Cara Mengatasi Printer Error 5100

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
10820 Printer
Daftar Topik

Pada saat ini semua hal bisa dilakukan dengan mudah dan sangat berbeda dengan zaman dulu, untuk saat ini saja melakukan sesuatu dapat laksanakan dengan mudah dan juga cepat. Seperti halnya di dalam dunia percetakan yang tentunya sangat diperlukan oleh seluruh kalangan. Agar bisa mencetak data ke dalam lembaran kertas tentu membutuhkan sebuah printer. Dengan itu ketika Sebuah printer error 5100 tentu saja banyak orang yang akan mencari tahu bagaimana cara mengatasinya.

Akhir-akhir ini pun sudah banyak orang yang memiliki printer sendiri di rumah, bahkan sudah banyak jenis printer yang bisa dibeli dengan harga terjangkau.

1. Masalah yang Sering Terjadi Pada Printer


10820 Printer ErrorDikarenakan printer ini juga buatan dari manusia, tentu saja masih ada beberapa kesalahanĀ  yang kerap terjadi dalam sebuah printer dan salah satunya ialah munculnya notifikasi error 5100.

Bagi sebagian orang tentu saja munculnya notifikasi error 5100 ini akan sangat meresahkan sebab tidak akan bisa digunakan untuk menjeda. Masalah lainnya adalah seperti berikut ini:

  • Ketika printer dalam keadaan keadaan yang normal akan tetapi tidak dapat dipakai untuk mencetak.
  • Lampu power dan resume akan berkedip kedip.
  • Kemudian akan muncul notifikasi peringatan printer error 5100 yang ada di monitor.
  • Akan tetapi tenang saja terdapat banyak cara untuk bisa mengatasi masalah pada printer tersebut.

2. Langkah Mudah untuk Mengatasi Printer Error 5100


10820 Chip Cartridge Yang KotorNah, berikut ini terdapat empat cara yang bisa Anda lakukan ketika mendapati printer Anda muncul notifikasi error 5100:

  • Terjadinya Pergerakan Rumah Cartridge yang Terganggu Selang Infus

Untuk langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah dengan memastikan terlebih dahulu kondisi dari printer. Kemudian printer harus dibuka dan melihat apakah pergerakan dari selang normal atau tidak. Ketika terjadi pergerakan yang tidak normal pada selang maka Anda harus mengatur ulang sehingga selang infus tersebut bisa bergerak dengan normal dan tidak mengganggu kerja printer.

  • Membersihkan Chip Cartridge yang Kotor

Untuk langkah yang kedua Anda bisa mematikan printer terlebih dahulu kemudian membuka tutup cartridge. Setelah itu Anda harus melepas cartridge dan memastikan kuningan-kuningan yang ada pada cartridge tersebut. Pada saat terdapat bagian yang berkarat ataupun kotor maka anda harus membersihkan dengan memakai air mineral ataupun alkohol.

  • Terdapat Benda Asing yang Masuk

Anda juga bisa melihat pada bagian dalam printer untuk bisa melihat apakah terdapat benda asing yang masuk. Ketika Anda membuka casing printer pastikan Anda melepas terlebih dahulu selang infus guna mengetahui lebih detail bagaimana kondisi di dalam printer tersebut. Jika memang terdapat benda asing yang masuk segera bersihkan karena bisa mengganggu percetakan pada printer.

  • Membawanya ke Tempat Servis Printer

Cara yang satu ini merupakan langkah yang terakhir ketika ketiga cara diatas tidak bisa membuat kondisi printer membaik. Dengan membawanya ke tempat servis printer maka terdapat beberapa komponen yang akan diperbaiki dan Anda pun mengetahui Apa saja komponen yang membuat printer tersebut mengalami masalah.

3. Trik Mudah untuk Mengatasi Printer Error 5100


10820 Printer Error 5100Bagi Anda yang mempunyai printer dengan merk Canon kemudian mengalami error 5100 maka anda bisa mengikuti beberapa tahapan di bawah ini tanpa perlu memakai software resetter Canon.

  • Untuk langkah pertama Anda harus mematikan printer terlebih dahulu.
  • Setelah itu kedua catridge harus dikeluarkan pada printer.
  • Lalu, untuk bisa membersihkan permukaan konektor terminal catridge Anda harus menggunakan kain yang sebelumnya sudah dibasahi dengan alkohol.
  • Kemudian Anda bisa memasang kembali kedua ketiga cartridge yang sebelumnya dilepas.
  • Namun ketika printer memakai sistem infus Anda harus memeriksa jalur selang infus yang digunakan untuk mensuplai tinta pada bagian cartridge. Pastikan kondisi yang tidak berantakan sehingga proses jalannya cartridge pun tidak terhambat.
  • Anda harus memeriksa tempat pemberhentian cartridge dan periksalah Apakah terdapat sampah kertas ataupun kotoran dan bersihkanlah.
  • Setelah itu Anda bisa menghidupkan kembali printer dan menguji coba Apakah angka tersebut berhasil mengatasi error 5100.
  • Ketika Anda mengetes printer namun pada saat mencetak printer tersebut mengeluarkan suara yang keras maka anda harus menuju ke tempat service printer. sebab hal ini akan meminimalisir resiko terdapat bagian lain pada printer yang mengalami kerusakan.

Nah, demikianlah sekilas informasi yang diberikan kepada anda mengenai cara mengatasi printer error 5100. Masalah pada printer ini memang kerap kali terjadi pada printer merk apapun, sehingga Anda tidak perlu cemas dan bisa melakukan beberapa langkah di atas untuk mengatasinya. Semoga dengan penjelasan diatas bisa memberikan Anda pengetahuan dalam mengatasi permasalahan printer dengan cara yang mudah.

BACA JUGA!

Cara Mengatasi Printer Ready tapi Tidak Bisa Print

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA