Cara Mengatasi Wifi Lemot di Laptop Dengan Mudah

0

Tentu Kamu sebagai penikmat WiFi jika terjadi trouble atau masalah dengan wifi akan membuat Kamu jengkel bukan? WiFi adalah kebutuhan utama banyak orang di era modern ini. Buktinya banyak orang yang membutuhkan WiFi untuk menjalankan rutinitas hariannya entah untuk hiburan atau bekerja.  Misalnya saja ketika ingin pergi ke café yang pertama kali ditanya bukan alamat café atau menu makanannya namun ada atau tidaknya koneksi Wifi. Betapa pentingnya WiFi dalam kehidupan zaman yang semakin modern dan canggih ini. Makanya kini banyak orang yang menjadi candu akan adanya WIFI. Sehingga jika terjadi masalah seperti lemot pada WIFI membuat banyak orang jengkel. Makanya jika Wifi lemot perlu diatasi dengan cara yang baik dan benar supaya rutinitas Kamu dalam menikmati koneksi Wifi tidak terganggu.

Tips Untuk Mempercepat Koneksi Wifi

Tips pertama yang bisa Kamu lakukan untuk mengatasi wifi lemot pada laptop Kamu adalah mengubah setting bandwidth sebelum melangkah ke pengubahan bandwidth. Dan pastikan modem laptop Kamu sudah on. Apabila dalam waktu kurang dari 20 menit koneksi Wifi masih buruk maka ubahlah pengaturan bandwidth Kamu ke frekuensi yang lebih besar. Supaya koneksi internet pada laptop Kamu semakin lancar dan tidak lemot.

Nah, caranya sangat mudah sekali yaitu pertama cari menu run pada Windows>> ketik gpedit.msc>> kemudian klik konfigurasi komputer>> lalu template administrasi jaringan>> qos packed scheduler>> double klik limit reservable Bandwidth retweet>> pilih enable lalu ganti bandwidth limit>> Kemudian langkah terakhir yaitu restart laptop Kamu untuk melihat hasilnya.

Aturlah Instalasi WiFi Switcher

Selain dengan cara yang pertama diatas, ada cara lain yang bisa Kamu lakukan untuk mengatasi Wifi yang lemot pada laptop yaitu dengan instalasi WiFi Switcher. Kamu bisa mencari aplikasi ini di dengan mudah Google Play Store.  Caranya cukup  mudah yaitu ketik nama yang sama yaitu instalasi WiFi switcher. Setelah Kamu selesai mengunduh aplikasi tersebut maka akan muncul sebuah pemberitahuan pilih menu izinkan agar aplikasi wifi switcher dapat berfungsi di laptop Kamu. Buka aplikasi tersebut Lalu klik menu yang disediakan oleh koneksi Wifi lancar dan tidak lemot.

Mengubah Setting DNS Laptop

DNS merupakan salah satu menu pencarian nama pada komputer yang menggunakan jaringan TCP atau IP untuk membuat koneksi Wifi pada laptop Kamu supaya tidak lemot. Ubahlah pengaturan DNS pada laptop Kamu melalui DNS Google. Apabila setelah perubahan koneksi internet Masih lemot atau lambat sebaiknya Kamu lakukan reset jaringan dan fungsi DNS pada laptop Kamu. Caranya sangat mudah sekali yaitu Klik Kanan pilih run administrasi ketik flush DNS, tekan enter. Lalu coba akses internet berupa berulang kali untuk mengecek koneksi laptop Kamu.

Periksalah Posisi Antena Router

Posisi router memang sangat menentukan kelancaran  sinyal wifi Kamu. Pastikan posisikan router berdiri tegak tidak miring ke samping kiri atau ke kanan. Sehingga lebih mudah dalam menangkap sinyal. Selain itu pastikan kabel router  Kamu masih dalam keadaan baik-baik saja. Apabila kabel terputus atau sobek pada kulit bagian luar Sebaiknya Kamu segera mengambil langkah untuk memperbaiki sinyal internet supaya tidak melemah. Letakkan router di tempat yang tinggi misalnya saja di lemari.

Posisi router yang tinggi akan sangat menguntungkan Kamu. Karena posisi router yang tinggi akan memberikan sinyal yang lebih lancar. Selain itu jika router diletakkan di posisi bawah seperti lantai dengan bahan yang  mengandung bahan logam beton semen. Bisa membuat sinyal menjadi sulit di tembus oleh router. Makanya jangan sekali-kali meletakkan router di bawah seperti di lantai. Letakkanlah router di tempat yang tinggi supaya ketika Kamu  bisa melakukan rutinitas harian  dengan wifi yang lancar tanpa suatu halangan apapun.

Letakkan Router Pada Tempat Yang Terbuka

Untuk mengurangi kinerja router supaya kinerja Kamu tetap optimal sebaiknya Kamu meletakkan router di antara mebel yang berukuran besar atau di dalam lemari. Pilihlah posisi yang bisa memberikan ruang yang agak luas bebas dari himpitan. Dan posisikan router tersebut ditempat yang bisa terlihat dari manapun. Dengan begitu maka sinyal yang ditangkap oleh router akan lebih mudah.

Nah, itulah ulasan  cara mengatasi wifi yang lemot pada laptop. Perhatikan betul terkait pemasangan WIFI. Jangan sampai pekerjaan Kamu tertunda dan menumpuk hanya gara-gara sinyal WIFI yang lemot. Semoga artikel bermanfaat dan terimakasih.