Mau Belajar Microsoft Office?

Jelajahi tutorial office terkini

Cara Mengatur Jarak Huruf di Word, Ini Dia Caranya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Menulis pada Ms. Word
Daftar Topik

Cara mengatur jarak huruf di word. Sebagian besar dari kamu tentu saja sudah sangat familiar dengan aplikasi Microsoft Word. Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi pada computer yang paling sering kamu gunakan pada kehidupan sehari-hari, baik itu untuk bekerja, belajar, dan mengerjakan hobi. Microsoft Word merupakan media untuk kamu dalam membuat dokumen berbentuk tulisan atau teks.

Ketika menulis, terutama judul, kadang kamu ingin ada jarak antar huruf, menjadikannya judul dengan huruf kapital, serta membuat menjadi judul yang small caps. Agar bisa membuat jarak antar huruf, umumnya kamu bisa menggunakan cara dengan menambahkan spasi secara manual di sela-sela tiap huruf. Kesulitan muncul ketika jika isi dokumen kamu menggunakan jenis font tertentu yang bentuknya kamu suka namun tulisannya terlalu rapat. Ada trik atau cara yang bisa kamu lakukan dan sudah pasti mudah untuk diikuti, supaya jarak spasi antar huruf dapat diperlebar. 

Cara Mengatur Jarak Spasi

Cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatur jarak spasi antar huruf bisa dengan:

  1. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan, pilih teks yang akan kamu atur jarak spasi antar hurufnya.
  2. Kemudian, kamu tekan tombol CTRL+D, agar muncul dialog Font
  3. Lalu, pada dialog tersebut ada kotak Spacing, dan kamu pilih item Enpanded untuk memperlebar jarak spasi antar karakter.
    Spacing
  4. Kemudian kamu isikan berapa jarak spasi antar karakter yang kamu inginkan pada kotak By
  5. Setelah perubahan jarak spasi pada teks kamu sudah rasa cukup, maka kamu klik tombol OK. Maka teks akan berubah sesuai dengan yang kamu pilih.

Sebagai contohnya, kamu bisa melihat pada contoh di bawah ini. Pada contoh di bawah, teks yang berwarna hitam adalah teks asli sebelum diubah, dan teks yang berwarna merah merupakan teks yang jaraknya sudah diperlebar atau sudah diatur.
Contoh perubahan jarak spasi

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mengatur Jarak Spasi Antar Huruf Teks

  • Pada dialod Font, bila kamu memilih Condensed maka akan berlaku sebaliknya, yaitu jarak antar huruf akan dipersempit, dan bila terlalu sempit dan rapat maka satu huruf akan tumpeng tindig dengan karakter yang lainnya.
  • Kamu juga perlu memperhatikan pada setiap perubahan nilai yang kamu lakukan. Perubahan tersebut akan terlihat atau ditampilkan pada kotak Preview yang terdapat pada bagian bawah dialog Font.
    Dialog font
  • Jika kamu hendak mengembalikan bentuk teks ke bentuk normal, maka pada kotak Spacing, kamu bisa memilih “Normal”. Atau kamu bisa melakukan dengan cara memblok teks tertentu dan kemudian tekan tombol CTRL+SPACEBAR.

Itulah cara mengatur jarak huruf di word dengan mudah dan cepat dipahami. Kamu bisa menentukan sendiri jarak yang sesuai dengan keinginan kamu dan teks yang kamu tulis. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Selamat mencoba!

Baca juga:

Kumpulan Font Latin Keren untuk Berbagai Kebutuhan

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP