Cara Mengecat Velg Did Agar Tidak Mudah Mengelupas

0

Velg did merupakan salah satu komponen ban yang paling menarik perhatian. Oleh karena itu, banyak bagi pengendara yang sangat suka mewarnai velg

Bagi yang tidak mengerti, mengecat velg  did merupakan cara yang gampang, yang penting di cat. Teknik pengecatan yang salah di sertai jenis cat yang tidak mendukung, membuat cat dari velg did mudah mengelupas dan tentunya agan terlihat buruk.

Pengecatan velg did memang harus memiliki keahlian khusus. Apabila hanya mencoba-coba saja, maka hasilnya malah buruk. Hasil yang buruk pada pengecatan velg did biasanya disebabkan oleh kurangnya ketelatenan dalam pengecatan. Untuk hasil yang memuaskan, kamu bisa menghilangkan noda yang dapat membuat permukaan velg did tidak bagus dan rata.

Velg did yang mengelupas selain disebabkan oleh proses pengecatan yang tidak benar juga disebabkan oleh komposisi cat yang digunakan. Velg did akan mudah terkena panas. Apabila cat yang digunakan tidak memiliki ketahanan terhadap panas maka cat dengan sendirinya akan mengelupas dan hal itu membuat kendaraan kamu semakin buruk dan tidak enak dipandang.

Banyak orang yang mengeluh, sulitnya mengecat velg did agar tidak mudah mengelupas. Berikut ini merupakan cara yang bisa kamu gunakan untuk mengecat velg did agar tahan lama dan tentunya tidak akan terkelupas saat velg did digunakan.

Persiapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan


  1. Cat velg did, gunakan cat yang memiliki bentuk semprot atau pilox, jadi kamu bisa langsung menyemprotnya saat mewarnainya.
  2. Amplas yang memiliki permukaan agak halus
  3. Lakban besar bening. Lakban ini nantinya berfungsi sebagai penutup bagian-bagian yang tidak ingin di cat.
  4. Koran sebagai penutup. Koran juga sebagai penutup sama seperti fungsi dari lakban besar bening.
  5. Sabun cuci. Sabun cuci digunakan untuk membersihkan ban sampai benar-benar bersih sehingga ban tidak memiliki noda yang dapat memperburuk hasil pengecatan.

Teknik Pengecatan


Sebelum melakukan pengecatan, kamu bisa menutup bagian-bagian yang kamu tidak inginkan dengan menggunakan koran dan lakban bening, agar tidak terkena cat. Karena, apabila sudah terkena cat, maka akan sulit dihilangkan.

Pertama, bersihkan terlebih dahulu bagian-bagian velg did yang ingin kamu cat, dengan cara lepaskan terlebih dahulu velg did dari ban kemudian cuci bersih dengan memaki sabun cuci yang sudah kamu sediakan pada sebelumnya. Pencucian ini bertujuan agar velg did menjadi bersih sebelum akhirnya akn di cat. Dan agar kotoran tidak menempel pada cat sehingga menjadikan cat bertekstur atau tidak halus.

Kedua, apabila proses pencucian telah selesai, kamu bisa mengeringkan velg did itu terlebih dahulu sampai benar-benar kering. Setelah velg did benar-benar kering selanjutnya kamu bisa memakai amplas untuk mengamplas velg did  tersebut, sehingga pelumas atau lemak gemuk akan terlepas dari velg did dan yang tertinggal hanyalah velg did yang bersih. Selain itu, agar permukaan velg did menjadi rata dan tidak ada lagi benjolan pada permukaan velg did.

Apabila terdapat benjolan pada velg did, maka hasil cat yang diaplikasikan pada velg did terlihat tidak rata dan akan membuat velg did menjadi jelek.

Ketiga, apabila velg did sudah benar-benar bersih dan tidak ada noda yang menempel serta permukaan velg did telah benar-benar rata tidak ada benjolan. Selanjutnya kamu bisa memulai untuk melakukan pengecatan pada velg did dengan warna dasar terlebih dahulu dengan cara menyemprotkannya secara merata dan perlahan. Pemberian warna dasar pada velg did bertujuan agar cat memiliki lapisan sebelum diaplikasikan pada velg did. Kemudian kamu keringkan.

Keempat, apabila velg did yang sudah dilapisi dengan warna dasar tersebut benar-benar kering, kemudian kamu bisa memulai pengecatan velg did dengan warna yang kamu inginkan dan pastinya sesuai dengan selera kamu. Pada saat menyemprotkan warna.

Usahakan secara perlahan dan merata. Hal tersebut bertujuan agar warna yang kamu semprotkan memiliki permukaan yang bagus dan tidak terdapat bagian-bagian yang tidak terkena cat

Kelima, apabila cat nya sudah benar-benar kering, kamu bisa menyemprot kembali velg did dengan warna clear supaya menghasilkan warna cat yang mengkilap dan tentunya menjadi tahan lama. Apabila kamu tidak menggunakan langkah ini, maka cat akan terlihat pucat dan tidak mengkilap.

Keenam, apabila velg yang sudah kamu lapisi dengan cat  telah benar-benar kering, kamu bisa melepaskan lakban yang menempel pada velg did tersebut untuk kembali membuka area-area yang tidak terkena cat.

Itulah beberapa cara disertai ulasan dalam mengecat velg  did agar menjadi tahan lama yang bisa kamu gunakan sebagai panduan dalam mengecat velg did. Sebaiknya ikuti setiap langkah dengan benar.

BACA JUGA! 5 MERK CAT SEMPROT YANG BAGUS UNTUK VELG MOTOR