Home Editor's Choice Gadget /Komputer Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi

Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi

0
Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi

Ketika kita memilih laptop, kita juga harus siap dengan segala permasalahan yang akan terjadi nantinya. Salah satu permasalahan yang sering kali terjadi yaitu baterai tidak bisa mengisi. Ada banyak penyebab baterai tidak mengisi. Salah satu penyebabnya yaitu masalah pada sisi adaptor, soket power dan pada baterainya tersendiri.

Nah, jika kamu memiliki laptop namun baterai tidak mengisi saat dicas, kamu tidak perlu khawatir. Karena pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai cara mengatasi baterai laptop tidak mengisi,  selain itu pada ulasan kali ini juga akan dibahas mengenai penyebab-penyebab baterai laptop tidak terisi. Langsung saja berikut ini ulasan lengkapnya.

Penyebab Baterai Laptop Tidak Terisi


Apapun permasalahan yang terjadi pada laptop, pasti ada penyebabnya. Baik itu penyebab dari cara penggunaan yang tidak sehat atau bahkan memang penggunaan dalam jangka panjang. Bahkan baterai laptop tidak terisi ini juga memiliki beberapa penyebab. Adapun berikut ini penyebab-penyebab yang sering terjadi:

  • Pengisian yang Tidak Teratur

Salah satu penyebab baterai tidak bisa terisi yaitu karena terbiasa melakukan pengisian yang tidak teratur. Misalnya menggunakan laptop hingga baterai benar-benar 0%. Hal ini tidak disarankan untuk dilakukan, karena cara terbaik dalam menggunakan laptop yaitu maksimal sampai adanya peringatan baterai membutuhkan pengisian. Dalam mengisi baterai laptop juga disarankan hingga baterai full 100%. Jika baterai tidak terisi penuh, baterai bisa error atau tidak terisi, karena Cell baterai laptop itu merupakan Smart material. Sehingga jika kamu menggunakannya dengan benar, maka baterai juga akan awet.

  • Tidak Segera Melakukan Pengisian Saat Baterai Loubet

Penyebab lain baterai laptop tidak bisa mengisi yaitu ketika baterai sudah lowbat atau 0% tidak segera diisi. Hal ini seringkali terjadi karena kebanyakan orang ketika baterai laptop sudah 0%, malah menyimpannya karena menganggap pekerjaan sudah selesai untuk sementara waktu.

  • Faktor dari Cell Baterai

Faktor penyebab baterai laptop tidak mengisi yaitu karena faktor dari cell baterai. Jika memanv rusaknya baterai karena faktor ini, sebaiknya baterai diganti yang baru. Namun sebelum mengganti baterao, alangkah baiknya jika melakukan perbaikan secata software.

Cara Mengatasi Baterai Laptop yang Tidak Terisi


  • Matikan Laptop

Langkah pertama yaitu mematikan laptop sebelum mengatasi baterainya yang tidak mengisi. Setelah itu lepas baterai dan adaptor absensi laptop. Lalu biarkan laptop tanpa baterai dan adaptor kurang lebih 30 detik, setelah itu tekan tombol power selama 30 detik.

  • Biarkan Baterei Mendingin

Biarkan baterai mendingin sekitar 5 sampai 10 menit, karena jika baterai dalam keadaan panas bisa berpotensi masalah ke mekanisme pengisian daya. Selain itu kamu juga perlu melakukan pembersihan kisi-kisi pada kipas dari debu yang dilakukan dari luar. Jika perlu kamu bisa membongkar laptop. Karena debu yang menempel pada kipas laptop ini bisa menyebabkan aliran panas. Yang mana panas ini akan menyebar ke berbagai piranti elektronik laptop yang bisa menyebabkan kerusakan.

  • Lakukan Pembersihan Konektor Baterai

Setelah baterai terlepas dari laptop, yang harus kamu lakukan yaitu bersihkan konektor baterai dari debu yang menempel dengan cara membersihkannya menggunakan penghapus pensil pada umumnya. Selain itu perlu juga melakukan pembersihan pada pin baterai di motherboard. Agar tidak merusak pin yang ada, lakukan pembersihan dengan penghapus pensil secara hati-hati.

  • Nyalakan Laptop tanpa Baterai

Setelah sudah dibersihkan, nyalakan laptop kembali. Namun jika laptop tidak menyala, itu berarti terjadi kerusakan pada adaptor. Namun jika laptop menyala, berarti baterai laptop itulah yang menjadi permasalahannya.

  • Pemeriksaan Fisik Kabel Adaptor

Selanjutnya lakukan pemeriksaan fisik kabel adaptor tersebut. Kondisi fisik kabel yang jelek ini ditandai dengan adanya tonjolan yang muncul pada bagian kabel atau bekas hangus yang menandakan panas di kabel. Jika memang hal tersebut terjadi, bisa jadi ada masalah dalam pengisian daya ke baterai. Sehingga tidak bisa terisi penuh.

  • Instal-Ulang Driver Baterei

Kerja hardware, baterai dan sistem power menjadi tidak optimal jika driver bermasalah. Nah, cara terakhir untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan instal ulang driver baterai. Adapun berikut ini caranya:

  1. Langkah pertama klik menu Start, lalu klik kanan ikon My Computer, dan klik Manage.
  2. Pada kotak dialog, pilih Computer Manager yang letaknya berada di panel kiri klik Device Manager.
  3. Cari section Batteries yang berada di panel kanan, setelah itu klik kanan pada entri “Microsoft ACPI-Compliant Control Method battery” dan klik Uninstall.
  4. Klik toolbar yang terdapat pada Scan for Hardware Changes, selain itu kamu bisa klik menu Action dan klik Scan for Hardware Changes.
  5. Cara yang terakhir yaitu lakukan instal ulang Driver dan tunggu hingga proses selesai, lalu cek hasilnya dengan melakukan restart Laptop.

Itulah cara mengatasi baterai laptop yang tidak mengisi dan penyebab-penyebabnya. Bagi kamu yang ingin memiliki baterai laptop yang aman, sebaiknya isi baterai dengan benar. Hindari menggunakan laptop hingga baterai 0%.

BACA JUGA! TIPS DAN CARA MEMBERSIHKAN LAYAR LAPTOP DENGAN AMAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here