Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di PC

0

Bagi sebagian orang, mungkin melakukan aktivitas seperti mendengarkan musik merupakan hal yang wajib. Mulai dari pengantar tidur, menemani bekerja, sedang dalam perjalanan dan berbagai aktivitas lainnya. Bahkan, tidak jarang untuk mendengarkan musik menggunakan headset.

Mendengarkan musik menggunakan headset bukan hanya bisa dilakukan melalui ponsel saja. Akan tetapi dengan menggunakan PC atau laptop saat bekerja juga bisa menjadi pilihan. Akan tetapi, kadang kala mendengarkan musik menggunakan headset di PC ada masalah yang menghambat, biasanya headset tidak terdeteksi di PC.

5 Cara Mengatasi Headset yang Tidak Terdeteksi di PC

1. Scan for Hardware Changes


Jika Anda sedang mendengarkan musik menggunakan headset di PC dan tidak terdeteksi, maka jangan terburu-buru menyimpulkan bahwa headset Anda rusak. Hal tersebut dikarenakan headset yang tidak terdeteksi di PC bisa diatasi dengan scan for hardware changes.

Manfaat dari menggunakan cara ini yaitu PC akan memindai hardware apapun yang sedang mengalami suatu perubahan. Mungkin saja soundcard yang ada pada PC terdapat perubahan yang membuat headset tidak terdeteksi. Cara melakukan cara ini juga sangat mudah dan tidak harus dilakukan oleh yang profesional.

  • Pertama-tama buka menu device manager atau klik windows+X di keyboard
  • Setelah itu klik sound, video and game controllers
  • Apabila ternyata headset masih belum terdeteksi, maka cobalah klik scan for hardware changes
  • Terakhir yaitu tutup jendela device manager lalu refresh PC Anda atau bila perlu lakukan restart

2. Update Driver Software


Cara yang selanjutnya untuk mengatasi headset tidak terdeteksi di PC ialah dengan melakukan update driver software. Sebab kemungkinan headset yang tidak terdeteksi di PC dikarenakan belum diupdate. Oleh sebab itu, lakukan cara mengupdate driver software sebagai berikut:

  • Buka menu device manager
  • Kemudian pilih menu sound, video and game controllers
  • Setelah itu Anda bisa langsung pilih opsi update driver software. Nah, pada langkah yang satu ini agar Anda harus memastikan bahwa Anda sudah terkoneksi dengan internet. Hal tersebut dikarenakan untuk melakukan update driver software ini membutuhkan koneksi internet untuk melakukan pencarian secara otomatis.
  • Langkah yang terakhir yaitu restart PC Anda

3. Manfaatkan Driver Booster


Jika melakukan scan for hardware change dan update driver software masih belum bisa mengatasi headset yang tidak terdeteksi di PC, maka Anda bisa memanfaatkan driver booster. Cara untuk menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama download dan install aplikasi driver booster
  • Selanjutnya buka aplikasi tersebut dan biarkan agar aplikasi driver booster melakukan scanning
  • Kemudian driver booster 6 tampilan setiap hardware yang perlu Anda update. Apabila terdapat hardware sound, video and game controllers yang ada di samping kanan
  • Selanjutnya klik oke yang ada di bagian peringatan
  • Langkah yang terakhir yaitu tinggal menunggu saja proses pengunduhan serta pemasangan hardware sound, video and game controllers
  • Jika sudah selesai langsung saja restart PC Anda

4. Mengubah Sample Rate dan Bit Depth


Untuk cara yang selanjutnya jika headset Anda tidak terdeteksi di PC, maka anda bisa mengubah sample rate dan bit depth. Cara yang satu ini juga cukup ampuh untuk mengatasi masalah tersebut. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama klik kanan yang terdapat pada simbol sound di desktop kanan bawah
  • Selanjutnya pilih playback devices
  • Kemudian Anda sudah bisa langsung memilih bagian headphone atau speaker dan Anda sudah bisa langsung mengubahnya menjadi set as default lalu lanjutkan klik properties
  • Setelah itu Anda sudah bisa masuk pada menu properties lalu klik advance dan ubahlah sample rate dan bit depth sebagaimana yang Anda butuhkan
  • Jangan lupa di bagian akhir klik apply

5. Menginstal Driver Sound Card


Solusi yang terakhir untuk mengatasi masalah headset yang tidak terdeteksi pada PC yaitu dengan menginstal driver sound card. Kemungkinan headset Anda tidak terdeteksi di PC karena anda belum memasang driver sound card. Sebagaimana yang telah diketahui bersama bahwa memang cukup penting untuk melakukan proses pengubahan data digital ke data suara. Jadi apabila Anda tidak mempunyai sound card tentunya headset yang Anda tancapkan di PC tidak akan terdeteksi.

Nah, jika sudah seperti itu maka itu artinya Anda memang harus menginstall driver sound card yang sesuai dengan model sound card di PC Anda. Driver sound card biasanya sudah ada di PC atau diberikan secara gratis. Dengan demikian, Anda hanya perlu melakukan install dan restart PC Anda.

Nah, kelima cara mengatasi headset tidak terdeteksi di PC di atas tentunya sangat mudah buka? Kini, sudah tidak ada lagi ceritanya bahwa headset Anda rusak dan tidak terdeteksi di PC. Semoga cara di atas bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba.

BACA JUGA!

Rekomendasi Merk Headset yang Bagus dengan Harga Murah