Cara Mengetahui Bandwidth Speedy yang Kita Gunakan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
5. hasil tes
Daftar Topik

Cara mengetahui bandwidth speedy yang kita gunakan. Di era modern dan serba teknologi ini, internet mulai menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Karenanya banyak sekali operator dan provider yang bersaing dan menawarkan berbagai kebutuhan internet kita dengan jumlah kuota, kecepatan bandwidth, dan harga yang beragam untuk kenyamanan para penggunanya. Untuk mengetahui lebih detail bagian penting apa saja yang harus kita perhatikan saat berselancar di internet, yuk simak informasi di bawah ini.

Bagian Penting untuk Berinternet

1. kecepatan bandwidth

Jumlah Kuota

Besarnya kuota merupakan salah satu bagian penting dalam berinternet karena hal tersebut menentukan seberapa besar dan lama kita dapat menggunakan alokasi data yang tersedia untuk internet. Berbagai operator dan provider menawarkan besaran internet dengan harga yang beragam pula. Adapun yang perlu kamu perhatikan adalah jangka waktu untuk menggunakan kuota tersebut. Jangka waktunya pun beragam. Ada yang bisa dipakai hanya untuk malam hari, sehari, 3 hari, seminggu, sebulan, 6 bulan dan setahun.

Kecepatan Bandwidth

Bandwidth sendiri merupakan bagian penting lainnya dalam berselancar di Internet karena besarnya bandwidth mempengaruhi seberapa cepat kita dapat mengakses website di internet. Di era serba online seperti ini, kecepatan bandwidth sangat penting untuk streaming video YouTube atau mengikuti online conference dengan Zoom, Google Meet, dan lain-lain. Karenanya mulai banyak provider yang menawarkan, tidak hanya paket jumlah kuota, tapi juga paket dengan kecepatan bandwidth. Misalnya, paket 1,5 Mbps yang memungkinkan kamu untuk streaming video berkualitas 480p dan mengikuti online conference.

Harga Paket Internet

2. kecepatan bandwidth

Harga paket internet juga merupakan bagian penting karena kamu perlu menyesuaikan paket internet kamu dengan kebutuhan dan budget yang ada. Paket internet yang ditawarkan pun beragam. Mulai dari paket kuota dan kecepatan bandwidth yang telah disebutkan sebelumnya, lalu ada paket kuota malam, paket internet untuk belajar, sosial media, online conference, paket ketengan dan masih banyak lagi. Dengan budget mulai dari Rp1000,- hingga Rp200.000,- kamu bisa mendapatkan paket data selama sebulan yang memungkinkan kamu belajar dan bekerja dengan nyaman di rumah.

Pembatasan sosial mengharuskan kamu belajar atau bekerja di rumah dan menggunakan internet untuk beraktivitas. Untuk menghemat pengeluaran penggunaan internet, pasti kamu telah berlangganan kepada operator atau provider, mulai dari IndiHome Speedy, Telkomsel, XL, 3 (Three), First Media, dan masih banyak lagi.  Hal yang penting dan perlu kamu perhatikan ketika berlangganan adalah kamu harus mengetahui kecepatan bandwidth internet yang kamu gunakan. Kamu harus memastikan apakah kecepatan bandwidthnya sesuai dengan paket langganan yang kamu bayar.

Mengetahui kecepatan bandwidth sangat penting untuk dilakukan mengingat tingginya kebutuhan akan internet, terutama penggunaan bandwidth untuk nirkabel atau lebih dikenal sebagai Wi-Fi karena masih banyak pengguna internet yang ingin mengakses data gratis melalui jaringan Wi-Fi. Sebagai pengguna internet, banyak di antara kamu yang mungkin merasa bahwa kecepatan internet yang kamu pakai tidak sesuai dengan paket internet yang kamu beli. Jika kita mengecek kecepatan bandwidth, nantinya kita akan mengetahui alasan jaringan internet kita lelet. Apakah karena kecepatan bandwidth-nya tidak sesuai dengan paket internet yang kita pilih atau karena ada orang lain yang memakainya tanpa izin dan ingin memakai jaringan nirkabel secara gratis.

3. mulai cek

Ada cara tepat untuk mengetahui kecepatan bandwidth provider atau operator yang kita gunakan. Cara di bawah ini dapat menggambarkan kepada kita apakah kecepatan bandwidth-nya telah sesuai dengan paket internet yang kita beli. Tak ada salahnya untuk mengecek kecepatan bandwidth kamu secara berkala dengan berbagai situs yang ada. Berikut adalah situs-situs yang dapat kamu gunakan untuk mengukur kecepatan bandwidth kamu.

  • www.netmeter.eu.
  • http://testmy.net.
  • www.speedtest.net.
  • www.broadbandspeedchecker.co.uk.
  • www.speakeasy.net/speedtest/.
  • www.att.com/speedtest/.
  • http://speedtest.comcast.net/.
  • www.bandwidthplace.com.
  • http://speedtest.net.in/.
  • http://speedof.me/

4. menunggu hasil tes

Situs-situs di atas memiliki berbagai kelebihan dan fiturnya masing-masing. Dalam Tutorial di bawah ini, kita akan menggunakan situs speedtest untuk mengukur kecepatan bandwidth. Layanan situs speedtest memiliki beberapa kelebihan, misalnya tampilan antarmuka yang sederhana dan memberikan kemudahan bagi penggunannya. Selain itu, speedtest juga menawarkan berbagai fitur yang bisa kamu gunakan dengan mudah. Untuk mengetahui cara mengukur bandwidth dengan speedtest, yuk simak informasi di bawah ini!

Cara Mengetahui Bandwidth IndiHome Speedy

  1. Buka browser pc/laptop/ponselmu. Kunjungi situs https://www.speedtest.net/id
  2. Pada halaman yang telah terbuka, klik GO/MULAI.
  3. Penting untuk diingat! Kalau kamu ingin mendapatkan hasil kecepatan bandwidth yang akurat, kamu disarankan untuk menghentikan seluruh aktivitas internet kamu ketika tes ini berlangsung.
  4. Setelah klik GO/MULAI dan menunggu beberapa saat, maka akan muncul hasil dari tes di atas. Di bawah ini adalah contoh hasilnya beserta dengan keterangannya.
    Keterangan:
    Ping: 12 ms
    Download speed / Kecepatan unduh: 25.45 Mbps
    Upload speed / Kecepatan unggah: 22.04 Mbps
  5. Selesai! Kamu telah mendapatkan dan mengetahui hasil tes kecepatan bandwidth-mu.

5. hasil tes

Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah ketika kamu melakukan tes kecepatan bandwidth, ada faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil dari tes tersebut, misalnya spesifikasi komputer dan kualitas jaringan di daerah tempat kamu tinggal, terutama hal tersebut akan berpengaruh pada kecepatan internet yang menggunakan USB modem.

Itulah langkah-langkah cara mengetahui bandwidth speedy yang kita gunakan yang dapat kamu ikuti untuk mengetahui kecepatan bandwidth dari provider, utamanya IndiHome Speedy yang kamu gunakan. Tidak hanya untuk provider IndiHome Speedy, situs dan cara di atas juga dapat digunakan untuk pengguna provider dan operator lain. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu, ya! 

Baca juga:

Cara Mengatasi Wifi Lemot di Laptop Dengan Mudah

septirm
septirm
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP