Cara Mengatasi Layar Burn In Pada Smartphone

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Cara-Mengatasi-Layar-Burn-In-Pada-Smartphone-768x396[1]
Daftar Topik

Permasalahan Burn In pada layar smartphone memang kerap terjadi. Tentu saja hal tersebut sangat mengganggu kenyamanan penggunanya. Namun, sebagian orang juga masih bingung apa itu Burn In? Sebenarnya istilah Burn In pada smartphone memang berlebihan. Pasalnya tidak ada pembakaran yang terjadi pada smartphone. Namun, istilah ini digunakan untuk layar smartphone yang mengalami perubahan warna pada seluruh bagian secara permanen.

Permasalahan pada layar smartphone ini disebabkan karena penggunaan piksel yang tidak teratur. Penggunaan gambar statis pada smartphone yang berlebihan dan berkepanjangan ini bisa menimbulkan bayangan permanen di layar smartphone. Lalu bagaimana cara mengatasi layar Burn in pada smartphone? Apa saja penyebabnya? Bagaimana cara mengantisipasinya? Semua jawaban tersebut akan dibahas pada artikel ini.

Apa itu Burn In? Berikut Ulasannya!

Banyak sekali permasalahan yang sering terjadi paa smartphone, karena penggunaan yang tidak sehat. Salah satu permasalahan yang saat ini kerap terjadi yaitu layar Burn In. Permasalahan ini hampir terjadi di semua merk smartphone. Meski begitu, masih ada cara yang tepat untuk mengatasi layar burn in di smartphone.

Penyebab terjadinya Burn in pada smartphone dikarenakan penggunaan yang tidak teratur. Sehingga hal ini bisa membuat layar terbakar. Hal ini dikarenakan senyawa fosfor yang memancarkan cahaya untuk menghasilkan gambar kehilangan intensitasnya. Burn in yang sering terjadi pada layar smartphone ini bisa berupa garis besar gambar atau teks, pola lain yang terlihat di layar serta memudarnya warna pada layar smartphone.

Penyebab  Screen Burn-in

Nah, setelah mengetahui apa dan bagaimana Burn in secara lengkap, penting juga bagi kamu mengetahui penyebab dari Burn in ini. Jika kita sudah mengetahui penyebabnya, maka kita bisa mengantisipasi hal-hal yang bisa menyebabkan Burn in.

Burn ini pada layar smartphone disebabkan karena siklus hidup yang bervariasi. Siklus ini berasal dari komponen penghasil cahaya layar. Ketika bagian ini semakin menua, berimbas pada kecerahannya yang semakin berubah dan berkurang. Hal ini disebabkan karena seiring berubahnya waktu, reproduksi warna panel akan berubah.

Tampilan warna layar smartphone yang berubah bisa dikurangi menggunakan perangkat lunak yang cerdas. Namun, penyebaran burn in pada bagian tertentu bisa lebih cepat menyebar. Ketika Burn in ini terjadi, bisa meninggalkan bayangan dari tampilan asli sebelumnya.

Baca Juga: DERETAN HP LAYAR 4 INCI TERBAIK

Tips Untuk Menghindari Layar Burn-In

Bagi pemilik smartphone yang cerdas, tentu saja harus sadar akan adanya potensi masalah yang akan terjadi pada smartphone kesayangan. Salah satu masalah yang sering terjadi yaitu layar smartphone mangalami Burn in. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui langkah yang tepat untuk mengatasinya. Akan lebih beruntung lagi jika kamu memiliki smarphone yang sudah menggunakan pengaturan pentile-subpiksel di layar AMOLED.

Dengan menggunakan tekhnologi tersebut, arus yang digunakan untuk memberikan cahaya lebih sedikit. Keunggulan lain smartphone yang bisa mengendalikan LED yang lebih sedikit yaitu maka pakainya bisa lebih meningkat. Dengan begitu, perubahan warna pada layar tidak akan terjadi dalam waktu yang dekat.

Secara langsung, hal ini tidak membahas berbagai masalah yang terjadi bagian layar penuaan dengan tingkat yang berbeda. Cara mengantisipasi terjadinya layar Burn in yaitu menggunakan smartphone dengan sehat.

Cara Memperbaiki Layar Burn-In

Tidak ada masalah yang tidak bisa diatasi. Seperti halnya mengatasi layar Burn in pada smartphone. Cara yang paling mudah mengatasi permasalahan ini yaitu dengan menggunakan aplikasi tertentu yang bisa kamu download di Play Store. Namun, mengatasi masalah ini dengan menggunakan aplikasi tergantung tingkat keparahan gambar yang terbakar. Bisa jadi ada beberapa gambar yang tidak bisa diperbaiki.

Meski begitu, apa salahnya jika kita berusaha. Nah, berikut ini cara mengatasi Burn ini melalui aplikasi:

  • Gunakan aplikasi Screen Test and Fix  yang bisa kamu unduh melalui Play Store.
  • Jika sudah berhasil di unduh, buka aplikasi Screen Test and Fix.
  • Setelah itu atur pencahayaan layar smartphone menjadi 100%.
  • Jika sudah, langsung tap pada tombol fix.
  • Secara otomatis, aplikasi ini akan menampilkan 4 warna secara bergantian yaitu merah, biru, hijau dan putih. Nah, agar aplikasi ini bekerja secara optimal, diamkan kurang lebih selama 1 jam. Selai itu, kamu bisa melakukan hal ini setiap harinya. Hal ini bertujuan agar Burn in pada layar bisa berkurang.

Itulah cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi layar Burn in pada smartphone. Sebenarnya masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Namun cara ini terbilang paling mudah.

Semoga bermanfaat!

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP