Cara Mengatasi Windows Cannot Be Installed to This Disk Tanpa Menghapus Data

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Windows Cannot Be Installed to This Disk
Daftar Topik

Memang terlihat gampang-gampang namun susah melakukan install ulang windows pada sebuah laptop atau komputer. Terkadang kita merasa sudah mengikuti langkah-langkahnya dengan baik dan benar. Namun, berbagai macam masalah bisa saja terjadi yang membuat Kamu menjadi berhenti melakukan install ulang windows tersebut.

Salah satu masalah yang biasanya muncul ketika membagi partisi yaitu adanya tulisan Windows cannot be installed on this disk,the selected disk is of the GPT partition style. Masalah seperti ini bisa saja terjadi karena beberapa alasan atau penyebab. Masalah ini juga bisa diselesaikan dengan beberapa langkah yang tidak sulit.

Alasan Kenapa Bisa Terjadi

Terdapat 2 jenis skema partisi yaitu Master Boot Record atau MBR serta GUID Partition Tableatau GPT. MBR merupakan boot sektor khusus yang ada di awal drive. Isi sektor ini yaitu boot loader untuk OS yang terinstallserta informasi terkaitpartisi logical drive.MBR hanya bekerja dengan disk maksimal kapasitas sebesar 2 TB.

Sedangkan GPT merupakan standar baru yang menggantikan MBR secara bertahap. Hal ini berhubungan dengan sistem Operasi serta BIOS standar baru yaitu memakai systemUEFI yang akan menggantikan system Legacy atau BIOS pada komputer. GPT akan menggantikan sistem partisi MBR yang mempunyai keterbatasan menjadi sesuatu yang lebih leluasa dan modern.

GPT memiliki kapasitas drive yang jauh lebih besar. Mengenai batas ukurannyabergantung dariOSserta sistem filenya.Windows memungkinkan sampai 128 partisi pada drive GPT. Untuk membuat banyak partisi Kamu tidak perlu membuat Partisi Extended. Berbeda dengan MBR yang hanya di batasi sampai 4 pembagian partisi.

Data partisi pada MBR tersimpan pada satu tempat. Sedangkan GPT menyimpan banyak salinan data sehingga data bisa pulih jika rusak. Jika komputer atau laptop Kamu bertipe lama, maka kemungkinan masih memakai BIOS tanpa UEFI. Kamu bisa memakai OS yang baru, namun tentunya memakai skema MBR.

Manakah yang Lebih Baik Dipilih?

Jika yang Kamu gunakan adalah Windows 7, maka tidak akan dipusingkan dengan MBR dan GPT. Hal ini karena pada dasarnya Windows 7 hanya memakai jenis partisi MBR dengan sistem BIOS. Komputer atau laptop bertipe lama kemungkinan masih memakai BIOS tanpa adanya UEFI. Jadi, Kamu tetap bisa memakai OS baru, namun harus memakai skema MBR serta system legacy.

Jika laptop atau komputer Kamu keluaran baru dan ingin melakukan install ulang Windows 8.1 atau Windows 10, maka Kamu harus memastikan apakah ingin memakai MBR atau GPT. Jadi, pastikan terlebih dahulu apakah Kamu akan memakai sistem legacy atau UEFI.

Mengatasi Masalah yang Bertuliskan “Windows Cannot be Installed to This Disk. The Selected Disk is of The GPT Partition Style” Tanpa Menghapus Data

Tulisan tersebut bisa ditemui pada komputer atau laptop bertipe BIOS UEFI. Dalam BIOS ada 2 mode yaitu legacy serta UEFI. Muncul tulisan seperti “Windows Cannot be Installed to Disk 0 Partition 1” ketika install ulang laptop. Hal ini bisa terjadi karena format disk GPT. Supaya bisa melanjutkan proses instalasi Kamu harus mengubah format disk dari GPT menjadi MBR.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memecahkan permasalahan GPT ini. Caranya yaitu dengan melakukan clean pada seluruh isi hardisk. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Cara yang lebih singkat daripada melakukan clean seluruh isi hardisk yaitu mengganti format disk GPT ke MBR. Kamu bisa melakukannya tanpa kehilangan data.

Cara tersebut berfungsi untuk install jenis Windows 7, Windows 8 maupun Windows 10. Berikut langkah-langkah mengubah partisi GPT menjadi MBR untuk melakukan install ulang tanpa kehilangan data:

  1. Install aplikasi AOMEI Partition Manager.
  2. Install Aplikasi dan Serial yang ada didalam file rar.
  3. Pilih Disk yang formatnya GPT, lalu pilih Convert to MBR. Maksimal dari Local Disk yang bisa diconvert menjadi GPT yaitu 3. Jika Local Disk lebih dari 3,maka gabungkan atau hapus local disk yang tidak dipakai.
  4. Setelah itu, klik Apply pada bagian pojok kiri atas dan tunggulah prosses convert.
  5. Lakukanlah instalasi windows seperti yang biasanya. Pada tahap ini ketika dilakukan restart akan secara otomatis masuk ke boot. Jadi,Kamu tidak bisa masuk ke jendela windows.
  6. Tidak ada lagi tulisanseperti Windows Cannot be Installed to This Disk, The Selected Disk is of The GPT Partition Style pada komputer Kamu.

Install ulang merupakan proses yang sangat sensitif dan rawan. Jadi, sebaiknya tetap lakukan backup data-data penting yang Kamu miliki sebelum melakukan install ulang. Jika memperoleh masalah dengan format GPT, maka cara diatas bisa Kamu lakukan tanpa harus melakukan clean hardisk dan tanpa harus kehilangan data.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP