Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Memory Internal Android Tanpa Root

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Daftar Topik

Terkadang file yang tersimpan di dalam Android merupakan suatu hal yang sangat penting. Akan tetapi terdapat beberapa kasus yang membuat data atau file tersebut secara tidak sengaja terhapus. Sebagian besar orang mungkin berpikir bahwa file tersebut tidak dapat dikembalikan dan pasrah begitu saja.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa terdapat cara yang dapat dilakukan untuk bisa mengembalikan file yang terhapus di memori internal Android tanpa root sekalipun. Cara mengembalikan file yang terhapus di memory internal Android tanpa root dalam hal ini dapat dilihat dan dipahami melalui beberapa paragraf dibawah ini.

Mengembalikan File Yang Terhapus Melalui Komputer Dan Bantuan Aplikasi

Sebenarnya terdapat aplikasi yang dapat mengantisipasi terjadinya masalah file yang terhapus secara tidak sengaja pada smartphone. Aplikasi tersebut bekerja seperti tempat sampah layaknya recycle bin yang terdapat pada computer. Aplikasi tersebut nantinya akan berfungsi sebagai tempat sampah sementara dan dapat mengembalikan file yang terhapus.

Akan tetapi jika file sudah terlanjur terhapus sebelumnya menginstal aplikasi tersebut maka masih terdapat aplikasi lainnya yang dapat digunakan untuk mengembalikan data Android tanpa melakukan root. Cara yang dilakukan dalam hal ini harus memanfaatkan komputer sebagai pendukungnya.

Berdasarkan hal tersebut harus dihubungkan dengan pc melalui USB atau juga dapat memasang memori eksternalnya saja dengan menggunakan kartu micro SD adapter. Sementara itu untuk aplikasi yang digunakan dalam hal ini adalah Recuva yang harus diinstal pada computer.

Dalam hal ini langkah untuk mengembalikan data terhapus dimulai dengan menentukan serta memilih tipe file yang dikehendaki. Dapat berupa musik video gambar atau dokumen serta tipe file lainnya. Setelah itu pilih folder pada perangkat smartphone yang berisi file terhapus. Kemudian aplikasi Recuva akan mulai memproses mencari data yang telah terhapus tersebut.

Setelah prosesnya selesai maka akan ditampilkan beberapa data serta file yang sebelumnya telah terhapus. Kemudian setelah file sudah dapat dikembalikan maka dapat menyimpannya pada hardisk komputer atau tempat penyimpanan lain. Hal tersebut dilakukan agar terhindar dari konflik data atau kerusakan yang dapat terjadi pada file.

Mengembalikan File Yang Terhapus Menggunakan Aplikasi Fonepaw Android Data Recovery

Software yang dapat mengembalikan file terhapus ini juga harus diinstal melalui perangkat computer. Tidak hanya file berupa video film musik saja akan tetapi aplikasi ini juga dapat menyimpan file bentuk lain seperti pesan whatsapp, sms, hingga kontak yang hilang.

Pada cara ini smartphone Android juga harus dihubungkan dengan komputer melalui USB. Kemudian pada smart phone Android harus diatur mode perunutan USB atau USB debugging. Langkah tersebut dapat dilakukan dengan membuka menu setelan, memilih opsi pengembang, dan lanjutkan dengan mengaktifkan perunutan USB.

Setelah itu jalankan Android data recovery yang sudah diinstal pada komputer dan pastikan Android sudah terhubung dan terdeteksi pada computer. Kemudian cari bagian dengan keterangan Just File Type atau juga dapat dilakukan dengan memilih Select All.

Kemudian tekan tombol Next setelah itu akan berjalan proses untuk mendeteksi file yang terhapus. Setelah proses tersebut selesai maka akan muncul data file yang sebelumnya hilang pada tampilan layar. Langkah selanjutnya adalah menekan tombol Recover sehingga semua file yang ditampilkan tersebut akan kembali pada memori Android.

Mengembalikan File Terhapus Dengan Menggunakan Mobikin Doctor For Android

Aplikasi lainnya yang bisa dipilih untuk dapat file terhapus adalah Mobikin Doctor For Android seperti pada penyebutannya. Aplikasi ini memang dikhususkan untuk menangani beberapa masalah yang terjadi pada Android salah satunya yaitu mengembalikan file terhapus pada memori internal.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Mobikin Doctor For Android juga dapat digunakan dengan cara disambungkan pada perangkat computer. Selain file-file penting aplikasi ini juga dapat mengembalikan file berupa kontak yang terhapus pada perangkat Android.

Adapun langkah yang pertama kali dilakukan yaitu mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Setelah itu perangkat smartphone dapat dihubungkan ke laptop atau perangkat komputer menggunakan kabel USB. Kemudian buka software Mobikin Doctor For Android.

Dalam hal ini secara otomatis akan memindai perangkat yang terhubung dengan perangkat computer. Tunggu selama selang beberapa waktu hingga proses pemindaian. Selesai jika sudah maka akan ditampilkan beragam file kontak dan data lain yang terhapus.

Dalam hal ini  temukan dan pilih file-file yang ingin dikembalikan ke perangkat Android. Jika sudah menemukan dan memilihnya maka lanjutkan dengan menekan tombol recover. File-file yang diinginkan sudah kembali lagi ke perangkat Android.

Itulah beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di memori internal Android tanpa root. Dari beberapa cara diatas dapat dipilih salah satu yang dianggap paling mudah dan ampuh untuk mengembalikan file terhapus di Android.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA