Cara Mengatasi Wifi Tidak Terdeteksi di Windows 7

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Cara-Mengatasi-Wifi-Laptop-Tidak-Bisa-Connect[1]
Daftar Topik

Internet merupakan salah satu kebutuhan yang penting untuk manusia. Banyak rumah yang bahkan memasang WIFI untuk menunjang kebutuhan internetnya. Wifi bisa dideteksi oleh laptop, komputer, ataupun android sehingga satu wifi bisa digunakan oleh beberapa orang. semakin banyak pemakai maka koneksi internet akan semakit melambat. Jika terus menerus bisa saja wifi jadi rusak. Terkadang kita mengalami diman laptop kita tidak bisa mendeteksi wifi. Hal itu bisa terjadi karena berbagai alasan. Nah bagi kamu yang sedang mengalaminya, kamu berkunjung pada web yang tepat! Karena kita akan membahas mengenai cara mengatasi dan penyebab wifi tidak terdeteksi laptop berikut ini!

Penyebab Wifi Tidak Terdeteksi

  1. Modem Wifi Mati Dan Bermasalah

Ketika wifi kamu tidak terdeteksi, kamu jangan dulu panik dan khawatir. Cukup kamu periksa apakah modem wifi yang kamu gunakan mati atau tidak. Jika kamu periksa dan ternyata modem wifi kamu mati, kamu bisa menghidupkannya kembali dengan menekan tombol saklar untuk menghidupkannya. Selain itu, modem wifi yang mati juga bisa dikarenakan routernya bermasalah atau tidak berfungsi.

  1. Terlalu Banyak Perangkat

Nah, jika banyak yang menggunakan wifi, maka bisa mengakibatkan signal wifi sulit dideteksi atau bahkan tidak terdeteksi sama sekali. jika terjadi seperti itu, kamu cukup memutuskan perangkat lain yang menggunakan wifi kamu. Jika perangkat penggunanya sudah sedikit, barulah kamu bisa mengakses internet dengan normal kembali.

  1. Masalah Pada Laptop

Selain pada modem wifi, penyebab wifi tidak terdeteksi juga bisa diakibatkan oleh laptop itu sendiri. Penyebab laptop tidak bisa mendeteksi wifi sangatlah berbagai macam. Diantara penyebabnya adalah, laptop yang sedang berada dalam mode airplane. Sehingga sampai kapanpun laptop kamu tidak akan bisa mendeteksi wifi. Hal tersebut bisa saja terjadi tanpa kesengajaan. Untuk mendapatkan signal wifi, maka kamu harus mematikan mode airplanenya. Selain itu, bisa juga diakibatkan karena laptop yang kamu gunakan tidak mendukung koneksi wifi yang tersedia.

  1. Masalah Lain

Dari ketiga penyebab di atas, kemungkinan besar menjadi faktor utamanya adalah penyebab ke 3. Contohnya, bisa saja laptop kamu diputuskan jaringannya atau diblokir IPnya oleh administrator selaku pengelola.

Cara Mengatasi Wifi Tidak Terdeteksi Di Laptop Windows 7

Untuk mengatasi wifi yang tidak terdeteksi di laptop/notebook windows 7 kamu, berikut beberapa hal yang perlu kamu pastikan sebelumnya :

  1. Berada di Area Wifi Internet

Hal pertama yang perlu kamu pastikan adalah kamu berada di area wifi atau tidak. Bisa jadi jaringan wifi kamu berada di area tertutup sehingga jaringannya tidak sampai di kamarmu.

  1. Jaringan Wifi Normal

Setelah kamu memastikan areanya, kamu juga perlu memastikan normal atau tidaknya jaringan wifi. wifi internet yang tidak terdeteksi di laptop/notebook kamu.

Jika kamu sudak cek kedua hal di atas. Kamu sudah pastikan kamu berada di area wifi dan jaringan wifi tersebut sudah normal namun wifi kamu masih tidak terdeteksi, kamu bisa gunakan cara di bawah ini! Cara tersebut untuk laptop dengan OS Windows 7.

  1. Cara pertama; Cek apakah driver wifi laptop sudah terinstall sesuai seri laptop dan sudah tidak terdapat tanda seru (!) pada device manager, langkah mengeceknya klik Start >> Control Panel >> Device Manager >> Network Adapter, cek apakah di bagian network adapter sudah terinstall driver Wirelles dan sudah tidak terdapat tanda seru (!), jika sudah skip ke cara selanjutnya, namun jika ternyata blm ada drivernya atau sudah ada tapi masih ada tkamu seru berarti kamu perlu memperbaikinya/menginstall ulang driver laptop yang sesuai.
  2. Cara kedua; Hidupkan wifi di laptop kamu dengan cara menekan tombol Fn+F10 (untuk laptop axio), jika di laptop lain ada yang menggunakan Fn+F3. Hal itu karena setiap type laptop mempunyai kombinasi shurtcut yang berbeda-beda. Untuk mengetahuinya, kamu bisa mengeklik secara bersamaan tombol (Fn+tombol yang ada symbol sinyal/pemancar). Bagi beberap type laptop seperti toshiba, terdapat lampu indikator wifi yang akan menyala. Itu berarti sinyal wifinya sudah kamu hidup/aktifkan.
  3. Jika belum selesai juga, padahal kamu sudah mengikuti cara diatas maka kamu bisa melakukan cara ini, yaitu :
  • Klik Start lalu pilih Control Panel, kemudian pada bagian View By: kamu pilih large Iconse.
  • Selanjutnya kamu pilih Windows Mobility Center
  • Lalu akat terlihat status wirelless “wifi” internet pada bagian Wirelless. Jika kamu mendapati statusnya “wireless off”, itu artinya wifi kamu masih belum aktif.
  • Setelah itu, kamu aktifkan wifi kamu dengan memilih tombol “Turn Wireless On”
  • Untuk melihat hasilnya berhasil atau tidak, kamu bisa coba buka browser dan coba mengakses internet.

Itulah cara untuk mengatasi wifi yang tidak terdeteksi atau terkoneksi dengan baik pada laptop kamu, jika kamu sudah mengikuti cara-cara di atas dengan benar, maka masalah wifi yang tidak terdeteksi akan teratasi dengan baik. Dan perlu kamu pahami juga masalah ini cara mengatasinya belum tentu sama dengan masalah wifi yang tidak terkoneksi di laptop tapi jaringan wifi terdeteksi, karena khusus masalah yang barusan saya sebutkan tadi juga cara penangannya berbeda sesuai dengan pokok permasalahannya. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA