Cara Menanam Selada Air di Rumah dengan Perawatan yang Mudah

0

Lettuce atau biasa dikenal dengan nama selada, merupakan tanaman yang memiliki kedekatan family dengan kol, arugula, dan sawi. Tentu sudah tidak asing lagi kan dengan tanaman selada? Tanaman ini memang cukup populer, sehingga mudah sekali untuk mendapatkannya.

Selada merupakan tanaman yang hidup di iklim sedang maupun tropis, itulah kenapa selada bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Selada bisa tumbuh dengan baik di Indonesia karena memiliki iklim tropis. Selain itu, banyak orang meyakini bahwa tanaman ini berasa dari bagian timur Laut Tengah.

Agar didapatkan hasil tanaman selada yang bagus, maka kamu harus tahu langkah-langkah menanam selada yang baik dan benar. Sebelum itu, akan sedikit dibahas terkait manfaat selada air dan jenis-jenis.

Manfaat Selada Air


Selada biasanya ditemukan dalam bentuk sup, roti isi, burger, hotdog, dan makanan sejenisnya. Makanan-makanan yang menggunakan selada sebagai sayur tambahan, seringnya mengandung banyak karbohidrat, lemak, dan protein (daging-dagingan). Sehingga tambahan selada bertujuan agar nutrisi sayuran pada makanan tersebut dapat tercukupi.

Sayur-sayuran selalu memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak, tak terkecuali selada. Selada mengandung beberapa vitamin, seperti A, C, dan K. Sayuran ini juga mengandung banyak mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat selada air bagi kesehatan tubuh.

  1. Menjaga kesehatan kulit.
  2. Menghambat penuaan dini.
  3. Membantu merangsang pembentukan sel darah merah di dalam tubuh.
  4. Menjaga kesehatan tulang, sehingga memperkecil kemungkinan terkena osteoporosis.
  5. Selada baik dikonsumsi oleh wanita hamil, karena sayuran tersebut dapat membuat janin di dalam kandungan lebih kuat.
  6. Membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan mata, karena memiliki kandungan vitamin A.
  7. Membantu meningkatkan kesehatan reproduksi, terutama untuk orang-orang yang memiliki masalah dengan reproduksi, disarankan banyak mengonsumsi selada air.

Jenis-jenis Selada Air


Ada beberapa jenis selada yang biasanya dibudidayaan oleh petani, seperti butterhead, radicchio, lollo rosso, boston lettuce, lollo verde, cos/romaine lettuce, dan iceberg lettuce. Itu artinya tidak semua jenis selada dibudidayakan, biasanya selada yang memiliki perkembangbiakan baik, mengandung banyak nutrisi, dan yang memiliki harga tinggi.

Cara membedakan jenis-jenis selada yaitu dengan melihat karakteristik tumbuhan tersebut. Berikut cara membedakan jenis selada yang perlu diketahui.

  1. Butterhead, dapat dikenali dari daunnya. Selada ini memiliki daun berbentuk lembaran-lembaran yang berwarna kuning.
  2. Radicchio, selada jenis ini memiliki daun berbentuk bulat memanjang berwarna merah kehitaman. Jenis selada ini memiliki rasa pahit. Apabila dilihat secara kasat mata, maka bentuknya akan terlihat berbeda dengan jenis selada lainnya.
  3. Lollo rosso, selada ini memilih tektur yang lembut dan renyah apabila digigit. Bentuknya mirip selada keriting, perbedaannya terletak pada warna daun, dimana selada ini memiliki warna merah di bagian ujung daunnya.
  4. Boston lettuce, selada ini memiliki tekstur renyah seperti selada jenis Lollo rosso. Selada ini dapat dikenali dengan melihat bonggol di bagian pangkal atau bagian bawahnya.
  5. Lollo verde, selada ini biasanya disebut sebagai selada keriting, pasalnya selada ini memiliki daun bergelombang atau berbentuk keriting. Memiliki tekstur yang empuk, serta tulang daun berwarna putih.
  6. Cos/romaine lettuce, selada ini memiliki bentuk daun memanjang berwarna hijau. Apabila dilihat sekilas, selada ini terlihat seperti sayuran sawi putih.
  7. Iceberg lettuce, daun selada jenis ini bentuknya berlapis-lapis, memliki tekstur padat, dan di bagian bawahnya memiliki bonggol yang cukup besar.

Tips Merawat Selada Air yang Benar


Budidaya selada air cukup mudah, kamu tidak perlu meluangkan banyak waktu dan tenaga. Agar hasil yang didapatkan lebih maksimal, terutama untuk pemula, berikut beberapa tips merawat selada air yang baik dan benar.

Memilih bibit unggul; Pemilihan bibit sangat penting, pasalnya bibit selada unggul akan tumbuh dan berkembang lebih cepat. Tumbuhan yang dihasilkan juga pastinya lebih bagus.

Persiapkan media tanam; Jika pekarangan rumah tidak begitu luas, bisa menggunakan polibag yang diisi dengan tanah dan sedikit kompos sebagai media tanam.

Penyemaian benih; Buat lubang di bagian tengah polibag sedalam 2 cm, isi 2 atau 3 benih selada, lalu timbun dengan tanah.

Pengolahan lahan tanam; Apabila ingin memindahkan ke tempat yang lebih luas, pastikan lahan yang akan digunakan untuk memindahkan subur dan memiliki kandungan tanah yang baik.

Pemindahan bibit selada; Pindahkan bibit selada dengan hati-hati, jangan mencabut tanaman dari polibeg, tetapi sobek plastik polibag lalu taruh tanaman sekaligus tanah dari polibag tersebut ke dalam lubang yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

Perawatan tanaman selada; Lakukan penyiraman secara rutin, dan pastikan tanaman tidak kekurangan air. Selain itu, cabut tanaman liar yang tumbuh di sekitar tanaman selada, karena hal itu akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman selada. Nah. Itulah ulasan singkat mengenai cara menanam selada air di rumah dengan perawatan mudah yang harus diaplikasikan.

BACA JUGA! CARA MEMBUAT SALAD BUAH YANG PALING ENAK