Cara Menanam Kunyit di Polybag atau Pot

0
25920 Kunyit Chilibeli
Source: Chilibeli

Indonesia merupakan Negara yang kaya akan rempah-rempah yang sangat bermanfaat. Salah satunya adalah kunyit. Kunyit merupakan rempah yang memiliki banyak manfaat. Kunyit biasa digunakan masyarakat untuk bumbu tambahan  dalam masakan. Dengan begitu cita rasa masakan tersebut akan semakin enak serta warnanya juga terlihat sangat cantik.  Selain sebagai bahan untuk bumbu masakan, kunyit juga bisa digunakan untuk jamu. Karena di dalam kunyit sudah terdapat zat kurkumin  yang mempunyai peran sebagai antioksidan.

Banyak masyarakat yang minum jamu dari kunyit untuk melindungi tubuh dari adanya radikal bebas, melindungi pencernaan, mencegah peradangan bahkan juga bisa untuk mencegah terjadinya kanker. Nah, buat anda yang sering menggunakan kunyit dalam bumbu masakan dan ingin membuat jamu dari kunyit, maka alangkah baiknya jika menanam sendiri di rumah. Apabila tidak punya lahan untuk menanam, tenang saja karena kunyit bisa ditanam dipot ataupun polybag. Nah berikut kami akan membagikan tentang bagaimana cara menanam kunyit di polybag atau pot.

Cara Menanam Kunyit di Polybag atau Pot


25920 Kunyit Chilibeli
Source: Chilibeli

Sebelum kami akan membagikan cara menanam kunyit di polybag atau pot. Maka alangkah baiknya jika anda mengetahui manfaat lain dari kunyit selain yang sudah disebutkan diatas. Adapun manfaat lain dari kunyit adalah sebagai berikut.

  • Meningkatkan fungsi hati
  • Mengurangi resiko terkena leukemia
  • Untuk melindungi kardiovaskular
  • Mengobati mabuk kendaraan
  • Mengobati sakit maag, mual,perut kembung,sembelit,susu buntu dan sembelit.

Nah, dibawah ini merupakan cara yang bisa anda ikuti untuk menanam kunyit di polybag atau pot.

1. Lakukan Pembibitan dengan Menggunakan Rimpang Kunyit yang Sehat


25920 Rimpang Kunyit Hamparan
Source: Hamparan

Untuk menanam kunyit di polybag ataupun pot hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan proses pembibitan dahulu.  Maka dari itu, anda membutuhkan rimpang kunyit yang sudah tua tapi masih dalam keadaan sehat (maksud dari sehat disini yaitu terhindar dari adanya hama serta penyakit). Hal ini karena jika rimpang yang sangat tua itu akan menghasilkan tunas yang sehat.  Jadi, setelah memilih rimpang yang tua anda bisa meletakkannya di tanah yang lembab yang suhunya mencapai 25 hingga 28 derajat celcius. Kemudian, jauhkan dari cahaya sinar matahari secara langsung serta siram secara rutin pada sore hari. Dan ketika sudah 30 – 45 hari maka tunasnya akan muncul. Dan setelah muncul, anda bisa memotong tunasnya pada saat tingginya 10 cm.

2. Persiapkan Media Tanam


25920 Media Tanam MediumSetelah, anda sudah mempunyai tunas dengan tinggi 10 cm maka ini bisa dijadikan bibit. Anda perlu menyiapkan media tanam seperti tanah, pupuk kandang, serta pupuk kompos yang perbandingannya yaitu 2:1:1.  Dan pastikan tanah yang digunakan harus bebas dari adanya hama supaya kunyit bisa tumbuh dengan baik. Selanjutnya, anda bisa memasukkan media tanam tersebut ke dalam polybag ataupun pot hingga tingginya 30 cm.

3. Tanam Bibit Kunyit ke Media Tanam


25920 Media Tanam Bibit Kunyir Erista Garden
Source: Erista Garden

Kemudian, anda bisa pindahkan bibit kunyit tersebut ke media tanam yang telah dibuat. Kemudian anda buat lubang yang dalamnya sekitar 8 cm di media tanam yang sudah dibuat tadi.  Selanjutnya, anda bisa masukkan bibit tersebut di lubang yang sudah dibuat. Dan disetiap satu lubang itu hanya dapat diisi dengan satu bibit kunyit saja. Dan terakhir tutup lubang tersebut menggunakan media tanam lalu siram dengan air.

4. Lakukan Penyiraman Serta Pemupukan Secara Rutin


25920 Tanaman Kunyit Popmama
Source: Popmama

Sesudah bibit kunyit itu sudah dipindahkan ke media tanam, maka selanjutnya anda harus merawat nya yaitu dengan melakukan penyiraman serta pemupukan. Anda bisa melakukan penyiraman dalam satu hari sebanyak 2 hingga 3 kali supaya tanahnya tetap terjaga kelembabannya. Dan hindari menyiram dengan banyak air apalagi hingga airnya menggenang. Karena  jika disiram dengan air yang banyak maka akan menyebabkan kunyit tersebut busuk. Kemudian, berikanlah pupuk yang sudah dicampur dengan tanah,pupuk kompos serta pupuk kandang yang perbandingannya 1:1:1.  Dan akan lebih baik jika anda menghindari pemakaian pupuk kimia supaya kunyit tersebut lebih sehat. Dan hama yang menyerang tanaman kunyit ini juga harus disingkirkan supaya kunyit bisa tumbuh dengan baik.

5. Panen Setelah Usia 8 Bulan


25920 Tanaman Kunyit Pertanianku
Source: Pertanianku

Setelah anda melakukan perawatan terhadap tanaman kunyit, maka akan menanti kapan kunyit bisa dipanen.  Jadi kunyit bisa anda panen apabila usianya sudah 8 bulan. Mengapa di usia tersebut? karena pada saat kunyit memasuki usia 8 bulan itu nanti kunyit yang akan dipanen akan sehat, beratnya juga ideal dan bentuknya pun tidak akan kusut. Selain itu, diusia 8 bulan ini kunyit juga tidak kan mudah busuk walaupun anda simpang dalam jangka waktu yang sangat lama.

Nah itulah sedikit informasi tentang cara menanam kunyit di polybag atau pot yang bisa kami bagikan. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk menanam kunyit menggunakan polybag atau pot?  Selain untuk memenuhi kebutuhan dirumah, menanam kunyit di polybag ataupun pot itu juga bisa dijadikan sebuah hobi yang baru. Dan bahkan jika anda tekuni juga bisa menjadi suatu ladang bisnis yang dapat menghasilkan uang.

BACA JUGA!

8 Khasiat dan Manfaat Kunyit Asam yang Baik Bagi Tubuh