Cara Mengatasi Printer Ready tapi Tidak Bisa Print

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
15720 Print
Daftar Topik

Printer Ready tapi Tidak Bisa Print, Ini Solusinya! – Printer adalah perangkat keras yang mempunyai fungsi untuk mencetak gambar dari komputer menuju ke format kertas. Printer sendiri juga sangat berguna ketika anda melakukan pekerjaan di perkantoran. Terdapat dua jenis printer, yang pertama adalah printer inkjet dan yang kedua adalah printer laser. Tentu saja masing-masing mempunyai keunggulan dan kekurangan tersendiri.

Namun, perangkat yang merupakan buatan dari manusia tentunya tidak selamanya dapat digunakan dengan lancar. Pastinya terdapat sebuah kendala seperti printer ready tapi tidak bisa print. Nah, maka dari itu Anda harus tahu apa saja faktor serta cara untuk bisa mengatasi masalah tersebut.

Faktor yang Harus Diketahui Ketika Printer Tidak Bisa Digunakan


15720 PrinterTentu menjadi suatu hal yang menjengkelkan pada saat tengah dikejar deadline untuk mengumpulkan dokumen ataupun tugas kuliah namun rupanya tiba-tiba printer tidak bisa digunakan walaupun printer dalam kondisi ready. Akan tetapi Anda tidak perlu cemas, karena hal tersebut memang kerap kali terjadi pada printer dengan merek apa pun dan kapan saja bisa terjadi. Untuk itu Anda harus mengetahui beberapa faktor yang wajib diperhatikan, Seperti halnya di bawah ini:

  • Faktor yang pertama ada harus memastikan terlebih dahulu printer yang ingin Anda pakai telah terinstall. Sebab biasanya printer harus melakukan install terlebih dahulu bersama dengan driver di dalam komputer.
  • Untuk yang kedua Anda juga harus melihat faktor catridge apakah telah terpasang dengan baik dan juga benar.
  • Selanjutnya Anda juga harus memastikan jika cartridge dari printer telah terisi dengan tinta.
  • Banyaknya Anda harus mengecek pada bagian kabel power printer apakah sudah terpasang dengan benar.
  • Dan yang terakhir ialah harus mengecek lampu indikatornya.

Dan pada saat Anda sudah melakukan pemeriksaan pada poin-poin yang telah disebutkan di atas, namun rupanya printer masih belum bisa dilakukan untuk mencetak. Bisa jadi printer tersebut mengalami gangguan.

Cara Mengatasi Printer yang Tidak Bisa Digunakan dengan Kondisi Ready

Nah berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah printer yang tidak dapat digunakan:

1. Menggunakan Control Panel



15720 Control PanelUntuk cara dalam mengatasi printer ready tapi tidak bisa print dengan menggunakan control panel. Pertama-tama Anda harus klik tulisan start pada laptop Anda. Setelah itu pilihlah menu control panel.

Kemudian akan muncul beberapa menu dan pilih lah device and printer. Setelah itu akan muncul beberapa tampilan dari ikon printer, lalu pilihlah icon printer yang sesuai dengan merk printer yang Anda gunakan. Baru setelah itu klik kanan pada icon printer dan pilihlah menu set as default printer.

2. Harus Menyesuaikan Nama Printer


15720 Menyesuaikan Nama PrinterUntuk cara yang kedua ini adalah dengan menyesuaikan nama printer tersebut. Dan langkah yang pertama Anda harus mencetak terlebih dahulu dengan menekan ctrl + p. Baru setelah itu Anda harus klik tanda panah yang berwarna hitam pada bagian bawah. Selanjutnya Anda bisa memilih printer yang sesuai dengan nama dari printer yang Anda pakai pada saat ini.

3. Perlunya Mengosongkan Print Queue


15720 Print QueueLangkah yang pertama Anda harus memilih tanda panah yang berada pada bagian kiri bawah. Kemudian Anda harus klik 2 kali di bagian icon printer.

Nah, ketika mengalami masalah atau penundaan pada saat mencetak. Maka Anda bisa melihat ke beberapa dokumen setelah itu klik kanan pada dokumen tersebut dan pilih tulisan cancel. Maka secara otomatis Anda sudah bisa melakukan pencetakan dokumen dengan mudah.

4. Memakai Service.msc


15720 ServiceNah, untuk yang ke-4 ini adalah cara yang cukup jitu pada saat ketiga cara diatas tidak dapat digunakan.

  • Pertama-tama Anda harus memilih ikon start, setelah itu tekan tombol Windows + R yang ada di bagian keyboard untuk bisa menuju ke Run.
  • Setelah itu, Anda bisa mengetik tulisan service.msc dan tekan enter. Otomatis Anda akan melihat service lokal.
  • Setelah itu, pilihlah screen spooler dan langsung klik kanan lalu pilih tulisan cancel untuk bisa menonaktifkan screen spooler tersebut.
  • Nah, berikutnya Anda bisa memilih ikon start kembali.
  • Dan setelah itu klik local disk C kemudian pilih Windows, lalu pilihlah tulisan system 32, selanjutnya klik tulisan spool. Baru setelah itu Anda bisa klik pinter kemudian menghapus seluruh file yang ada di dalam folder.
  • Kemudian Anda harus kembali menuju ke jendela print spooler.
  • Dan setelah itu klik kanan spooler, kemudian klik tombol start untuk bisa mengaktifkannya kembali.

Nah, dari beberapa cara untuk mengatasi printer ready tapi tidak bisa print di atas, Anda bisa melakukan sendiri tanpa harus menuju ke tukang service. Semoga cara di atas bermanfaat bagi Anda yang tengah mengalami hal tersebut.

BACA JUGA!

Cara Menghubungkan Printer Ke Komputer Tanpa Kabel

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA