Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Android Tanpa Root

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
mobile trans
Daftar Topik

Sekarang ini smartphone bagi sebagian orang dijadikan andalan untuk menyimpan berbagai macam file. Apalagi kapasitas memori internal yang tersedia pada smartphone terbaru sekarang ini cukup besar. Namun, pada saat Kamu menyimpan file di smartphone Android tidak bisa memastikan bahwa file itu aman dari adanya risiko hilang.

Penyebab file hilang ada banyak. Mulai dari karena virus atau kelalaian diri sendiri seperti menghapus file yang seharusnya tidak perlu dihapus. Apalagi jika file-file tersebut terhapusnya secara permanen. Kamu tidak perlu khawatir karena file yang sudah terhapus secara permanen di Android bisa dikembalikan tanpa root. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Secara Permanen Tanpa Rootdi Android

Kecerobohan terhadap berbagai macam file seringkali dilakukan oleh banyak orang. Baik itu secara sengaja dihapus ataupun tidak. Pada saat dalam kondisi seperti ini Kamu tidak usah khawatir. Kamu masih bisa mengembalikan file yang sudah terhapus secara permanen di Android tanpa root. Ada berbagai macam metode yang bisa Kamu lakukan, yaitu meliputi:

Menggunakan Recuva

Cara pertama yang bisa Kamu lakukan untuk mengembalikan file yang sudah terhapus permanen di Android tanpa root yaitu menggunakan Recuva langkah-langkahnya:

  • Download aplikasi Recuva jika belum memilikinya. Jika sudah memiliki aplikasi Recuva, jalankanlah aplikasi tersebut. Kemudian sambungkanlahdengan memakai kabel USBke perangkat Android.
  • Langkah selanjutnya yaitu pilihlah jenis file yang ingin Kamu kembalikan di Android. Jika merasa bingung, maka untuk mengembalikan seluruh jenis fileKamu bisa memilih All Files.
  • Kemudian pilihlah lokasi atau tempat terakhir dari file sebelum hilang karena terhapus.Sesudah lokasinya ditentukan, untuk memulai proses pencarian file yang hilang di Android klik OK.
  • Aplikasi nantinya akan melakukan scanning, lalu mengenali file tersebut. Tunggulah selama beberapa saat sampai proses selesai dan sampai file yang hilang telah kembali.

Menggunakan Wondershare Mobile Trans

Cara berikutnya yang bisa diterapkan adalah menggunakan Wondershare Mobile Trans, langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama install Wondershare Mobile Trans di laptop atau komputer Kamu. Kemudian sambungkanlah memakai kabel USB perangkat Android ke komputer.
  • Aktifkan mode USB debugging di smartphone Kamu.
  • Pada tahap ini, smartphone sudah terhubung ke aplikasi. Kemudian,pilihlah file manakah yang ingin Kamu kembalikan.
  • Sesudah selesai memilih, aplikasi akan melakukan scanningsecara otomatis. File-file yang hilang akan muncul kembali. Setelah itu, klik Recover ketika telah selesai menentukan file-file mana sajakah yang ingin dikembalikan.

Menggunakan MobiKin Doctor

Selain kedua cara diatas, Kamu bisa menggunakan MobiKin untuk mengembalikan file yang sudah terhapus secara permanen di Android, langkah-langkahnya:

  • Install MobiKin pada perangkat komputer Kamu jika belum menginstallnya.
  • Sambungkanlah Android ke komputer, lalu mode USB debuggingpada smartphone diaktifkan.
  • Kemudian Kamu bebas memilih file-file yang ingin dikembalikan. Jika sudah,selanjutnya klik Recover.

Menggunakan Aplikasi Sampah

Aplikasi sampah juga bisa digunakan untuk mengembalikan file. Ada 2 aplikasi sampah yang bisa Kamu pakai, antara lain:

  • Dumpster – Recycle Bin

Dumpster merupakan aplikasi yang bisa Kamu perolehsecara gratisdi Google Play Store. Fungsinya yaitu untuk membuat sejenis recycle bin yang biasanya terdapat di dalam komputer.Namun kini aplikasi tersebut sudah tersedia di smartphone Android. Jadi, Kamu bisa mengembalikannya secara langsung karena file masih ada di recycle bin.

  • Es File Explorer

Aplikasi Es File Explorer ini berbeda dengan Dumpster. Aplikasi ini berfungsi untuk mengatur serta merapikan file. Tetapi, aplikasi ini juga memiliki salah satu fitur serupa dengan recycle bin. Jadi, file yang sudah terhapus kemungkinan masih bisa dikembalikan dengan sangat mudah.

  • Menggunakan Dig Deep Image Recovery

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mengembalikan berbagai macam jenis file yang sudah terhapus di Android Kamu yaitu Dig Deep Image Recovery. Pemakaiannya bisa terbilang mudah. Kamu cukup membuka aplikasinya, lalu melakukan proses pemindaian data yang sudah terhapus. Kamu langsung bisa memeriksa file mana yang hilang serta mengembalikannya pada saat itu juga.

  • Menggunakan GT Recovery

Selain aplikasi Dig Deep, Kamu juga bisa menggunakan aplikasi GT Recovery untuk mengembalikan file yang hilang. Dahuluuntuk bisa memakai aplikasi ini memerlukan akses root. Namun, sekarang Kamu bisa memakainya tanpa root. Cara pemakaiannya bisa terbilang cukup mudah dengan adanya pemindai otomatis data yang sudah terhapus.

Pilih saja salah satu dari berbagai metode diatas untuk mengembalikan file yang telah terhapus secara permanen tanpa rootdi Android. Jadi, berbagai macam file baik itu foto, video maupun jenis file penting lainnya yang sudah terhapus bisa Kamu kembalikan dengan mudah. Sehingga Kamu tidak perlu merasa khawatir lagi ketika ada file penting yang sengaja maupun tidak sengaja terhapus dan masih Kamu butuhkan.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP