Cara Mengatasi Aptio Setup Utility di Laptop

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Kebutuhan laptop saat ini semakin meningkat khususnya di kalangan mahasiswa. Ada banyak tugas yang dapat terselesaikan jika dikerjakan dengan laptop pribadi. Karena frekuensi penggunaan yang tinggi, kondisi laptop dapat menurun seiring berjalannya waktu.

Awalnya laptop dalam keadaan baik-baik saja. Namun, karena sering menyala atau akibat lain, kondisi laptop bisa menjadi rusak. Kerusakan ini akan membuat pemiliknya panik dan khawatir aktivitas kuliahnya menjadi terhambat.

Permasalahan dalam laptop bermacam-macam. Apalagi jika laptop tidak bisa booting dan masuk ke Windows. Laptop yang tidak bisa booting ini bisa mengarah ke Aptio Setup Utility. Jika sudah masuk keadaan ini, program tidak bisa keluar meskipun sudah berulang kali menekan escape dan enter.

Jika kondisinya seperti ini, tentunya pemilik laptop akan khawatir. Namun, jangan bingung dan buru-buru dibawa ke servis laptop. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengeluarkan laptop dari Aptio Setup Utility.

Berikut adalah cara untuk mengatasi permasalahan laptop yang masuk ke Aptio Setup Utility

  1. Hal pertama yang dilakukan adalah menekan escape (esc) yang berada di pojok kiri atas keyboard. Kemudian pilih Yes dan tekan Enter.
  2. Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan. Pilihlah menu Exit lalu pilih Save Changes and Reset. Kemudian pilih Yes dan tekan Enter.

Terkadang dengan cara di atas, laptop masih belum bisa keluar dari Aptio Setup Utility. Jika seperti ini, ada kemungkinan terdapat kesalahan pada OS atau BIOS-nya. Jangan panik terlebih dahulu. Masih ada cara lain yang bisa dicoba. Alternatif yang bisa dilakukan adalah cari OS atau BIOS laptop akan dijelaskan berikut ini.

Sumber gambar: https://bersamatekno.com

  1. Masuk ke menu Advanced kemudian Security. Mengganti OS atau BIOS juga ada di menu Boot.
  2. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan di menu di Advanced Setting.
  3. Pilih OS Selection dan tekan enter
  4. Ganti OS menjadi Legary OS dan tekan Enter
  5. Klik menu Exit, lalu Save Changes and Reset, dan klik Enter.

Bagi mahasiswa terutama yang tidak memahami cara kerja laptop, apapun masalahnya pasti akan membuat panik. Diharapkan cara di atas dapat membantu mengatasi Aptio Setup Utility di laptop.

Putri Rahayu
Putri Rahayu
Seorang penulis tekno dan ingin menjadi blogger fulltime. Saat ini menyukai Travelling, Teknologi, dan menonton film. Saat ini menjadi ghost writer https://bersamatekno.com

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA