan file Word tanpa mengubah format yang perlu diketahui.

Cara Menggabungkan Beberapa File Word Menjadi Satu Tanpa Mengubah Format


Seperti yang diketahui bahwa beberapa file Word yang memiliki format halaman berbeda harus disatukan agar membentuk sebuah laporan. Berdasarkan hal tersebut terdapat file word yang memiliki format tanpa halaman yaitu terdapat pada cover. Format halaman berupa angka Romawi yang biasanya terdapat pada kata pengantar, daftar isi, daftar singkatan, abstrak dan lain sebagainya.

Selain itu juga ada yang memiliki format halaman Biasa yaitu angka pada umumnya. Apabila ketiga dokumen terpisah tersebut disatukan, maka formatnya pasti akan tidak karuan.

  1. Langkah pertama untuk dapat Menggabungkan beberapa file dengan berbeda format tersebut adalah Buka aplikasi Microsoft Word. Dalam cara ini contoh dilakukan dengan menggunakan Microsoft Word versi 2013. Jika menggunakan versi lainnya mungkin akan sedikit berbeda pada tampilan nya saja.
  2. Setelah membuka aplikasi tersebut maka langkah selanjutnya adalah memastikan kursor berada pada baris terakhir halaman pertama.
  3. Pilih menu page layout yang terletak pada toolbar yaitu bagian atas halaman. Setelah itu lanjutkan dengan memilih Breaks dan klik opsi Page. Setelah itu tampilan akan berubah dimana pada awalnya hanya terlihat satu halaman, akan berubah menjadi dua halaman. Pastikan bahwa kursor berada pada baris terakhir dari halaman kedua.
  4. Langkah selanjutnya yaitu pilih menu page layout yang terdapat pada toolbar.
  5. Kemudian pilih break dan selanjutnya tekan tombol next page. Dokumen word yang ditampilkan akan berubah kembali yaitu yang awalnya terdiri dari 2 halaman bertambah menjadi 3 halaman.
  6. Kemudian klik dua kali pada bagian footer hingga muncul tampilan untuk mengedit pada bagian footer nya saja.
  7. Langkah selanjutnya beralih ke toolbar design, harus diklik sehingga akan tampil bentuk-bentuk footer yang dapat dipilih. Dalam hal ini kamu dapat memilih Salah satu bentuk footer tersebut sesuai yang diinginkan. Kemudian tampilan akan berubah pada bagian bawahnya sesuai dengan bentuk tadi yang dipilih. Akan tetapi dalam hal ini dokumen Word hanya dapat menampilkan satu jenis format saja. Selain itu halaman yang ditampilkan juga berupa angka seperti biasa yaitu 1, 2, 3, dan seterusnya.
  8. Berdasarkan hal tersebut format halaman harus diubah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Format pertama yang harus diubah dalam hal ini yaitu mengubah halaman pertama menjadi halaman cover. Langkah awal untuk melakukannya yaitu pastikan terlebih dahulu bahwa kursor berada pada halaman pertama. Selanjutnya pilih menu design pada toolbar dan lanjutkan dengan menekan tombol different first page hingga muncul tanda ceklis.

Setelah melakukan langkah tersebut maka format pada halaman pertama akan menghilang atau tidak memiliki format halaman. Sementara itu apabila Kamu ingin mengubah format halaman dari format angka menjadi format Romawi maka alihkan kursor pada halaman yang ingin diubah.

Seperti daftar isi yang dilanjutkan dengan kata pengantar serta halaman lainnya. Langkah selanjutnya yaitu klik page number pada toolbar menu design dan lanjutkan dengan memilih format page number. Setelah itu akan muncul tampilan dimana dalam hal ini kamu harus mengubah number format dari angka menjadi bentuk Romawi. Jika sudah maka tekan tombol ok dan format halaman kamu akan berubah menjadi Romawi.

Langkah yang terakhir yaitu mengubah halaman tertentu pada dokumen Word menjadi halaman pertama dari laporan. Misalkan saja halaman ke-10 dari dokumen word akan diubah menjadi format angka dari awal halaman pertama. Sama seperti biasa pastikan bahwa kursor berada pada halaman yang ingin diubah formatnya.

Kemudian pada toolbar design pilih page number dan lanjutkan dengan mengklik format page number. Jika sudah dilakukan maka akan muncul kembali tampilan seperti sebelumnya.

Di mana dalam hal ini kamu harus mengubah number format menjadi angka. Pastikan untuk mengklik start at dengan menuliskan Angka 1 pada kolom yang tersedia. Jika sudah maka tekan OK dan format halaman tersebut akan berubah menjadi halaman nomor satu.

Itulah cara menggabungkan file Word tanpa mengubah format yang sangat mudah untuk dilakukan.

BACA JUGA!

Cara Membuat Daftar Tabel Otomatis di Microsoft Word Dengan Mudah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here