Cara Mencuci Sepatu Suede dengan Benar

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Cara Mencuci Sepatu Suede – Banyak sekali masyarakat yang menyukai bahan yang terbuat dari suede. Suede sendiri merupakan kulit hewan yang di bagian bawah dan sangat lembut serta lentur. Sudah banyak produk fashion yang dibuat dari bahan suede, seperti jaket, sepatu, dan juga boots. Meskipun banyak yang menyukai produk dari bahan suede ini, tapi masih ada yang mengurungkan niatnya untuk tidak membelinya, karena disamping harganya yang lumayan, mereka ragu  jika nanti susah untuk merawat atau mencuci produk yang berbahan suede ini.

Sebenarnya, untuk mencuci produk dari bahan suede ini tidaklah susah seperti produk sepatu lainnya. Jadi, untuk dapat mencuci sepatu suede yang benar harus memperhatikan beberapa cara agar tidak rusak dan bisa tahan lama. Nah, untuk kamu yang masih ragu dan tidak membeli sepatu ini karena susah merawatnya, disini kami akan membagikan mengenai bagaimana cara mencuci sepatu suede yang benar.

Inilah Cara Mencuci Sepatu Suede dengan Benar

1. Sepatu Suede Kotor Ringan

Membersihkan Sepatu

Jika sepatu suede hanya kotor ringan saja, kamu bisa membersihkan dengan cara menggunakan sikat gigi atau sikat khusus yang halus dan lembut. Dalam membersihkan sepatu suede kamu perlu memperhatikan cara menyikatnya yaitu dalam menyikat harus satu arah karena tekstur sepatu suede agar tetap terjaga dan tidak rusak. Dan jika sepatu masih basah atau lembab kamu bisa mengeringkan terlebih dahulu.

2. Sepatu Suede Terkena Noda Air

sepatu suede kena air

Jika sepatu kamu terkena noda yang berupa cairan, kamu perlu membersihkan dengan cara berikut:

  • Pertama kamu harus menyiapkan handuk atau sponge kering
  • Kemudian, kamu bisa mengusapkan handuk atau sponge kering tersebut kearah sepatu suede yang terkena noda air secara perlahan dan lembut.
  • Selanjutnya, supaya sepatunya bentuknya tidak berubah kamu bisa masukkan kertas polos kedalam sepatu suede tersebut.
  • Setelah itu, kamu angina- anginkan sepatu tersebut sampai kering. Dan jangan sampai jika proses pengeringan kamu menggunakan panas matahari karena itu bisa merusak bahan dari sepatu suede.
  • Nah setelah itu kamu bisa menyikat sepatu suede dengan menggunakan sikat gigi atau sikat khusus dan sikat dalam satu arah agar tekstur sepatu tidak rusa.

3. Sepatu Suede Terkena Noda Lumpur

sepatu suede kena lumpur

Jika sepatu kamu terkena noda yang berupa lumpur, kamu perlu membersihkan dengan cara berikut:

  • Pertama, kamu siapkan penghapus pensil, cuka apel dan juga handuk kering
  • Kedua, kamu bisa membersihkan noda lumpur yang sekiranya dapat dibersihkan secara manual sampai sepatunya bersih.
  • Selanjutnya, kamu bisa menunggu sepatu suede hingga kering
  • Setelah kering kamu bisa menggosok bekas noda lumpur dengan menggunakan penghapus pensil. Dan kamu bisa lakukan secara berulang- ulang hingga bekas noda lumpurnya menghilang.
  • Kemudian, jika nodanya masih tidak bisa hilang kamu bisa membersihkan dengan cuka apel. Dan caranya celupkan ujung handuk kedalam cuka, selanjutnya kamu gosok secara satu arah di noda tersebut dan dijamin pasti nodanya akan menghilang.
  • Nah jika noda tersebut sudah hilang kamu bisa menyikatnya dengan menggunakan sikat gigi atau sikat khsusus.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Merk Semir Sepatu yang Bagus

4. Sepatu Suede Terkena Noda Darah

sepatu suede kena darah

Jika sepatu kamu terkena noda yang berupa darah, kamu perlu membersihkan dengan cara berikut:

  • Pertama kamu harus menyiapkan kapas dan peroxide
  • Setelah itu, silahkan kamu celupkan kapas ke dalam peroxide
  • Kemudian, gunakan kapas tadi untuk mengusap noda darah yang ada pada sepatu kamu. Dan usap sampai noda darah benar- benar hilang.
  • Selanjutnya, kamu keringkan sepatunya dan jika sudah kering kamu bisa menggosok sepatunya dengan menggunakan sikat gigi atau sikat khusus secara satu arah supaya tekstur dari sepatu tersebut tidak berubah.

5. Sepatu Suede Terkena Noda Minyak

sepatu suede kena noda minyak

Jika sepatu kamu terkena noda yang berupa minyak, kamu perlu membersihkan dengan cara berikut:

  • Jika sepatu masih dalam keadaan basah karena noda minyak, kamu segera lakukan menaburi sepatu dengan menggunakan tepung maizena hal ini karena tepung tersebut dapat menyerap minyak.
  • Kemudian agar hasilnya lebih bersih kamu bisa diamkan hingga semalaman.
  • Selanjutnya, kamu bisa membersihkan dengan cara menyikat dengan sikat gigi atau sikat khusus.
  • Kamu bisa menguapkan sepatu suedenya terlebih dahulu agar mendapatkan hasil yang maksimal. Karena itu akan membuat tekstur dari sepatu suedenya lebih terbuka dan itu akan memudahkan untuk membersihkan sisa dari kotoran yang masih menempel. Lalu kamu bisa menyikat sepatu tersebut dengan sikat secara perlahan dan lembut.

6. Sepatu Suede Terkena Permen Karet

sepatu suede kena permen karet

Jika sepatu kamu terkena permen karet kamu perlu membersihkan dengan cara berikut:

  • Pertama masukkan sepatu seuede kamu kedalam freezer selama satu jam.
  • Setelah itu, jika noda permen karet pada sepatu sudah membeku tinggal atau mengeras kamu bisa dengan mudah menghilangkannya.
  • Dan setelah noda permen karet sudah hilang, kamu tinggal menyikat sepatunya tapi jangan lupa keringkan terlebih dahulu.

Nah, itulah sedikit informasi tentang bagaimana cara membersihkan sepatu suede dengan benar yang bisa kami bagikan. Bagaimana? sangat mudah bukan untuk membersihkannya? Jadi, jika kamu ingin membeli sepatu suede, kamu tidak perlu ragu lagi akan cara membersihkannya.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA