Cara Menanam Hidroponik yang Paling Mudah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
hidroponik-800x445-1[1]
Daftar Topik

Hidroponik merupakan salah satu sistem menanam tanaman dengan menggunakan air. Terdapat banyak sekali media yang dapat kamu gunakan untuk menanam tanaman dengan teknik hidroponik ini. Hidroponik sendiri sudah dikembangakan sejak dulu, bahkan bangsa lain telah menggunakan teknik ini sebelum tahun 2000. Salah satu negara yang menggunakan teknik ini adalah Jepang. Setelah beberapa daerah di Jepang terkena bom nuklir, tanahnya menjadi rusak dan tidak dapat ditanami dengan apapun. Itulah sebabnya merekan mengembangkan sistem pertanian hidroponik.

Seiring berjalannya waktu, sudah banyak negara mengembangkan sistem hidroponik degan cara yang berbeda-beda, termasuk Indonesia. Media yang digunakanpun memiliki perbedaan, ada beberapa macam media hidroponik yang dapat kamu gunakan mulai dari barang bekas hingga barang yang bernilai beli tinggi.

Selain air, ada beberapa media yang digunakan sebagai pelengkap untuk menanam dengan sistem hidroponik ini seperti arang, batu bara dan yang lainnya. Akan tetapi, ada cara yang dapat dilakukan untuk menanam hidroponik dengan media air tanpa bantuan dari bahan pelengkap lainnya. Hal ini bisa dilakukan tanpa menghabiskan banyak biaya. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang sudah ada di sekitar kamu.

Kelebihan Sistem Hidroponik

  • Menanam tumbuhan dengan sistem hidroponik dapat membuat kamu lebih hemat daripada dengan menanam di atas tanah. Hal ini disebabkan karena kamu tidak perlu membeli berbagai macam pupuk, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya tambahan lainnya.
  • Menanam tumbuhan dengan sistem ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan menanam di atas tanah karena kamu tidak perlu melakukan berbagai cara untuk menggemburkan tanah.
  • Dalam sistem ini, kamu dapat lebih menghemat tempat dengan media seadanya yang bisa kamu manfaatkan.
  • Tanaman tidak akan mudah terserang penyakit dan hama. Selain itu, sayuran yang ditanam dengan sistem ini, akan jauh lebih sehat karena kamu tidak akan perlu menggunakan pestisida untuk mengatasi hama.

Dengan kelebihan tersebut, kamu bisa menjadikan sistem ini sebagai salah satu alternatif sistem tanaman kamu. Bagi kamu yang sangt gemar bercocok tanam, kamu akan mendapatkan banyak sekali keuntungan. Bagi kamu yang penasaran dengan sistem yang satu ini, kamu bisa mencoba menanam sesuatu yang kamu inginkan. Berikut beberapa cara menaman tumbuhan dengan sistem hidroponik yang paling mudah.

Cara Menanam Hidroponik dengan Media Air

Persiapan Menanam Hidroponik dengan Media Air

Hal yang pertama kali harus kamu lakukan sebelum menanam hidroponik adalah melakukan persiapan. Untuk persiapannya, kamu hanya perlu untuk memilih lokasi yang tepat. Berikut merupakan penjelasnnya:

  1. sediakan peralatan dan bahan untuk membuat media hidroponik. Adapun seperti alat pemotong, pipa paralon, gelas-gelas plastik bekas, sumbu, rockwool, gergaji pipa, solder, dan pompa air untuk mengalirkan air.
  2. memilih lokasi yang tepat, dalam pemilihan lokasi ada baiknya kamu mengerti karakteristik dari tanaman yang ingin kamu tanam. Pilihlah lokasi yang sesuai dengan suhu tanam dari tanaman, jangan lupa juga untuk memperhatikan area sekitar lokasi.
  3. lokasi tidak harus luas tetapi harus bersih dari limbah terutama limbah kimia dan asap kendaraan, jauhkan juga dari asap dapur, akan lebih aman jika kamu menaruhnya di halaman rumah ataupun di pekarangan rumah.
  4. selain kebersihan dan suhu, kamu juga harus memperhatikan pencahayaan, untuk pencahayaannya dapat kamu sesuaikan dengan karakteristik dari tanaman yang akan ditanam.

Media Hidroponik dengan Media Air

Untuk menanam tumbuhan hidroponik dengan media air adalah salah satu cara menanam tanaman dengan mengalirkan air secara terus menerus ke seluruh tanaman dengan menyentuhkan rockwool ke aliran tersebut. Berikut ini merupakan rinciannya:

  1. lubangi pipa sesuai dengan panjangnya, pastikan jarak antara satu lubang dan lubang lainnya sama, lalu susunlah pipa yang sudah kamu siapkan untuk menjadi tempat menanam tanaman.
  2. siapkan penampungan air di ujung pipa yang lebih rendah lalu pasang pompa untuk mengalirkan air nutrisi agar alirannya maksimal. Cara ini memiliki sebuah konsep dasar menanam agar akar tanamannya tumbuh pada bagian lapisan nutrisi yang tidak dalam dan menjaga sirkulasinya agar tanaman tetap mendapat nutrisi, oksigen, dan air secara baik dan tercukupi.
  3. untuk menyangga media, kamu bisa menggunakan kayu, pipa, besi dan berbagai bahan lainnya hingga dinding rumah pun juga bisa kamu gunakan. Teknik ini juga sangat baik untuk dilakukan , terutama bagi kamu yang tinggal di perkotaan karena dianggap lebih efisien. Selain itu, kamu juga dapat menggunakannya sebagai salah satu penghias dekorasi taman ataupun pekarangan rumah kamu.
  4. Buat tempat tanaman menggunakan gelas plastik bekas dan beri lubang- lubang kecil di bawahnya.
  5. untuk mempermudah dan mengatur kelembabannya kamu bisa menambahkan sumbu ataupun rockwool.

Demikian pembahasan mengenai cara menanam hidroponik yang paling mudah. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA