Cara Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja

0
mother and three years boy reading a book isolated on white

Mempunyai peran sebagai orang tua juga berperan pula menjadi guru pertama bagi anak-anaknya. Nah, di sinilah peran orang tua terutama seorang ibu punya kewajiban yang sangat penting untuk mendidik anaknya sampai dia tumbuh pintar dan cerdas. Akan tetapi sayang sekali tak jarang juga hal tersebut sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, sebelumnya ibu harus tahu cara-cara dan metode belajar yang paling cocok dan optimal bagi anak.

Di samping itu, seorang ibu juga harus paham bagaimana karakter anak supaya bisa mengoreksi lagi metode apa yang tepat untuk diterapkan padanya dan apakah metode tersebut sudah optimal atau belum. Oleh sebab itu, untuk mengajari anak belajar membaca tentu saja harus membutuhkan tahapan-tahapan yang cukup lama hingga akhirnya ia lancar tanpa mengeja.

Walaupun demikian, seorang ibu harus melewati berbagai tahapan yang cukup panjang untuk mengajarkan anaknya belajar membaca Namun ternyata ada trik khusus yang bisa memungkinkan para ibu untuk mengajarkan anaknya membaca dengan lebih cepat tanpa harus mengeja.

Nah, Berikut ini akan kami rangkum cara mengajari anak membaca tanpa mengeja yang bisa dicontoh.

Mengenalkan Huruf dengan Cara yang Menyenangkan


Cara mengajari anak membaca tanpa mengeja yang pertama yaitu dengan mengenalkan huruf dengan cara yang menyenangkan. Apabila anak kita masih belum bisa mengenal huruf sama sekali atau juga kurang menguasai nya, maka tahap pertama untuk mengajari anak TK membaca yaitu dengan mengenalkan huruf A sampai dengan Z.

Caranya dengan membuat anak kita hafal saat menemui salah satu dari bentuk huruf A sampai dengan Z tersebut. Bukan hanya itu, pastikan pula bahwa anak kita sudah bisa mengucapkan huruf A sampai dengan Z tersebut dengan baik dan benar. Contohnya saat anak kita menemukan bentuk huruf C, maka secara otomatis anak kita sudah bisa langsung mengucapkan bunyi huruf tersebut yaitu “ce”.

Ajarkan Anak Menghafal Suku Kata


Cara mengajari anak membaca tanpa mengeja yang selanjutnya yaitu dengan mengajarkan anak kita untuk menghafalkan suku-suku kata. Jadi jika anak kita sudah bisa menguasai serta menghafal huruf A sampai dengan Z, maka ajaklah dia untuk menghafal suku kata. biarkan supaya anak untuk menghafal suku kata mulai dari konsonan B sampai dengan Z yang kemudian diikuti dengan huruf vokal yaitu a, e, i, o, u.

Contohnya: ba, be, bi, bo, bu sampai dengan za, ze, zi, zo, zu. Biarkan anak kita untuk menghafal serta agar ia terbiasa menggunakan suku kata tersebut. Walaupun anak kita masih dalam proses menghafal serta masih belum bisa lancar membaca, maka anak kita masih belum dikatakan dapat membaca dan barulah kita menginjak tahap berikutnya.

Mengajak Anak Membaca Suku Kata Bervariasi


Tahapan selanjutnya untuk mengajari anak membaca tanpa mengeja yaitu dengan mencarikan kata-kata yang ada di dalam suku kata secara bervariasi guna mengajak anak kita belajar membaca serta mengenalkannya ke suku kata tersebut. Misalnya seperti bu-ku, ba-bi, sa-pi, ma-mi, ma-ta dan lain sebagainya. Nah, pada tahapan ini ada baiknya kita jangan mengenalkan kepada anak kita dulu dengan suku-suku kata yang memiliki akhiran kata huruf mati.

Hal tersebut bertujuan supaya mereka dapat menguasai tahapan belajar ini terlebih dahulu. Nah, sedangkan jika anak kita masih sulit dalam memahaminya, maka cobalah dengan mengajarinya terus hingga dia terbiasa serta bisa memahami suku kata. Misalnya seperti berikut ini:

  • ba, ca, da, fa, ga, ha, ja dan seterusnya
  • be, ce, de, fe, ge, he, je dan seterusnya
  • bi, ci, di, fi, gi, hi, ji dan seterusnya
  • bo, co, do, fo, go, ho, jo dan seterusnya
  • bu, cu, du, fu, gu, hu, ju dan seterusnya

Mengajari Anak Huruf Mati


Apabila anak kita sudah bisa menguasai tahapan-tahapan yang sebelumnya, maka sudah saatnya kita mengajarkannya tentang huruf mati. Dengan mengajari huruf mati pada anak kita bisa dengan mengenalkannya huruf-huruf mati itu apa saja, misalnya seperti “ng”, “ny” dan juga huruf-huruf konsonan yang lainnya jika dijadikan sebagai huruf mati.

Melatih Anak untuk Membaca Kata Utuh


Cara terakhir dalam mengajari anak membaca tanpa mengeja yaitu dengan melatih anak kita untuk membaca secara utuh. Pada awalnya mungkin hal tersebut akan menyulitkan anak kita untuk tidak mengeja. Maka sebaiknya biarkan terlebih dahulu dia membaca dengan mengeja. Nah, disinilah peran seorang ibu begitu penting untuk melatih anak agar ia bisa cepat membaca tanpa mengeja.

Seiring berjalannya waktu, maka ibu juga harus banyak menemukan berbagai metode yang cocok untuk anak kita. Apalagi jika anak kita masih sulit dalam membaca untuk waktu yang cukup lama.

Nah, jadi itulah tadi beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk mengajari anak supaya bisa membaca tanpa mengeja. Akan tetapi ajari anak kita perlahan-lahan dan jangan memaksakannya. Selamat mencoba.

BACA JUGA! CARA MEMBUAT PLAYDOUGH YANG AMAN UNTUK ANAK