Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus di Android Tanpa Root

0

Tidak sedikit orang yang masih memanfaatkan SMS untuk berkomunikasi dengan orang lain. Meski saat ini banyak aplikasi chatting yang berkembang seperti whatsapp, WeChat, facebook, twitter, telegram, line, dan lain sebagainya namun pilihan menggunakan SMS masih sangat diperlukan terlebih lagi jika kamu berada di wilayah atau tempat yang kesulitan dalam mengakses internet.

SMS yang terlalu banyak terkadang membuat kita asal-asalan dalam menghapus pesan masuk sehingga terkadang secara tidak sengaja menghapus beberapa pesan penting yang seharusnya masih disimpan. Saat kamu tak sengaja menghapus pesan penting pastinya kamu merasa kebingungan dan panik serta mencari berbagai cara untuk mengembalikan pesan yang terhapus tersebut.

Terlebih lagi jika pesan yang terhapus berkaitan dengan urusan bisnis yang penting. Lalu, bagaimanakah cara mengembalikan SMS di hp Android tanpa melakukan root? Silahkan simak beberapa cara di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus dengan MobiKin Doctor


Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan SMS yang terhapus di Android tanpa root yaitu dengan menggunakan aplikasi MobiKin Doctor. Aplikasi MobiKin Doctor merupakan aplikasi yang mudah digunakan sekaligus terbaik untuk mengembalikan SMS yang terhapus. Untuk menjalankan aplikasi ini, kamu memerlukan sebuah PC.

Hal yang pertama kali harus kamu lakukan yaitu mendownload dan menginstall aplikasi MobiKin Doctor. Kemudian lakukan beberapa tahapan di bawah ini :

  1. Sambungkan hp Android kamu dengan PC menggunakan kabel data dan buka aplikasi MobiKin Doctor yang telah terinstall. Secara otomatis, aplikasi akan mendeteksi perangkat hp Android. Jika proses pendeteksian telah selesai maka pada pojok kiri atas aplikasi akan terlihat jenis hp Android kamu.
  2. Aplikasi akan menampilkan data dari hp Android setelah terhubung. Pada layar monitor akan terlihat detail dari hp android kamu. Kemudian pilihlah “pesan” untuk mengembalikan SMS kamu yang terhapus.
  3. Untuk mengambil data pesan yang tersimpan maka aplikasi akan melakukan scanning serta meng-recoverynya ke dalam hp android. Maka kamu harus menunggu beberapa saat hingga proses selesai. Jika proses scanning telah selesai maka kamu dapat mengecek pesan yang masuk satu per satu.
  4.  Kembalikan SMS yang kamu butuhkan maka secara otomatis data akan tersimpan dalam PC. Agar lebih mudah dalam mencari data yang kamu inginkan, maka buatlah folder baru untuk data SMS tersebut. Bukalah SMS yang disimpan dan proses pengembalian pesan telah berhasil dilakukan.

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus Melalui X-Plore


  1. Jika ponsel kamu menyediakan fasilitas Hex Viewers maka kamu dapat membukanya melalui File Manager, misalnya saja X-Plore. Namun, jika kamu belum memilikinya, maka download X-Plore terlebih dahulu pada hp android kamu dan install.
  2. Setelah aplikasi X-Plore terinstall maka buka aplikasi kemudian buka Folder Mail yang berada pada Folder System.
  3. Untuk memunculkan Folder System maka pilihlah menu à tools à configuration atau kamu bisa langsung menekan tombol 0.
  4. Temukan folder System Mail dan bukalah setiap foldernya karena folder tersebut berisi pesan keluar dan pesan masuk yang ada pada hp android kamu. Melalui folder-folder tersebut, kamu akan menemukan pesan yang belum maupun yang sudah kamu hapus.
  5. Pilih file yang ingin kamu baca kemudian pilih menu à file à hex viewer. Pada kolom ketiga pada sisi kiri kamu, akan terlihat SMS kamu sudah dapat terbaca kembali.

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus Menggunakan SMS Backup & Restore


  1. Download aplikasi SMS Backup & Restore yang ada di Playstore
  2. Setelah aplikasi SMS Backup & Restore terinstall maka pilihlah menu Get Started untuk memulai menjalankan aplikasi tersebut kemudian pilih Set Up A Backup
  3. Terdapat menu yang akan menawarkan ingin mengembalikan SMS atau telepon, kamu dapat memilih salah satu atau keduanya kemudian pilih Next
  4. Kemudian aktifkan Google Drive dan pilih menu Next lagi
  5. Kamu akan diminta untuk login ke akun gmail yang kamu miliki kemudian masuklah ke akun gmail kamu
  6. Namai folder dengan nama SMS untuk memudahkan kamu dalam mencarinya. Pada bagian Delete Permanently jangan lupa beri tanda centang. Jika sudah, pilih Next
  7. Kemudian akan muncul kotak dialog informasi, beri tanda centang pada Over Wi-Fi dan Google Drive kemudian pilih Next
  8. Setelah berhasil maka akan muncul pilihan kapan waktu yang ingin kamu gunakan untuk mengembalikan SMS kamu yang terhapus, apakah Daily (Hari Ini), Weekly (Minggu ini) atau Hourly (Selama bulan ini) dan pilih salah satunya. Setelah memilih salah satu maka pilih menu Back Up Now.
  9. Setelah proses BackUp selesai maka kamu dapat melihat folder SMS yang kamu buat sebelumnya
  10. Maka SMS yang tadinya terhapus akan kembali lagi ke hp Android kamu

Selain ketiga cara di atas terdapat beberapa aplikasi yang juga dapat kamu gunakan untuk mengembalikan SMS kamu yang terhapus di hp android misalnya GT SMS Recovery, Wondershare Dr. Fone, MyJad Android SMS Recovery, dan lain sebagainya. Itulah beberapa cara mengembalikan SMS yang terhapus di android tanpa root yang dapat kamu coba.

BACA JUGA!

Cara Instal Printer Epson L360 Tanpa CD