Cara Mengatasi Alergi Lipstik dengan Mudah

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Bagi kaum wanita, lipstik menjadi hal wajib yang harus dibawa dan harus digunakan dimanapun mereka berbeda. Lipstik atau pewarna bibir menjadi penunjang yang sifatnya sangat penting untuk menjaga penampilan agar tetap segar. Jika dilihat dari bentuknya memang sangat kecil, tapi memiliki fungsi yang sangat besar.

Saat ini ada banyak sekali jenis lipstik yang ada di pasaran. Mulai dari yang sifatnya glossy hingga yang sifatnya matte. Lalu apakah semua jenis lipstik itu aman untuk digunakan? Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai ulasan tentang alergi lipstik dan bagaimana cara mengatasinya.

Gejala Menderita Alergi Lipstik


Karena banyaknya jenis lipstik yang ada di masyarakat saat ini, tidak jarang dari mereka yang suka mencoba-coba jenis baru. Karena ada banyak jenis lipstik, tidak semua orang cocok dengan bahan-bahan yang digunakan. Nah, untuk itu kamu juga harus mengetahui gejala-gejala menderita alergi lipstik supaya bisa langsung menanganinya.

Alergi lipstik yang biasanya terjadi adalah timbulnya rasa gatal pada bibir, rasa terbakar pada bibir, bengkak pada salah satu atau kedua bagian bibir, rasa nyeri hingga perih, mati rasa pada bibir, warna bibir berubah menjadi kemerahan, mata berair, bahkan hingga bengkak pada bagian tenggorokan dan kesulitan untuk bernafas.

Apabila kamu mengalami gejala tersebut, kamu harus segera melakukan penanganan khusus seperti yang akan dibahas berikut ini.

Penyebab Alergi Lipstik


Cara Mengatasi Alergi Lipstik dengan Mudah

Guys, lipstik memiliki aneka bahan kimia yang bisa membuat alergi muncul. Bahan apa saja sih yang sensitif dan bisa memicu alergi terhadap kulit bibir itu? Bahan-bahan yang harus kamu waspadai adalah seperti fragrance, parabens, imidazolidinyl, quaternium-15, DMDM hydantoin, dan masih banyak bahan-bahan sedikit berbahaya lainnya.

Fragrance atau parfum adalah suatu bahan yang biasa digunakan pada pembuatan lipstik. Apakah bahan tersebut selalu ada di dalam lipstik? Ya, setiap lipstik pasti mengandung wewangian. Tentunya kamu pasti pernah menemui lipstik dengan rasa-rasa seperti vanila, strawberry, dan lain sebagainya. Nah, fragrance sendiri bisa memicu terjadinya iritasi oleh kulit bibir.

Selain fragrance, barang yang sering menyebabkan alergi di kulit orang adalah paraben. Paraben sendiri merupakan sebuah bahan yang pasti dijumpai pada produk kosmetik. Nama paraben biasanya di samarkan dengan nama lain seperti methyl-, ethyl-, propyl-, butyl-, benzyl-, dan paradrox benzoate. Apabila kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya jangan gunakan lipstik yang mengandung bahan ini.

Nah, sebelum membeli lipstik yang kamu sukai, akan lebih baik lagi jika kamu cek terlebih dahulu bahan yang terkandung di dalamnya.

Cara Mengatasi Alergi Lipstik


Jika kamu mengalami alergi yang terjadi pada bibirmu, bisa dipastikan hal tersebut disebabkan oleh lipstik yang kamu gunakan sehari-hari. Setelah mengetahui beberapa penyebab alergi lipstik di atas, kamu pasti bisa lebih waspada lagi kan? Nah, apabila kamu sudah mengalami alergi tersebut, berikut ini akan di berikan tips mengatasi alergi lipstik dengan mudah dan terbukti ampuh.

Kompres Bibir

Jika alergi lipstik sudah menyerang, kamu bisa mengompres es batu dan letakkan kepada bagian bibir yang alergi. Tujuan dari pengompresan ini adalah untuk mengurangi bengkak yang terjadi pada bibir. Cara penggunaannya adalah membalut es batu dengan kain tipis dan meletakkannya pada bibir selama beberapa menit saja.

Gunakan Kantung Teh

Kantung teh yang sudah didinginkan di dalam kulkas ternyata bisa mengobati alergi lipstikmu lho. Rasa gatal dan bengkak yang terjadi pada bibir bisa dengan mudah diobati dengan bahan ini. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan kantung teh kepada bagian bibir yang alergi.

Oleskan Lidah Buaya

Langkah mengatasi alergi lipstik selanjutnya adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Lidah buaya memang dipercaya bisa mengatasi kulit sensitif atau alergi yang ada pada bagian wajah. Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya kepada bagian bibir yang sedang alergi.

Pergi ke Dokter

Apabila rasa alergi yang kamu derita sudah cukup parah dan tidak bisa diobati secara tradisional, kamu bisa membawa langsung penyakitmu tersebut ke dokter terdekat. Dengan pergi ke dokter, kamu bisa mengurangi gejala alergi yang terjadi pada bibir.

Sedikit informasi tentang cara mengatasi alergi lipstik diatas semoga dapat membantu meringankan penyakit yang kamu derita. Semoga lekas sembuh!

Baca Juga! 9 Cara Membuat Bibir Merah Alami Tanpa Menggunakan Lipstik

 

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA