Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Cara Mengatur Spasi di Microsoft Word

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
mengatur jarak baris
Daftar Topik

Cara mengatur spasi. Ketika kita menulis dengan Microsoft word untuk tugas maupun pekerjaan, terkadang ada syarat tertentu yang harus kita penuhi. Mulai dari ukuran kertas, margin, jenis font, ukuran font, ukuran spasi, dan masih banyak lagi. Tak heran jika terkadang masih ada di antara kita yang bingung bagaimana cara mengatur margin, spasi, dan lain-lain. Belum lagi ada banyak sekali fitur yang bisa digunakan dalam Microsoft Word dan masih banyak fitur yang belum diketahui banyak orang. Kali ini, kita akan belajar bagaimana, sih, mengatur spasi ketika menulis dengan Microsoft Word? Daripada harus mengukur secara manual, yuk, simak informasi di bawah ini!

peluncur dialog font

Apa itu spasi?

Spasi atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai space adalah jarak. Saat menulis di Microsoft Word terkadang kita perlu untuk mengatur jarak antar karakter, kata, baris kalimat, dan paragraf. Hal ini dilakukan untuk merapatkan atau merenggangkan tulisan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita. 

Sebenarnya, secara otomatis ukuran spasi telah diatur oleh Microsoft Word tergantung dengan gaya penulisan kita, apakah kita ingin tulisan kita rata kanan, rata kiri, rata tengah, atau rata kiri-kanan. Namun, kita juga bisa mengatur ukuran spasi secara lebih detail dalam pengaturan lanjutan sehingga ukuran spasi antar karakter hingga antar paragraf dapat disesuaikan. Ada beberapa pilihan yang dapat kita gunakan jika ingin mengatur spasi. Berikut adalah pilihan-pilihannya.

Cara Mengatur spasi antar karakter

cara mengatur spasi dan jarak karakter

Fitur yang satu ini adalah fitur yang sebenarnya jarang digunakan. Namun, tak ada salahnya untuk belajar hal baru ini, ‘kan? Berikut adalah cara untuk mengatur spasi antar karakter.

  1. Kalau kamu telah menulis dokumennya, klik bagian yang ingin kamu atur spasinya
  2. Klik tab Home (Beranda), kemudian pilih Peluncur Kotak Dialog Font. Atau kamu bisa tekan pada keyboard ctrl + D.
  3. Setelah muncul Kotak Dialog Font, pilih tab Advanced (Tingkat Lanjut). 
  4. Selanjutnya, pada opsi Spacing (Penspasian) kamu dapat memilih Expanded (Diperluas), jika ingin melihat tulisanmu menjadi renggang. Kamu juga bisa memilih Condensed (Dirapatkan), jika ingin melihat tulisanmu menjadi rapat.
  5. Jika ingin mengatur spasi dengan ukuran tertentu, kamu bisa mencentang kotak Kerning for fonts dan masukkan angka yang kamu inginkan.
  6. Terakhir, klik OK untuk menyimpan perubahan.

Sekarang kamu bisa melihat perubahan dari spasi yang kamu harapkan.

Mengatur spasi antar kata

cara mengatur spasi

Selain mengatur spasi antar karakter, kita juga dapat mengatur spasi antar kata. Langkahnya mudah dan tidak berbeda jauh dengan cara sebelumnya.

  1. Sama seperti sebelumnya, pilihlah bagian dari tulisan yang ingin kamu atur spasi antar katanya.
  2. Klik tab Home (Beranda), kemudian pilih Peluncur Kotak Dialog Font atau tekan pada keyboard ctrl + D.
  3. Setelah muncul Kotak Dialog Font, pilih tab Advanced (Tingkat Lanjut). 
  4. Pilih opsi Scale (skala) untuk mengatur spasi antar kata. Kamu bisa pilih skala yang lebih kecil dari 100% untuk merenggangkan ukuran jarak kata. Kamu juga bisa pilih skala lebih tinggi dari 100 % untuk merapatkan ukuran spasi antar kata sedangkan skala 100% adalah skala normal.
  5. Setelah menentukan skala yang kamu inginkan, klik OK untuk menyimpan perubahan.

Ukuran spasi akan berubah sesuai dengan keinginanmu.

Mengatur spasi antar baris dan paragraf

peluncur dialog paragraf

Selanjutnya, kita masuk ke fitur yang akan sering dipakai. Pernah mendapatkan syarat untuk mengatur spasi paragraf 1,5? Nah, berikut adalah cara untuk mengatur antar baris dan paragraf sesuai persyaratan yang sering diajukan. Pertama, mengatur spasi antar baris. Langkah-langkah yang dapat kamu lakukan adalah:

  1. Pilih paragraf yang ingin kamu atur ukuran barisnya.
  2. Klik tab Home (Beranda), kemudian pilih Peluncur Kotak Dialog Paragraf.
  3. Setelah muncul Kotak Dialog Paragraf, lihat opsi Spacing. Di sana, ada opsi Before dan After. Kamu bisa mengubah pengaturan tersebut dengan memilih ukuran yang diinginkan untuk mengatur jarak antar baris.
  4. Terakhir, klik OK untuk menyimpan perubahan.

jarak paragraf

Selain baris, kamu juga bisa mengatur jarak antar paragraf. Ada 2 cara mengatur jarak antar paragraf. Pertama, ada cara yang paling mudah, yaitu:

  1. Pilih beberapa paragraf yang ingin kamu atur ukuran spasi antar paragrafnya.
  2. Klik tab Home (Beranda), kemudian pilih Line and Paragraph Spacing. Kamu bisa langsung pilih ukuran 1.0, 1.15, 1.5, 2.0, 2.5, atau 3.0 dan ukuran antar paragraf akan otomatis berubah.

mengatur jarak baris

Cara kedua adalah cara yang dapat kamu lakukan jika kamu ingin menentukan sendiri angkanya sambil melihat preview jarak yang diinginkan. Caranya adalah:

  1. Pilih paragraf-paragraf yang ingin kamu atur jarak antar paragrafnya..
  2. Klik tab Home (Beranda), kemudian pilih Peluncur Kotak Dialog Paragraf.
  3. Setelah muncul Kotak Dialog Paragraf, pilih opsi Line Spacing.
  4. Dalam opsi ini, kamu bisa pilih Single, 1.5 lines, Double, At least, Exactly, atau Multiple sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu.
  5. Kamu juga bisa input ukuran yang kamu inginkan di At. 
  6. Terakhir, klik OK untuk menyimpan perubahan.

Sekarang, spasi paragraf sudah berubah sesuai dengan yang kamu harapkan.

Itulah berbagai cara mengatur spasi yang dapat kamu lakukan saat menulis di Microsoft Word. Bagaimana menurutmu? Menarik, bukan? Sekarang nggak jadi masalah lagi ketika dapat tugas atau laporan yang syaratnya adalah paragraf harus 1,5! Gunakan saja cara di atas yang paling mudah, yang kamu inginkan serta sesuai dengan kebutuhanmu. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu ya dan selamat mencoba!

Baca juga:

Cara Cetak Foto 3×4 di Microsoft Word

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP