Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Software

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
cara compress video
Daftar Topik

Kamu pasti pernah mengalami memiliki video dengan ukuran yang besar dan yang pastinya membuat space mu jadi sempit atau dengan kata lain, menggunakan space yang terlalu banyak. Kamu bisa melakukan kompress video agar ukuran video menjadi lebih kecil dan pastinya tidak akan menghabiskan space kamu. Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir, kualitas video kamu menjadi buruk atau berkurang.

Pada umumnya kamu memerlukan software khusus untuk mengecilkan video, terkadang software khusus tersebut memiliki ukuran yang besar sehingga juga memakan space. Selain itu, terkadang video yang kamu kompress dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga akan membuat video kamu kehilangan kualitas yang baik.

Namun, kamu tidak pperlu khawatir, tanpa harus menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, kamu tetap bisa mengkompress ukuran video, sehingga video tidak lagi memiliki ukuran yang besar. Berikut merupakan cara yang dapat kamu gunakan,

Apabila kamu ingin melakukan kompress video tanpa menggunakan aplikasi, kamu bisa menggunakan dengan cara online.

Menggunakan Situs videosmaller.com

Situs videosmaller.com, merupakan sebuah situs yang dapat memperkecil ukuran video kamu. Cara menggunakannya sebagai berikut,

  1. Kamu bisa membuka situs http://www.videosmaller.com/ yang bisa kamu ketik di browser kamu.
  2. Selanjutnya kamu akan di arahkan kepada suatu halaman, kamu tinggal meng-klik browse, untuk mencari video yang akan kamu perkecil ukurannya.
  3. Apabila kamu sudah menemukan video yang ingin kamu kompress, selanjutnya kamu bisa membuka video tersebut, lalu kamu akan di arahkan kepada halaman untuk mengupload video. Kemudian akan terdapat beberapa opsi yang nantinya akan kamu gunakan untuk menentukan kualitas hasil video setelah kamu kompress.
  4. Pertama yaitu gunakan atau pilihlah opsi, use low compression level. Kamu bisa memberikan centang pada opsi ini, opsi ini berguna agar video yang kamu kompress memiliki kualitas yang bagus atau tidak mempengaruhi kualitas.
  5. Kedua yaitu opsi “remove audio from video”, opsi ini dapat kamu centang, jika kamu menginginkan audio yang terdapat pada video ingin kamu hilangkan.
  6. Selanjutnya apabila telah selesai, kamu bisa meng klik upload video untuk dan klik kompress video, dan tunggu prosesnya hingga selesai.

Situs videosmaller.com ini memiliki beberapa kelebihan yang bisa kamu gunakan untuk mengkompress video, berikut di antara kelebihan-kelebihannya,

  1. Mengecilkan ukuran file dengan cara online dan pastinya gratis atau tidak berbayar.
  2. Mengecilkan ukuran video dengan menggunakan web, dan kamu tidak harus menginstall aplikasi pihak ketiga.
  3. Salah satu layanan yang memberikan pelayanan terbaik dalam mengecilkan video secara online
  4. Situs ini mendukung, mengkompress video dalam bentuk MP4, MPEG, AVI, MOV video formats
  5. Penguploadan file atau video tanpa memerlukan waktu berjam-jam.
  6. Kamu bisa mengupload video dengan ukuran hingga 500 MB

Menggunakan Situs Aconvert.com

Selain videosmaller.com, kamu bisa menggunakan situs Aconver.com. berikut ini merupakan caranya,

  1. Kamu harus mengunjungi situs https://www.aconvert.com/
  2. Apabila sudah terbuka, selanjutnya kamu bisa meng klik browse, untuk mencari file video yang ingin kamu kompress. Apabila kamu sudah menemukan video yang ingin kamu kompress, kemudian kamu klik open.
  3. Kemudian kamu akan masuk pada kolom options, kamu bisa ganti ke change sizes dan bitrate or frame rate.
  4. Selanjutnya, kamu bisa melakukan setting atau pengaturan pada video. Apabila kamu mengecilkan ukuran vide, semakin kecil ukuran video yang kamu inginkan, maka semakin rendah pula kualitas videonya namun kamu akan menghasilkan size yang rendah.
  5. Apabila sudah selesai melakukan setting, selanjutnya kamu bisa meng klik convert now, kemudian kamu bisa menunggu proses kompress hingga selesai.
  6. Selanjutnya kamu klik logo yang menggambarkan save agar hasil kompress kamu tersimpan di komputer.
  7. Selesai.

Menggunakan Situs ezgif.com

Selain videosmaller.com dan aconver.com, kamu bisa menggunakan situs ini untuk melakukan kompress video. Berikut ini cara dalam menggunakan situs ini,

  1. Kamu bisa mengunjungi situs http://ezgif.com/resize-video terlebih dahulu.
  2. Apabila telah terbuka, kamu bisa melanjutkan untuk meng klik browse file video yang ingin kamu kecilkan ukurannya lalu klik upload video, untuk mengupload video tersebut.
  3. Kemudian kamu akan di arahkan pada halaman untuk mengubah resolusi. Pada halaman ini, kamu dapat mengubah resolusi video yang ingin kamu kecilkan sehingga video menjadi lebih kecil.
  4.  Selanjutnya kamu bisa klik resize video.
  5. Apabila sudah, kamu bisa melakukan scroll kebawah dan kamu akan menemukan hasil dari video yang kamu resize tadi.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk memperkecil ukuran video tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga dan yang pastinya secara gratis.  Mudah bukan, kamu tidak perlu menginstall aplikasi, tapi kamu cukup membuka web browser kamu, maka kamu sudah bisa mengecilkan ukuran video.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP