Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Tanpa ke Tempat Servis

0
1920 Keyboard Liput6
Source: Liputan6

Memiliki laptop atau PC tentu saja Anda harus tahu cara perawatan yang benar. Karena peralatan elektronik tidak bisa diabaikan dan disalahgunakan. Apabila terjadi error, kemudian jika error tersebut tidak segera dilakukan perbaikan, maka sudah pasti akan menyebabkan kerusakan yang semakin parah. Seperti halnya keyboard laptop yang rentan error. Maka Anda harus mengerti cara mengatasi keyboard laptop error.

Terdapat banyak cara mengatasi keyboard laptop error yang bisa Anda gunakan. Setiap cara tentunya memiliki langkah yang berbeda dan juga memiliki hasil yang berbeda. Pada intinya adalah memperbaiki kerusakan atau error yang terjadi pada keyboard Anda. Berikut ini merupakan langkah cepat dan cerdas dalam proses mengatasi keyboard laptop yang tiba-tiba error.

Mengatasi Keyboard Laptop Error Tanpa ke Tempat Servis

1. Mengatasi Keyboard Error dengan Melakukan Restart pada Laptop


16920 Restart Laptop Jdm95
Source: jdm95

Apabila pada saat mengerjakan tugas, tiba-tiba keyboard mengalami kerusakan dan tidak bisa digunakan untuk mengetik. Pastinya dalam hal ini, Anda akan sangat marah dan kesal karena secara langsung akan mengganggu pekerjaan Anda. Tapi, tunggu dulu, jangan langsung membawa keyboard pada service.

Karena pasti akan melakukan penggantian keyboard dan tentunya memiliki harga yang mahal. Maka cara utama yang Anda lakukan bisa mencoba untuk memulai ulang laptop Anda. Karena biasanya hal tersebut terjadi karena adanya kerusakan pada software. Bisa disebabkan kelelahan karena terlalu sering digunakan.

Sehingga bisa melakukan restart untuk memperbaiki kondisi software. Jika menggunakan keyboard kesulitan, maka Anda bisa langsung menekan tombol power agak lama hingga terdapat tampilan untuk memulai ulang.

2. Mengatasi Keyboard Error dengan Melakukan Restore pada Windows


16920 Restore Pada Windows AplikasiPC
Source: AplikasiPC

Hal yang harus diperhatikan apabila keyboard tiba-tiba mengalami kerusakan, maka Anda bisa mencoba menggunakan cara alternatif sebelum membawa ke tempat servis. Bukan hanya melakukan restart pada komputer.

Namun, jika terjadi masalah bisa mencoba melakukan restore. Sebenarnya restore pada windows bukan hanya dilakukan pada saat keyboard mengalami kerusakan. Pada saat Anda selesai menggunakan aplikasi maka bisa melakukan restore.

  1. Kunjungi menu control panel terlebih dahulu
  2. Kemudian akan ditampilkan beberapa opsi menu yang bisa digunakan. Anda bisa memiliki Back Up your Computer
  3. Selanjutnya akan muncul suatu halaman. Pada halaman tersebut Anda bisa memilih untuk mengklik opsi recovery system
  4. Lalu terakhir bisa langsung klik pada open system restore

3. Mengatasi Keyboard Error dengan Melakukan Perbaikan pada Driver Keyboard


16920 Driver Keyboard Driver Whiz
Source: Driver Whiz

Masalah yang terjadi pada driver, kerap sekali membuat keyboard mengalami error. Apabila setelah melakukan berbagai cara, keyboard tetap error, maka Anda bisa mencoba cara yang satu ini yaitu dengan memperbaiki bagian driver. Maka yang perlu dilakukan adalah melakukan pengecekan terhadap driver keyboard Anda dengan cara berikut.

  1. Kunjungi menu control panel
  2. Kemudian akan ditampilkan halaman yang menunjukkan berbagai opsi. Anda dapat memilih menu system security tepatnya pada bagian device manager. Selanjutnya Anda akan menemukan suatu informasi pada driver. Driver tersebut akan mencangkup keseluruhan sistem hardware pada laptop.

4. Mengatasi Keyboard Error dengan Melakukan Pembersihan pada Keyboard


16920 Keyboard Technology OneHOWTO
Source: Technology oneHOWTO

Salah satu penyebab dari keyboard error adalah mungkin saja dikarenakan kotoran yang mungkin saja menyumbat bagian keyboard. Biasanya hal tersebut terjadi saat laptop jarang dipakai. Bisa juga karena sering dipakai dan setelahnya Anda tidak menutup kembali laptop. Maka sebelum Anda membawa laptop ke tempat servis maka bisa mencoba untuk memperbaiki sendiri di rumah.

Caranya dengan membersihkan bagian keyboard dengan menggunakan kuas yang disediakan. Bisa dengan menyemprotkan terlebih dahulu pembersih laptop dan mengusapnya dengan kain. Bisa juga Anda menggunakan super gell yang saat ini sedang trending dan banyak digunakan untuk membersihkan bagian laptop yang sempit seperti bagian keyboard yang penuh dengan lekukan.

5. Menggunakan Keyboard USB atau Keyboard Layar


16920 Keyboard EksternalSebenarnya tanpa perlu membeli keyboard baru atau membawa ke tempat servis laptop, Anda bisa menggunakan keyboard yang terdapat pada laptop. Karena laptop juga memiliki keyboard bawaan yang bisa Anda gunakan menggunakan mouse dengan mengkliknya. Memang yang menjadi kendala adalah karena harus melakukan klik satu per satu, maka Anda membutuhkan waktu yang lama untuk mengetik.

Selain itu, juga bisa menggunakan keyboard yang dipasang melalui USB. Memiliki tampilan yang sama dengan keyboard yang ada pada laptop. Jadi, sebenarnya banyak solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi keyboard yang bermasalah. Tidak perlu menunggu lama dan antri untuk ke tempat servis.

Dengan demikian Anda sekarang tidak perlu khawatir jika tiba-tiba mengalami keyboard yang error. Karena keyboard yang error bisa langsung dilakukan perbaikan jika Anda mengerti cara mengatasi keyboard laptop error. Tidak perlu menunggu lama dan antri ke tempat servis. Karena dengan di rumah bisa mengatasi hal tersebut.

BACA JUGA!

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi