Cara Mengatasi Perut Kram Saat Hamil Tua

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Nyeripanggul670 X 450 Pixel
Daftar Topik

Hamil merupakan suatu hal yang paling di tunggu-tunggu oleh banyak keluarga karena dengan datangnya anak merupakan suatu anugerah dari tuhan. Selain itu, hamil adalah masa-masa yang mana selalu ditunggu oleh semua perempuan yang sudah menikah. Akan tetapi, banyak juga hal yang membuat wanita hamil mengalami kesulitan saat sedang mengandung seperti halnya mual, tidak nafsu makan dan juga kram perut saat hamil tua.

Biasanya, wanita yang hamil akan mengalami perut terasa sakit atau biasa disebut dengan kram perut. Sebenarnya jika mengalami kram perut saat hamil dan biasanya kram perut ini terjadi pada bagian bawah. Akan tetapi, kram pertu memang salah satu hal yang tergolong normal. Dengan perkembangan bayi maka ukuran rahim juga akan membesar, sehingga tubuh pun ada perubahan.

Faktor Penyebab Kram Perut Ibu Saat Hamil Tua

1. Terdapat Perubahan Pada Ukuran Rahim

Seiring dengan pertumbuhan dari janin yang ada dalam rahim maka jaringan ikat yang menghubungkan tulang panggul beserta rahim dan dunia akan meregang sehingga menjadikan rahim terasa lebih kencang.

Kram perut saat hamil juga bisa disebabkan pada saat ibu hamil tua melakukan berbagai macam aktivitas, contohnya saja sehabis olahraga, berusaha bangun dari tempat tidur ataupun kursi dan beberapa gerakan yang dilakukan secara tiba-tiba.

2. Dikarenakan Posisi Rahim

Pada saat janin tumbuh secara otomatis rahim akan bergerak miring entah itu ke kanan atau ke kiri. Hal tersebut mengakibatkan rahim mengalami kontraksi, jadi kemungkinan besar ibu hamil tua akan mengalami kram perut.

3. Adanya Gas Berlebihan Di Dalam Perut

Ketika hamil proses dalam pencernaan pun akan jauh lebih terhambat pada saat mencerna makanan. Ketika makanan berada dalam usus besar dalam kurun waktu yang lebih lama secara otomatis akan banyak sekali gas yang diproduksi. Namun, gas tersebut tidak hanya ada di dalam perut dan bisa pula menjalar pada bagian punggung dan juga dada. sehingga perut pun akan semakin mengencang dan menjadikan kram yang berulang-ulang pada perut.

Baca Juga: 5 Merk Vitamin Ibu Hamil Trimester 2 Paling Bagus

4. Sehabis Melakukan Hubungan Seks

Sebagai induksi yang alami, biasanya para dokter akan menyarankan untuk orang tua sering berhubungan seks. Namun orgasme juga menjadi penyebab kram perut pada saat hamil tua terjadi dan bersamaan dengan adanya sakit pinggang yang ringan.

Cara Mengatasi Kram Perut Saat Hamil Tua

Nah, setelah kita mengetahui apa saja yang menjadi penyebab kram perut saat hamil tua. Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara mengatasinya:

1. Beristirahat dengan teratur

Memang pada dasarnya wanita hamil tidak boleh melakukan berbagai aktivitas yang terlalu  berat karena dapat membahayakan janin seperti halnya mengalami kram perut. Dan itulah sebabnya wanita hamil sangat di anjurkan untuk lebih banyak beristirahat dan dengan beristirahat ini dapat mengembalikan asupan oksigen ke seluruh tubuh dan tentu bagian perut.

2. Mengatasi Perut Kram Saat Hamil dengan Refreshing

Kemudian untuk pengobatan yang lainnya adalah dengan sering melakukan refreshing karena memang pada wanita hamil sangatlah mudah untuk terserang depresi dan tentu saja itu akan mempengaruhi kondisi perut saat hamil dan kram perut akan terjadi. Akan lebih baik jika wanita melakukan refreshing dengan liburan dengan berjalan- jalan untuk menghilangkan stress pada wanita hamil.

3. Menggunakan handuk hangat

Untuk cara pengobatan yang pertama adalah dengan mengkompres perut dengan menggunakan handuk hangat karena suhu hangat dari air hangat ini dapat membantu untuk membuat otot menjadi lebih rileks dan juga dapat mengurangi rasa nyeri akibat kram perut. Dan Anda dapat melakukan hal ini jika Anda mengalami kram perut tersebut.

4. Minum air putih

Kemudian untuk pengobatan yang kedua adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih pada saat Anda merasakan kram perut. Karena air putih sendiri bisa membantu untuk mengurangi asam pada lambung. Anda dapat mengkonsumsi air putih ini setiap hari sebanyak 8 gelas agar tubuh Anda pun tak mengalami dehidrasi pada saat hamil.

5. Pola makan yang sehat dan teratur

Lalu yang selanjutnya adalah mengubah pola makan yang biasanya memakan makanan yang tidak sehat menjadi mengkonsumsi makanan yang sehat dan memang cara yang satu ini sangatlah efektif. Sangat di anjurkan untuk menghindari memakan makanan yang pedas, berlemak, dan minuman yang berkarbonasi. Dan sangat baik jika wanita hamil memakan dengan perlahan seperti mengunyah makanan dengan benar agar sistem pencernaan bekerja dengan sempurna.

Pada saat Anda mengalami kram perut saat hamil tua, bisa jadi penyebab di atas adalah alasannya. Anda bisa mengatasi kram perut tersebut sudah dibahas di atas. Semoga ulasan tersebut berguna dan juga menambah wawasan bagi ibu hamil.

Daftar Merk Susu Penguat Kandungan

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA