Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
resize video
Daftar Topik

Video menjadi salah satu media yang paling digandrungi oleh banyak orang. Penyampaian informasi mudah serta memiliki nilai komersil. namun bagi Anda yang merupakan seorang video maker tentu akan terganggu jika peluang produksi video semakin meningkat sementara ruang disk yang dimiliki tidak cukup besar. File video yang saat ini rata-rata sudah berkualitas HD bahkan telah meningkat menjadi 4K.

Ukuran tersebut cukup besar dan membutuhkan memory penyimpanan yang besar pula. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa mengecilkan ukuran video akan mengurangi kualitas Video tersebut. Jangan khawatir, bagi Anda yang menginginkan mengecilkan ukuran video tanpa mengurangi kualitas video, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan.

Memperkecil Video Menggunakan Aplikasi

Memperkecil ukuran video menggunakan Freemake Video Converter. Freemake Video Conventer adalah salah satu aplikasi yang berfungsi untuk mengecilkan ukuran video secara otomatis dan manual. Prinsip penggunaan aplikasi ini sangatlah mudah. Meski hanya satu aplikasi, Anda dapat memilih mode pengecilan yang berbeda-beda.

  • Memperkecil File Video Secara Otomatis:

  1. Unduh dan instal aplikasi Freemake Video Conventer
  2. Setelah terinstal jalankan lalu tambahkan video yang akan Anda perkecil
  3. Langkah selanjutnya adalah pilih menu format output kemudian atur lah ukuran video yang ingin Anda simpan.
  4. Convert video

Mode otomatis ini sangat cocok bagi kalian yang menghendaki file video dengan ukuran kecil tanpa mengurangi kualitasnya. Adapun software akan berjalan dengan otomatis setelah Anda memperkecil resolusinya.

  • Mengubah Resolusi Video

Mode lain yang dapat digunakan melalui aplikasi Freemake Video Conventer adalah dengan mengubah resolusi video. Cara ini digunakan karena tidak semua orang memiliki video dengan resolusi yang sangat tinggi. Misalnya saja dengan ukuran 1280 x 720 atau bahkan 4K. Melalui resolusi yang cukup rendah seperti ukuran 800 x 600 atau 640 x 480 biasanya pengguna smartphone sudah bisa memenuhi kebutuhan video yang mendukung disetiap harinya.

Berikut ini langkah-langkah mengubah resolusi video melalui Freemake Video Converter:

  • Buka aplikasi Freemake Video Converter lalu tambahkan video yang akan Anda perkecil
  • Kemudian pilihlah menu format output
  • Selanjutnya Anda tinggal memilih resolusi video yang diinginkan (640 x 480 atau lebih rendah lagi 640 x 360)
  • Lalu klik convert video
  • Mengubah Codec Video

Mengubah codec video secara otomatis dapat memperkecil ukuran file video 2 hingga 3 kali lipat. Perlu Anda ketahui, ada berbagai codec video yang dapat disesuaiakan dengan kebutuhan. Salah satu yang paling efisien dan digunakan adalah codec H.264. Dengan menggunakan codec jenis ini sama halnya dengan menyimpan video HD namun dengan ukuran yang lebih kecil.

  • Menurunkan Frame Rate

Langkah lain yang dapat Anda lakukan melalui aplikasi Freemake Video Converter adalah menurunkan frame rate. Frame  rate merupakan jumlah frame yang ditampilkan setiap detik. Umumnya ukurannya bervariasi antara 24 hingga 30  fps bahkan untuk kuran yang terbaru bisa saja mencapai 60 fps. Cara ini dapat dilakukan dengan menurunkan ukuran frame rate.

  • Mengurangi Bit Video

Mengurangi bit atau bitrate adalah langkah yang dapat Anda lakukan. Namun perlu diingat, jangan mengurangi ukuran bit terlampau rendah, lebih disarankan pada nilai bit 1400 hingga 2000 kbps.

Memperkecil Ukuran Video di Laptop/PC Tanpa Menggunakan Aplikasi

Mengurangi ukuran video tanpa memengaruhi kualitas juga dapat dilakukan tanpa melalui bantuan aplikasi. Cara ini sebenarnya juga bisa Anda lakukan pada smarthphone maupun iPhone. Namun untuk yang masih pertama kali mencoba, menggunakan laptop/PC lebih memudahkan proses yang akan dijalankan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Menggunakan situs videosmaller.Pastikan Anda mendapatkan jaringan internet yang bagus lalu buka situs videosmaller. Situs ini tidak berbayar
  2. Kemudian unggah video yang akan Anda perkecil dengan mengupload di kolom Browse
  3. Terdapat mode pilihan low compression. Namun untuk menghindari ukuran yang tidak sesuai dan khawatir akan mengurangi kualitas video, maka aturlah dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda
  4. Setelah pengaturan video sudah Anda sesuaikan dengan kebutuhan, maka pilih menu upload video. Klik dan tunggu beberapa saat hingga video dengan ukuran yang Anda inginkan muncul
  5. Pada kolom video yang diupload tadi akan muncul informasi video yang telah dikompres beserta ukurannya. Tunggu hingga muncul informasi proses telah selesai. Dowload dan selesai.

Selain menggunakan proses online, mengecilkan ukuran video tanpa mengurangi kualitas video juga bisa dilakukan di laptop/PC dengan mengunduh software. Namun cara ini lebih membutuhkan usaha yang besar karena proses yang cukup memakan waktu. Cara yang mengharuskan Anda memasang aplikasi di laptop/PC ini tidak disarankan bagi yang menginginkan proses yang mudah dan cepat.

Sekian tadi cara mengecilkan ukuran video tanpa mengurangi kualaitas video.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP