Cara Mengaktifkan Windows Defender untuk Windows 8 dan 10

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Cara-Mengaktifkan-Windows-Defender-untuk-Windows-8-dan-10-825x462[1]
Daftar Topik

Istilah Windows Defender mungkin menjadi istilah yang pernah Anda dengar. Ini adalah salah satu hasil karya Windows untuk menyempurnakan sistem operasi mereka. Windows Defender sendiri istilah sederhananya adalah antivirus yang dikeluarkan oleh Windows sudah cukup lama.

Jenis fitur ini sebelumnya memang lebih dikenal dengan istilah Microsoft Security Essential (MSE). Anda yang memiliki Windows 8 atau 10 mungkin bertanya-tanya bagaimana cara untuk mengaktifkan antivirus ini, nah pada kesempatan ini akan diulas tentang cara mengaktifkan Windows Defender pada Windows Anda.

Cara Mengaktifkan Windows Defender 


Gambaran Umum Mengenai Windows Defender


Sebelum lebih jauh mengulas tentang cara mengaktifkan Windows Defender,  penting untuk diulas mengenai apa itu Windows Defender. Sesungguhnya, Windows Defender ini memiliki peran yang serupa dengan antivirus yang lain seperti Aset, Avira, dan lain sebagainya. Jenis antivirus satu ini menawarkan suatu fungsi yang utama, yaitu sebagai alat untuk melindungi PC atau laptop dari berbagai serangan seperti Malware atau virus. Karena jika dibiarkan, malware atau virus tersebut juga akan berbahaya. Sebagaimana yang sudah banyak terjadi di lapangan bahwa virus dan sejenisnya mampu mengacak-acak PC, termasuk berbagai file yang sudah tersimpan di dalamnya.

Anda tentu tidak menginginkan hal tersebut terjadi sehingga di sinilah fungsi penting dari antivirus seperti Windows Defender. Dari sisi default, Windows Defender ini sudah diinstal pada Windows, misalnya saja untuk windows delapan dan juga windows 10. Sehingga, Anda yang hendak melakukan aktivasi terhadap antivirus ini hanya tinggal mengaktifkan tanpa harus menginstal. Sedangkan cara untuk mengaktifkannya amatlah mudah. Anda tidak perlu kebingungan dan takut akan membahayakan PC karena ini bisa dibilang sangat aman.

Nah, untuk dapat mengetahui apakah Windows Defender di PC Anda sudah aktif ataukah belum, maka salah satu langkahnya adalah dengan membuka program Windows Defendernya secara langsung. Apabila setelah dibuka Anda mendapati notif yang memiliki tulisan this App is turned off by group policy, artinya windows Defender Anda masih belum aktif. Begitupun sebaliknya. Hal ini tentu akan sangat mudah bukan.

Langkah Aktivasi Windows Defender


Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk mengaktifkan Windows Defender di PC Anda. Berikut rinciannya:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka Local Group Policy Editor. Di antara langkah yang dapat diambil adalah dengan menekan tombol Windows + R. Sesudah itu Anda harus mengetik gpedit.msc lalu tekan bagian enter.
  • Sesudah itu, pada bagian panel yang kiri di bagian menu Local Group Policy Editor Anda harus memilih Computer Cponfiguration, kemudian Administrative Templates. Selanjutnya adalah Windows Components dan klik Windows Defender.
  • Setelah berhasil menemukan ikon Windows Defender, Anda harus mengaktifkannya dengan melakukan klik dua kali turn off Windows Defender.
  • Cara mengaktifkan Windows Defender selanjutnya adalah dengan memilih not configured atau bisa juga memilih menu Disabled untuk dapat mengaktifkan Windows Defender. Selanjutnya adalah memilih Ok. Untuk cacatan Anda, pilihan nit configured adalah pengaturan untuk default dari Windows. Apabila Anda berkeinginan untuk menonaktifkan, maka hanya perlu memilih menu enabled.
  • Sesudah langkah di atas dilakukan dengan tepat, Anda harus membuka Windows Defendernya. Hal ini bisa Anda lakukan dengan mencari terlebih dahulu melalui start menu dengan mengetik Windows Defender tersebut.
  • Jika sudah, Anda hanya tinggal mengeklik start now. Sesudah itu, Windows Defender akan siap untuk melindungi keseluruhan dari laptop atau PC Anda dari berbagai gangguan virus dan juga malware.

Nah, penting untuk diketahui bahwa jenis Windows Defender ini bisa dibilang sangat tangguh untuk melindungi PC Anda dari berbagai gangguan virus. Namun, ini bukan bermaksud memberikan kesimpulan bahwa Windows Defender menjadi antivirus yang terbaik juga. Karena sesungguhnya jenis anti virus bisa dipilih sendiri sesuai dengan yang diinginkan oleh masing-masing orang dan dirasa cukup efektif, baik memakai Windows Defender atau jenis antivirus yang lainnya. Yang perlu untuk dicacat dan diingat adalah Anda jangan sampai melakukan penginstalan dua jenis antivirus secara bersamaan karena ini bisa menimbulkan crash.

Itulah uraian mengenai cara mengaktifkan Windows Defender pada Windows 8 dan 10 yang bisa dijadikan sebagai rujukan dan tutorial saat Anda hendak memasangnya di PC. Cara di atas tentu sangat mudah diaplikasikan. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Baca Juga! INILAH 4 CARA MEMATIKAN UPDATE WINDWOS 10 TERCEPAT

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA