Cara Mengatasi Sakit Pundak Tanpa Minum Obat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Sakit-Pundak[1]
Daftar Topik

Nyeri bahu adalah salah satu penyakit yang menyerang jaringan otot khususnya yang ada disekitar pundak atau bahu. Penyebab dari sakit pundak sendiri juga sangat bermacam-macam. Mulai dari beban aktivitas sehari-hari hingga persendian yang aus. Penyakit yang dapat membuat pergerakan tubuh menjadi tidak nyaman tentunya.

Mengatasi sakit atau nyeri pundak dapat dilakukan dengan perawatan di rumah tanpa bantuan dokter atau minum obat. Penyembuhan ini tentu harus dilakukan agar aktivitas sehari-hari dapat berjalan dengan normal kembali tanpa keluhan sakit pundak juga pada titik syaraf pundak.

Meredakan Sakit Pundak dengan Beristirahat dan Pijat

Jika sedang mengalami nyeri bahu yang disebabkan oleh beban aktivitas sehari-hari, maka hal yang harus dilakukan adalah beristirahat sejenak. Tubuh yang digunakan secara terus-menerus dan berlebihan tentu juga membutuhkan waktu istirahat.

Dalam hal ini, hentikan setidaknya satu atau dua hari untuk melakukan aktivitas yang menyebabkan nyeri bahu. Misalkan saja terlalu sering menggerakkan bahu atau mengangkat benda berat. Pastikan untuk melakukan istirahat yang cukup sehingga ras nyeri pada pundak dapat berkurang.

Namun apabila sakit pundak disebabkan oleh hal yang berkaitan dengan olahraga, seperti melakukan latihan dengan posisi yang salah. Maka hal yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan pelatih serta meminta saran kepadanya.

Akan tetapi dalam hal ini jangan sampai tidak menggerakkan bahu sama sekali jika hanya mengalami cedera ringan. Hal ini justru akan dapat membuat pundak mengalami pembekuan. Oleh karena itu, meskipun berada pada masa istirahat tetap lakukan hal-hal ringan dalam menggerakkan bahu.

Bisa dilakukan dengan olahraga ringan di sekitar area pundak. Gerakan ringan tersebut nantinya akan mampu melancarkan aliran darah. Selain itu, gerakan seperti olahraga ringan juga dapat memberikan rangsangan terhadap tubuh untuk melakukan penyembuhan.

Kebanyakan orang mungkin akan membiarkan rasa sakit pada pundak dan mengabaikannya dengan langsung tidur. Hal inilah yang juga menyebabkan ketika bangun nyeri yang dirasakan bertambah parah. Jika sudah terlanjur, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pijatan pada pundak.

Akan tetapi hal ini juga harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak boleh sembarangan memijat. Oleh karena itu, pijatan harus dilakukan dengan orang yang sudah ahli pada bidangnya. Dengan menyerahkannya kepada orang yang ahli dalam teknik terapis fisik profesional, maka nyeri dan otot kaku akan dapat terasa lebih baik.

Hal ini dikarenakan pasokan darah yang mengalir menuju area pindah akan berjalan lebih lancar. Pasokan oksigen serta nutrisi dalam proses penyembuhan juga akan terpenuhi.

Meredakan Sakit Pundak dengan Mengompresnya

Cara lain yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri pundak adalah dengan mengompresnya. Pengompresan dapat dilakukan dengan kompres panas basah atau moist heat. Jika sudah mengalami sakit pundak kronis atau berlangsung pada jangka waktu yang cukup lama. Maka yang terjadi adalah pundak akan terasa sangat kaku pada pagi hari.

Dalam hal ini, mengompresnya dengan panas basah akan mampu membuat jaringan lunak seperti otot, ligamen, dan juga tendon menjadi hangat. Keadaan tersebut dapat meningkatkan aliran darah menuju area yang terasa nyeri.

Oleh karena itu, menempelkan kompres panas basah akan mampu meredakan rasa nyeri atau sakit pundak. Cara pengompresan dengan air basah ini mampu mengatasi masalah sakit pundak yang disebabkan oleh osteoarthritis dan juga cedera akibat aktivitas olahraga.

Bahan-Bahan untuk Kompress Pundak

Adapun bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai kompres panas yang baik yaitu kantong yang diisi dengan biji-bijian. Biasanya berupa beras dan gandum, atau juga bisa menggunakan bahan lain seperti bahan herbal atau minyak atsiri. Pengompresan dilakukan setidaknya selama 15 hingga 20 menit pada waktu pagi atau sebelum melakukan latihan.

Selain itu, panas basah juga dapat dilakukan dengan cara mandi air hangat. Akan tetapi tambahkan garam Epsom secukupnya pada air. Hal ini akan dapat membantu merelaksasikan dan memberikan rasa santai pada otot.

Hindari pengompresan dengan menggunakan panas kering misalkan bantalan pemanas tradisional. Hal ini tidak akan membantu proses penyembuhan sakit pundak akan tetapi malah membuat jaringan lunak kekurangan cairan. Bukan sembuh yang didapatkan, namun sebaliknya akan dapat meningkatkan risiko cedera pada sakit pundak.

Itulah cara-cara yang dapat dilakukan untuk dapat meredakan sakit pundak tanpa minum obat. Pastikan untuk dapat melakukan cara tersebut dengan baik dan benar agar sakit pundak dapat disembuhkan dengan lebih cepat.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA