Cara Mengatasi Biang Keringat pada Anak

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Usia anak-anak memang memiliki kulit lebih sensitif daripada orang dewasa. Karena terlalu sensitif, biasanya akan timbul ruam merah hanya karena mengeluarkan keringat. Apabila sudah mengalami ruam, orangtua akan panik bahkan kasihan kepada si anak yang menyebabkan mereka tidak bisa bergerak dengan nyaman. Untuk pengetahuan lebih lanjut tentang mengatasi biang keringat pada anak, simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Terjadinya Biang Keringat pada Anak


Sebelum membahas tentang tips mengatasi biang keringat pada anak, berikut ini adalah penjelasan tentang penyebab terjadinya biang keringat pada anak. Biang keringat berasal dari kelenjar keringat yang membentang jauh ke dalam kulit sehingga menghasilkan ruam-ruam kemerahan pada kulit anak. Hal ini biasa terjadi pada bayi berumur kurang dari dua tahun.

Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab biang keringat pada anak adalah sengatan matahari yang terlalu panas, kondisi cuaca atau ruangan yang tidak ada sirkulasi udara, penyumbatan kelenjar keringat, terjangkit beberapa infeksi akibat bakteri, pakaian kurang nyaman, salah penggunaan produk kulit, dan masih banyak lagi.

Tips Mengatasi Biang Keringat pada Anak


Mengatasi biang keringat pada anak memang bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa tipe kulit yang akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari, namun juga ada tipe kulit yang membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk kembali normal. Nah, berikut ini adalah tips mengatasi biang keringat pada anak yang bisa dilakukan dengan mudah.

Berikan pakaian yang nyaman

Langkah paling mudah untuk mengatasi biang keringat pada anak-anak adalah dengan memberikannya pakaian yang nyaman. Selain desain, kamu juga harus memperhatikan bahan kain yang digunakan. Pilihlah bahan kain cotton berkualitas yang bisa menyerap keringat dengan baik. Usahakan juga untuk memberikan pakaian longgar kepada si anak agar keringat bisa terserap dengan baik.

Biarkan anak bergerak bebas

Bergerak bebas memang menimbulkan banyak keringat pada anak. Namun akan lebih berbahaya lagi apabila kamu menggendongnya secara terus menerus. Dengan memberikan kebebasan bergerak, kelenjar keringat juga akan tersirkulasi dengan baik. Namun perlu diperhatikan apabila cuaca sedang panas untuk tidak membiarkannya bergerak terlalu banyak.

Nah, untuk kamu yang memiliki anak bayi sebaiknya jangan terlalu digendong terus menerus. Kulit bayi cenderung lebih sensitif daripada kulit dewasa. Biarkan bayi bergerak bebas dengan membaringkannya di permukaan terbuka sehingga banyak udara yang bisa masuk ke sela-sela tubuh bayi.

Jauhkan dari udara panas

Seperti yang kita ketahui, di Indonesia sendiri memiliki musim tropis yang mana ada cuaca panas dan cuaca penghujan. Apabila cuaca panas tiba, akan lebih baik untuk menghindarkan anak-anak dari kondisi luar ruangan. Salah satu penyebab terjadinya biang keringat adalah karena udara panas dan lembab.

Jika kondisi sudah terasa panas, kamu bisa memindahkan anak ke dalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara baik. Apabila menggunakan AC atau kipas angin, lebih baik hindarkan langsung dari tubuh anak karena hal tersebut bisa memicu penyakit lainnya. Berikan air minum atau ASI yang banyak untuk mengganti cairan yang telah keluar.

Berikan bedak bayi

Langkah paling mudah untuk menghindari biang keringat pada anak adalah dengan memberikan bedak bayi pada kulit yang meruam. Selain menghindari dari biang keringat, bedak bayi juga digunakan untuk menjaga kulit agar selalu dalam kondisi kering. Kamu juga bisa memberikannya apabila kulit bayi gatal-gatal.

Untuk pemberian bedak bayi, pastikan terlebih dahulu bahwa kondisi kulit benar-benar kering. Karena apabila pemberian bedak bayi pada kulit yang basah justru akan memperparah ruam dan menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit.

Menjaga kulit bayi untuk tetap kering

Selain cuaca panas, biang keringat juga bisa terjadi karena lembab. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menjaga kulit bayi untuk tetap kering agar tidak terjadi biang keringat. Apabila kulit anak sudah berkeringat, pastikan untuk menyediakan handuk basah dan lembut untuk mengusapnya.

Kamu juga bisa selalu sedia baju ganti untuk jaga-jaga pakaian si anak. Dengan begitu, kamu bisa langsung mengganti baju anak apabila keringat sudah menjalar ke seluruh tubuh.

Mengatasi biang keringat pada anak memang bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan khusus karena banyak sekali barang yang harus disiapkan. Sebagai orangtua, pastikan bahwa si anak tetap dalam kondisi aman dan nyaman sehingga perjalanan bisa dilalui dengan mudah.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA