Cara Menangkap Kucing Liar dengan Mudah

0

Para pecinta kucing biasanya mereka menangkap kucing liar untuk dilakukan sterilisasi dan menjadi binatang peliharaan. Kucing liar berbeda dengan kucing rumahan, terkadang kucing rumahan tidak bisa memakan ikan mentah, atau makanan selain makanan khusus kucing, karena mereka terbiasa diberi makanan khusus kucing.

Kucing merupakan binatang yang menggemaskan dan cocok menjadi binatang peliharaan. Tingkah kucing yang suka sekali manja kepada pemilik, membuat kucing terlihat lebih imut dan lucu. Para pecinta kucing yang sebenarnya, mereka tidak akan menjadi pemilih dengan bentuk dan warna kucing. Karena, bagi mereka semua kucing itu istimewa, termasuk juga kucing liar.

Sedangkan kucing liar, mereka terbiasa berburu dalam mencari makanan, jadi apapun yang bisa dimakan, mereka akan memakannya meskipun itu makanan mentah ataupun makanan yang tidak biasa menjadi makanan kucing. Hal tersebut dikarenakan kehidupan kucing liar berada di alam bebas dan tidak ada yang memperhatikannya.

Kucing liar memiliki karakteristik lebih galak dan garang apabila dibandingkan dengan kucing rumahan yang penurut dan menggemaskan.

Umumnya, kucing liar sangat sulit untuk di pegang atau di tangkap, karena mereka memiliki gerakan yang cepat sehingga sulit untuk menyentuhnya, terkadang juga mereka menyeringai atau menggunakan cakarnya untuk melukai orang yang ingin memegangnya, tentu hal tersebut merupakan salah satu cara untuk bertahan hidup atau pembelaan terhadap diri kucing liar.

Bagi kamu yang ingin melakukan sterilisasi pada kucing liar sehingga bisa mengendalikan populasi kucing liar yang semakin meningkat tajam, kamu dapat menggunakan cara berikut,

Buat Kucing Liar Nyaman dengan Kehadiranmu


Cara agar kucing liar nyaman dengan hadirnya dirimu adalah dengan cara menarik perhatian si kucing liar tersebut. Caranya, pertama, apabila terdapat kucing liar yang berkeliaran di sekitar rumahmu, kamu bisa memberikan mereka makanan dengan di wadah yang sama dengan tempat dan waktu yang sama setiap hari, maka dengan sendirinya, si kucing akan terbiasa makan makanan yang kamu sediakan dana akan selalu mengunjungi tempat itu.

Kedua, kamu bisa membuat kucing liar terbiasa dengan hadirnya kamu, dengan cara kamu diam-diam mendekatinya namun jangan sampai menyentuhnya. Tunggulah hingga si kucing liar tersebut yang mendatangi kamu sendiri dan menempelkan badannya ke kamu. Hal tersebut menandakan bahwa si kucing liar mulai terbiasa denganmu.

Ketiga, apabila kucing liar terbiasa dengan kehadiranmu, selanjutnya kamu bisa merawat kucing liar tersebut tanpa harus mengurungnya di dalam kandang.

Penanganan Kucing Liar


Kucing liar memiliki penanganan yang berbeda dari kucing biasa pada umumnya. Kucing liar harus diperlakukan dengan lembut, karena ia akan mudah sekali memberontak dan sulit untuk dijinakkan. Usahakan jangan memegang kucing liar, karena mereka biasanya risih atau tidak suka bila di pegang-pegang oleh manusia.

Tempatkan kucing liar di dalam kandang. Jangan mengeluarkannya sampai kucing liar benar-benar jinak dan bisa dijadikan binatang peliharaan. Kucing liar bisa menjadi jinak seperti kucing rumahan, apabila mereka tidak merasa tertekan atau mereka merasa nyaman. Sehingga kamu harus membuat kucing nyaman.

Porsi pemberian makan pada kucing liar lebih banyak pada kucing biasa, karena kucing liar terbiasa makan dengan rakus dan seperti tidak ada habisnya. Meskipun demikian, kamu harus mengurangi secara perlahan-lahan porsi makanan si kucing liar. Agar kucing liar tidak menjadi terlalu rakus terhadap makanan, dan agar tubuhnya tetap terjaga.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk menangkap kucing liar, mulai dari cara pendekatan secara diam-diam sampai dengan menggunakan perangkap. Setelah kamu selesai menangkap kucing liar, kamu harus merawatnya dengan baik.

BACA JUGA! Cara Mudah Mengatasi Kucing Susah BAB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here