Cara Mengaktifkan Hardware Virtualization Tanpa Bios

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
6420-windows 10
Daftar Topik

Hardware virtualization merupakan perangkat keras virtual yang memiliki fungsi seperti komputer dengan berbagai sistem operasi. Hardware virtualization ini mampu membuat atau mampu menjalankan berbagai jenis sistem operasi pada satu perangkat. Selain kelebihan dari hardware virtualization, juga terdapat beberapa kekurangan seperti kinerja pc yang lebih lambat dari pada biasanya.

Mengaktifkan hardware virtualization memang sangat menarik, karena kamu akan seolah-olah memiliki berbagai macam hardware, atau memiliki banyak CPU. Namun, tentu saja hal tersebut juga terkendala pada masalah keamanan keseluruhan sistem operasi.

Pada umumnya mengaktifkan hardware virtualization dilakukan pada bios yang ada pada pc kamu. Namun bios sudah dianggap terlalu usang, sehingga sebagian pc sudah tidak lagi menggunakan bios, tetapi menggunakan UEFI sebagai pengganti dari bios. Tetapi cara pengaktifan hardware pada UEFI tak jauh berbeda dari BIOS. Berikut ini, merupakan cara akses UEFI yang perlu kamu ketahui untuk melakukan pengaktifan hardware virtualization

Akses UEFI pada Windows 10 Melalui Pengaturan


  1. Kamu bisa menekan tombol win pada keyboard agar menu start pada window 10 keluar.
  2. Klik sebuah panel pengaturan, kemudian pilih perbarui dan keamanan
  3. Selanjutnya pilih pemulihan dan lakukan restart dengan cara klik restart.
  4. Kemudian windows 10 akan melakukan restart dan akan muncul sebuah layar biru. Kemudian kamu bisa memilih pemecahan masalah atau “troubleshoot”
  5. Selanjutnya kamu bisa memilih opsi lanjutan
  6. Kemudian setelah kamu memilih opsi tersebut, maka akan ada berbagai pilihan, maka kamu bisa memilih “UEFI Firmware Settings”
  7. Kemudian kamu bisa memilih restart agar pc kamu di mulai ulang kembali.
  8. Kemudian windows kamu akan memulai ulang dan hardware virtualization akan kembali aktif.

Akses UEFI Windows 10 Menggunakan Shift+Restart


  1. Pada desktop windows kamu, kamu bisa mengklik ikon win agar menu start menjadi muncul kemudian klik power, selanjutnya lakukan restart dengan mengklik restart diiringi dengan menekan serta tahan tombol shift yang ada pada keyboard kamu.
  2. Selanjutnya windows kamu akan melakukan restart dan akhirnya boot pada layar biru.
  3. Setelah itu, kamu bisa memilih “troubleshoot” kemudian untuk selanjutnya kamu bisa melakukan klik pada “advanced options”. Selanjutnya kamu bisa memilih UEFI firmware setting.
  4. Apabila sudah, kamu bisa melakukan restart dengan meng klik restart. Hal tersebut berfungsi agar pc kamu menjadi kembali ke awal lagi dan hardware virtualization menjadi aktif dan bisa digunakan.

Itulah cara mengakses UEFI yang bisa kamu gunakan, selanjutnya kamu bisa mengaktifkan hardware virtualization dengan cara berikut,

Setelah kamu melakukan boot ke UEFI pada pc kamu, selanjutnya kamu bisa kembali membuka akses UEFI untuk mengaktifkan hardware virtualization. Namun, berbeda merk laptop, berbeda pula cara pengaktifannya.

Untuk PC Asus, kamu bisa langsung masuk pada setting UEFI kemudian kamu pilih tab advance lalu pilih hardware virtualization, kemudian klik enabled selanjutnya kamu bisa klik save and exit untuk keluar serta menyimpannya.

Sementara pada PC Lenovo, kamu bisa memilih tab “konfigurasi” kemudian kamu pilih hardware virtualization lalu klik enabled. Lalu kemudian klik save and exit.

Cara tersebut hampir sama pada PC Acer, kamu tinggal memilih tab konfigurasi sistem, lalu pilihlah hardware virtualization dan tekan tombol enter. Kemudian klik save and exit.

Pada PC HP, kamu bisa memilih keamanan sistem kemudian kamu bisa menekan enter lalu pilihlah hardware virtualization kemudian pilih enter lalu aktifkan.

Pada komputer Dell, kamu bisa memilih tombol advance selanjutnya akan terdapat berbagai opsi hardware, selanjutnya pilihlah hardware virtualization lalu klik enable it. Kemudian untuk keluar dan menyimpannya kamu bisa mengklik save and exit.

UEFI sudah bisa digunakan pada windows 10, meskipun windows 10 kamu masih menggunakan bios, tapi kamu bisa mengubahnya menjadi UEFI. bagi kamu yang baru saja menggunakan UEFI, kamu pasti merasa kesusahan, karena UEFI sendiri didesain untuk menggantikan BIOS yang dianggap lama dan usang pada komputer atau PC.

Meskipun UEFI memiliki fungsi yang sama dengan BIOS, namun pada UEFI terdapat penambahan menu-menu baru yang bisa saja membuat kamu bingung. Tetapi, kamu tenang saja, karena menu baru yang ditambahkan pada UEFI itu hanya perkembangan dari UEFI yang memiliki menu lebih lengkap ditimbang BIOS.

Itulah cara mengaktifkan hardware virtualization tanpa menggunakan bios, namun pada dasarnya sama saja, baik bios maupun UEFI, yang membedakan UEFI dari bios adalah, UEFI adalah generasi baru yang lengkap melebihi BIOS. Bagi kamu yang pc atau laptop nya sudah menggunakan UEFI kamu bisa menggunakan cara tersebut untuk mengaktifkan hardware virtualization pada pc kamu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

BACA JUGA!

Cara Aktivasi Windows 10 Pro Tanpa Product Key

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP