Cara Mengatasi Masalah Keguguran Rambut

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Rambut rontok atau masalah keguguran rambut seringkali menjadi hal buruk bagi beberapa orang. Ya, memiliki rambut rontok memang sangat annoying karena bisa mengurangi kepercayaan diri. Sebelum membahas tentang cara mengatasinya, kamu juga perlu tahu apa sih penyebab dari rambut rontok itu. Selain karena salah perawatan, rambut rontok juga bisa disebabkan oleh pengaruh hormon dan kesalahan pola makan.

Penyebab Rambut Rontok


Sebelum membahas tentang cara mengatasi rambut rontok, kamu harus mengetahui apa penyebab dari rambut rontok. Memang banyak sekali pemicu terjadinya rambut rontok, beberapa di antaranya seperti stress, kelebihan vitamin A, kekurangan vitamin B, anemia, keturunan gen, gangguan kelenjar tiroid, dan masih banyak lagi.

Cara Mengatasi Rambut Rontok


Nah, berikut ini ada beberapa cara mengatasi masalah keguguran rambut yang bisa kamu terapkan untuk mengurangi rambut rontok. Penjelasan mengenai hal tersebut akan dibahas berikut ini.

  1. Gunakan Campuran Teh Hijau dan Daun Seledri

Memanfaatkan campuran teh hijau dan daun seledri bisa mengatasi masalah keguguran rambut paling ampuh lho. Kandungan antioksidan yang ada bisa membuat rambut menjadi lebih subur dan panjang secara alami. Cara menggunakannya pun tergolong mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan handuk kecil bersih, mentimun, lemon, teh hijau, dan daun seledri.

Rendam mentimun dan lemon ke dalam air hangat serta seduhlah teh hijau dan daun seledri. Rendam handuk ke dalam larutan air mentimun dan lemon selama kurang lebih lima menit. Setelah itu, peras handuk hingga sedikit kering dan tutupkan ke bagian kepala selama sepuluh menit. Kemudian buka handuk tutup kepala dan teteskan teh hijau serta cairan daun seledri ke bagian kulit. Lalu bilas hingga bersih.

  1. Manfaatkan Masker Buah untuk Mengurangi Rambut Rontok

Sering beli buah-buahan tapi nggak kemakan di rumah? Manfaatkan saja untuk dijadikan masker rambut. Masker rambut yang berasal dari buah-buahan seperti pisang, alpukat, semangka, dan beberapa buah lainnya dipercaya bisa mengatasi masalah keguguran rambut lho. Tidak percaya? Coba saja sendiri di rumah!

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan buah-buahan dan tumbuk halus atau blender serta campur dengan satu sendok yoghurt tanpa rasa. Setelah diaduk rata, kamu bisa mengoleskannya ke seluruh permukaan rambut dan diamkan hingga 20 menit. asam sitrat yang terkandung di dalam buah bisa mengurangi kerontokan rambut.

  1. Minyak Zaitun untuk Oil Essence Rambut Rontok

Siapa bilang minyak zaitun hanya berguna untuk bahan masakan saja? minyak zaitun juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah kecantikan. Senyawa mineral alami yang dikandungnya bisa mengurangi rambut rontok. Cara penggunaannya sangat mudah, yaitu cukup oleskan minyak zaitun ke seluruh bagian rambut hingga permukaan setelah keramas.

Mengapa harus dilakukan setelah keramas? Hal tersebut untuk mengurangi kotoran yang ada di rambut sehingga tidak menghambat penyerapan. Setelah di oleskan, kamu bisa membilasnya menggunakan shampo kembali. Selain bermanfaat untuk mengurangi rambut rontok, minyak zaitun juga bermanfaat untuk melembabkan dan menghitamkan rambut.

  1. Masker Putih Telur Percepat Penyembuhan Rambut Rontok

Apa jadinya apabila putih telur dijadikan sebagai masker rambut? Bau amis? Tentu! Tapi siapa sangka jika putih telur memiliki banyak sekali manfaat untuk membantu mengurangi rambut rontok. Untuk menggunakan ramuan ini, kamu harus pisahkan terlebih dahulu antara kuning dan putih telur. Setelah terpisah, tambahkan tiga sendok minyak zaitun dan kocok putih telur.

Setelah itu, oleskan putih telur yang dicampur dengan minyak zaitun menggunakan kuas ke bagian ujung rambut. Diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bau amisnya hilang. Selain membantu mengurangi rambut rontok, cara tersebut juga terbukti ampuh untuk mengilaukan rambut.

  1. Massage Kulit Rambut dengan Kulit Apel

Sering makan buah apel? Selain mengkonsumsi buah untuk kesehatan tubuh,  sekarang kamu juga bisa memanfaatkan kulitnya untuk mengurangi rambut rontokmu. Kandungan vitamin yang ada di dalam kulit apel dipercaya mampu memperbaiki sirkulasi darah dan kulit kepala sehingga mengurangi kerontokan rambut.

Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan kulit apel hingga membentuk jus dan mengoleskannya ke bagian kulit kepala. Diamkan 30 menit hingga ramuan meresap lalu bilas dengan air bersih hingga tidak ada lagi sisa-sisa ampas.

Ada banyak cara untuk mengatasi masalah keguguran rambut yang disebabkan oleh kesalahan perawatan. Selain cara di atas, kamu juga bisa memanfaatkan shampo atau vitamin khusus rambut rontok untuk menguranginya.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA