Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Cara Mengatur Ukuran Kertas di Word

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Cara pertama no 5
Daftar Topik

Cara mengatur ukuran kertas di word. Hal pertama yang dilakukan dan kerap dilupakan oleh pengguna Microsoft Word adalah mengatur ukuran kertas. Tahap ini adalah hal penting yang wajib dilakukan pertama kali sebelum mengerjakan sebuah dokumen. Tujuan mengatur ukuran kertas terlebih dahulu adalah untuk menyesuaikan lembar kerja dengan hasil yang akan dicetak. Hal ini tentu akan mempengaruhi hasil cetakan jika tidak diatur sejak awal. Tak hanya untuk kebutuhan cetak, kamu juga wajib mengatur ukuran kertas saat ingin mengerjakan tugas baik dari atasan, dosen, maupun klien. Kamu harus membaca syarat pembuatan dokumen dengan seksama dan memperhatikan ukuran kertas yang diminta. Jika tidak sesuai dengan perintah, maka bisa jadi kamu akan kewalahan jika harus mengaturnya dari awal. Oleh karena itu, wajib hukumnya untuk mengatur dan menyesuaikan ukuran kertas terlebih dahulu. 

Microsoft Word tentu sangat berbeda dengan Microsoft Excel. Jika ingin mengatur atau mengubah ukuran kertas di Microsoft Excel, proses pengaturan ukuran tersebut dilakukan pada pengaturan mesin cetak atau printer. Sedangkan untuk Microsoft Word, kamu tidak perlu mengatur ukuran kertas pada pengaturan printer. Kamu cukup mengubahnya melalui fitur yang disediakan di Microsoft Office. Oleh karena itu, kamu tidak perlu mengatur kembali pada setting printer saat hendak mencetak dokumen tersebut. Hal ini tentu menghemat tenaga serta waktumu saat ingin mencetaknya. Tak hanya itu, tulisan kamu juga menjadi lebih rapi dan dapat mengetahui jumlah kertas yang harus dipersiapkan pada printer. 

Mengatur ukuran kertas pada Microsoft Word cukup mudah bagi pemula terlebih bagi kamu yang memang telah menjadi pengguna Microsoft Word. Kamu cukup menyiapkan laptop dengan baterai yang cukup, koneksi internet yang baik, dan tentunya membuka dokumen di Microsoft Word. Hal ini bertujuan agar kamu bisa membaca tutorial dan mempraktekkannya secara langsung tanpa ada kendala teknis. Berikut adalah cara mudah mengatur ukuran kertas pada Microsoft Word.

Cara Mengatur Ukuran Kertas Melalui Menu Margins

Cara yang pertama ini bisa kamu coba saat ingin mengatur margins terlebih dahulu. Margins adalah jarak antara bagian tepi kertas dan tulisan atau teks pada Microsoft Word. Margins juga bisa dikatakan sebagai area kosong yang diukur dari tepi atas, bawah, kanan, dan kiri. Dokumen pada Microsoft Word memiliki margins yang dapat diatur sesuai keinginan atau memilih sesuai ukuran yang telah disediakan sesuai ukuran kertas pada umumnya. Ukuran default pada Microsoft Word adalah 2,54 cm untuk masing-masing tepi. Berikut adalah cara mengatur kertas melalui menu margins:

  1. Klik menu Page Layout pada Menu Bar.
  2. Pilihlah Margins pada menu Page Layout. Kamu akan menemukan pilihan antara lain last custom setting, normal, narrow, moderate, wide, dan lain-lain.
    cara mengatur ukuran kertas di word Cara pertama no 2
  3. Jika kamu ingin mengatur margins sesuai keinginan, pilihlah Custom Margins pada bagian paling bawah.
  4. Kemudian akan muncul jendela Page Setup. Kamu akan menemukan pengaturan Margins, Paper, dan Layout.
  5. Pilihlah menu Margins. Akan terdapat beberapa pengaturan margins yaitu top, left, bottom, dan right. Kamu juga akan menemukan pengaturan orientations yaitu portrait dan landscape. Selain itu kamu juga akan menemukan pengaturan pages, preview, dan lain-lain.
    Cara pertama no 5
  6. Aturlah ukuran yang kamu inginkan pada menu Margins tersebut.
  7. Kemudian pada menu Paper, kamu bisa mengatur ukuran kertas sesuai yang diinginkan. 
  8. Klik Paper Size untuk memilih ukuran kertas kamu inginkan. Ukuran kertas ini beragam yaitu letters, A4, A5, Legal, dan lain-lain. 
  9. Jika kamu menginginkan ukuran kertas tertentu, pilihlah Custom Paper.
  10. Ganti ukuran yang diinginkan pada pilihan Width untuk lebar dan Height untuk tinggi.
    Cara pertama no 10
  11. Kemudian pada menu Layout, kamu bisa mengatur beberapa fitur yaitu section, header, dan footer.
    Cara pertama no 11
  12. Jika kamu sudah merasa bahwa seluruh pengaturan telah sesuai dengan yang diinginkan, klik tombol OK.

Kamu sudah bisa mengerjakan dokumen sesuai dengan ukuran kertas yang diinginkan.

Cara Mengatur Ukuran Kertas Melalui Menu Size

Cara mengatur ukuran kertas juga bisa melalui menu size. Cara ini dapat dikatakan paling mudah dan cepat untuk dipraktekkan mengingat tahapannya yang singkat. Berikut adalah cara mengatur ukuran kertas melalui menu size.

  1. Sama halnya dengan cara pertama, kamu wajib membuka Microsoft Word. 
  2. Pada Ribbon, pilihlah tab Page Layout.
  3. Pada Group Page Setup, pilih menu Size.
    Cara kedua no 3
  4. Kamu akan menemukan beberapa ukuran kertas. Pilihlah ukuran kertas sesuai keinginan kamu.
  5. Jika tidak terdapat ukuran yang kamu inginkan pada beberapa daftar ukuran tersebut, klik pilihan More Paper Size pada bagian Size.
  6. Kemudian akan muncul jendela pengaturan ukuran kertas. Tentukan Width untuk lebar kertas dan Height untuk tinggi kertas sesuai ukuran kertas yang diinginkan.
    Cara kedua no 6
  7. Bila telah sesuai, tekanlah tombol OK untuk menerapkannya pada dokumen kamu. 

Kamu sudah bisa memulai untuk mengerjakan dokumen tersebut. Cukup mudah dan singkat, bukan? 

Kedua cara tersebut bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan kamu saat ingin mengerjakan dokumen pada Microsoft Office. Jika ingin mengatur margins terlebih dahulu, pilihlah cara yang pertama. Akan tetapi, jika kamu ingin langsung mengatur ukuran kertas, pilihlah cara yang kedua yang cenderung singkat dan cepat saat dipraktikkan.

Semoga tutorial di atas mudah untuk dipahami dan dipraktekkan secara langsung. Jangan lupa untuk berbagi tutorial ini kepada teman kamu agar dapat bermanfaat dan memudahkan cara mengatur ukuran kertas di word. Terima kasih.

Baca juga:

Cara Mengatur Spasi di Microsoft Word

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP